Peningkatan Hasil Belajar Perkalian Dengan Metode Jarimatika Kelas II Sd Negeri 007 Rokan IV Koto
DOI:
https://doi.org/10.70437/jodel.v1i2.67Keywords:
Jarimatika, Hasil Belajar, PerkalianAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh metode pembelajaran jarimatika terhadap peningkatan kemampuan berhitung perkalian pada siswa kelas II SDN 007 Rokan IV Koto. Jenis penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Dalam PTK terdapat dua siklus, setiap siklusnya terdiri dari perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek Penelitian ini adalah siswa kelas II SDN 007 Rokan IV Koto yang berjumlah 22 siswa. Terdiri dari 12 peserta didik perempuan dan 10 peserta didik laki- laki. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan tes tulis. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa keterlaksanaan pembelajaran sudah sesuai dengan indikator keberhasilan yaitu hasil belajar peserta didik dari sebelum dilakukan tindakan sampai dilakukan siklus I sebesar 5 dan dari siklus I ke siklus II terjadi peningkatan sebesar 96% sedangkan sebelum dilakukan penelitian sampai siklus II terjadi banyak peningkatan yaitu sebesar 15.4. Dapat dilihat dari nilai siswa terjadi peningkatan yang signifikan, dilihat dari nilai siswa siklus I siswa yang tuntas yaitu 17 siswa dengan presentase 83,5% dan nilai siswa di siklus II siswa yang tuntas yaitu 20 siswa dengan presentase 90%. Dari hasil penelitian tersebut menunjukkan bahwa adanya peningkatan dalam kemampuan berhitung perkalian pada peserta didik pada mata pelajaran matematika menggunakan metode pembelajaran jarimatika.
References
Arikunto, S. 2010. Prosedur Penelitian: Suatu Penelitian Praktis (Edisi Revisi)
Huda, Fatkhan Amirul. (2017). Pengertian Belajar, Prinsip Belajar Dan Hasil Belajar, diakses pada 4 Agustus 2019
Ahmad, Farid. 2014. The Effect of “jarimatika” Multimedia in Counting Ability of Children. Journal of Central China Normal University Vol.4, No.6. Diakses pada 2 April 2016, dari http://www.iiste.org
Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Arikunto, Suharsimi, dkk. 2010. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara
Budiyono, Tri. 2008. Cara Cepat Berhitung Angka Metode Handtrymatika dan Formula Matematika. Yogyakarta: Astra Aji Pustaka Depdiknas. 2011.
Permendiknas No. 22 tahun 2006 tentang Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar SD/MI untuk mata pelajaranMatematika. Jakarta.
Djamarah, Syaiful Bahri dan Aswan Zain. 2014. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka CiptaHarsono. (2004). Pengantar Problem Based Learning. Yogyakarta: Fakultas Kedokteran UGM
Gunawan Ari Saputro.2009. Efektifitas Pengajaran Sempoa dan Jarimatika untuk Mengatasi Kesulitan Belajar Matematika Siswa Kelas I SDN Candirejo kab. Semarang Tahun Ajaran 2008/2009. Skripsi tidak diterbitkan. Surakarta:UNS.
Indarti. 2010. “Teknik Berhitung dengan Menggunakan Jarimatika Guna Mendukung Kecerdasan Anak”. Cakrawala Vol. X No. 2.
Suharjo (2005). Peningkatan kualitas pembelajaran soal cerita matematika SD melalu penggunaan bahan manipulatif. Jurnal Sekolah Dasar, Vol. 14, No. 2.
Departemen of Education Development And Research. (1984). Tutorial in proble based learning. Netherland: Departement of Education Development And Research
Yuan, Lie Soe. 2004. Model Penyelesain Soal Cerita Pada Peserta didik Kelas Tiga SD Intan Permata Hati Surabaya dan SD Kristen 02 laboratorium Salatiga Dengan Beberapa Metode Belajar. Skripsi (ttidak diterbitkan). Salatiga: Fakultas Sains dan Matematika Universitas Kristen Stya Wacana.
Sunarti, Elva. 2013. Penerapan Metode Jarimatika untuk Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar Matematika Kelas II MIS Al-Hidayah Sosok. Universitas Tanjungpura Pontianak.
Wulandari, Septi Peni. 2008. Jarimatika Perkalian dan Pembagian. Jakarta: Kawan Pustaka.
Wulandari, Septi Peni. 2008. Jarimatika Penambahan dan Pengurangan. Jakarta: Kawan Pustaka
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Yustiwizarto Yustiwizarto

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Ciptaan disebarluaskan di bawah a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

