Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Menggunakan Alat Ukur Satuan Baku Non Baku Kelas II Sd Negeri 007 Rokan IV Koto

Authors

  • Yustiwizarto Yustiwizarto Sd Negeri 007 Rokan IV Koto

DOI:

https://doi.org/10.31004/jodel.v2i1.57

Keywords:

Hasil Belajar, Model Problem Based Learning, Matematika

Abstract

Berdasarkan Fakta yang di peroleh dari SD Negeri 007 Rokan IV Kota menunjukan rendahnya hasil belajar siswa untuk meningkatkan hasil belajar  siswa peneliti melakukan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) untuk mengetahui akar penyebab masalah dari aktifitas belajar SD Negeri 007 Rokan IV Kota. Berdasarkan hal tersebut peneliti mencoba melaksanakan pembelajaran menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL).Pembelajaran  ini dilaksanakan bertujuan untuk mengetahui hal- hal apa saja yang terjadi didalam aktifitas belajar siswa dan bagaimana cara meningkatkan hasil belajar siswa pelajaran matematika dengan menggunakan alat ukur satuan baku non baku melalui model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dapat berjalan sesuai yang diharapkan. Adapun pelaksanaan untuk meningkatkan hasil belajar melalui perbaikan pada siklus 1 dan siklus 2 dengan melakukan desain prosedur perbaikan, pengamatan, teknik analisis data serta melakukan refleksi diri untuk pendidik. Dari hasil pengamatan pendidik, menunjukkan adanya peningkatan kemampuan anak dalam menggunakan metode Problem Based Learning (PBL).

References

Arikunto, S. 2010. Prosedur Penelitian: Suatu Penelitian Praktis (Edisi Revisi)

Huda, Fatkhan Amirul. (2017). Pengertian Belajar, Prinsip Belajar Dan Hasil Belajar, diakses pada 4 Agustus 2019

Purwanto. 2011. Evaluasi Hasil Belajar, Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Dimyati dan Mudjiono. 2009. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Djamarah, Syaiful Bahri. 2011. Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Ditjen Dikdasmen. Faturrahman M. (2015). Model- model Pembelajaran Inovatif. Yogyakarta: Yogyakarta: Ar Ruzz Media.

Rusman. 2012. Model-model Pembelajaran. Jakarta. PT RajaGrafindo Persada.

Pribadi, Benny A. 2011. Model Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta. Dian Rakyat

Riyatno, yatim. 2012. Paradigma Baru Pembelajaran. Jakarata. Kencana Prenada Media Grup.

Cahaya Prihandoko. (2006. Memahami Konsep Matematika Secara Benar Dan Menyajikannya Dengan Menarik. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional)

Harsono. (2004). Pengantar Problem Based Learning. Yogyakarta: Fakultas Kedokteran UGM

Wood, E.J (2004) Problem Based Learning. Acta Biohimica Polonica, Vol. 51 No.2, XXI – XXVI

Wolker, W., & Leary, L. (2009). A Problem based learning meta analisis: Differences across problem types, implementation types, disciplines, and assessment levels. The Interdiciplinary Journal of Problem Based Learning (IJPBL), Vol.3 No. 12.

Suharjo (2005). Peningkatan kualitas pembelajaran soal cerita matematika SD melalu penggunaan bahan manipulatif. Jurnal Sekolah Dasar, Vol. 14, No. 2.

Teacher & Educational Development, University of New Mexico School of Medicine. (2002). Faculty & student guide to problem based learning (PBL) tutorials in phase i curriculum of the university of New Mexico school of medicine.

Departemen of Education Development And Research. (1984). Tutorial in proble based learning. Netherland: Departement of Education Development And Research

Yuan, Lie Soe. 2004. Model Penyelesain Soal Cerita Pada Peserta didik Kelas Tiga SD Intan Permata Hati Surabaya dan SD Kristen 02 laboratorium Salatiga Dengan Beberapa Metode Belajar. Skripsi (ttidak diterbitkan). Salatiga: Fakultas Sains dan Matematika Universitas Kristen Stya Wacana.

Shoimin (2017, Hal. 129). Pengertian Problem Based Learning.

Amir, Taufiq. 2010. Inovasi pendidikan melalui problem based learning. Prenada Media Grup: Jakarta

Downloads

Published

2024-01-30

How to Cite

Yustiwizarto, Y. (2024). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Menggunakan Alat Ukur Satuan Baku Non Baku Kelas II Sd Negeri 007 Rokan IV Koto . Journal of Development Education and Learning (JODEL), 2(1), 85–89. https://doi.org/10.31004/jodel.v2i1.57