Meningkatkan Hasil Belajar Operasi Hitung Pecahan Matematika Melalui Model Pembelajaran Problem Based Lerning (Pbl) Yang Inovatif Kelas V Sd Negeri 010 Bonai Darussalam

Authors

  • Selamat Gultom Sd Negeri 010 Bonai Darussalam

DOI:

https://doi.org/10.31004/jodel.v2i1.50

Keywords:

Hasil Belajar, Operasi Hitung Pecahan, Model Problem Based Learning

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh data yang menunjukan perolehan hasil belajar peserta didik. Untuk mencapai hasil belajar peneliti melakukan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) untuk mengetahui akar penyebab masalah dari aktifitas belajar peserta didik kelas V SD. Berdasarkan hal tersebut peneliti mencoba melaksanakan pembelajaran inovasi menggunakan pembelajaran Problem Based Learning. Pembelajaran inovasi ini dilaksanakan bertujuan untuk mengetahui hal- hal apa saja yang terjadi didalam aktifitas belajar siswa dan bagaimana hasil belajar siswa pada pelajaran Matematika  materi operasi hitung pecahan dengan menggunakan metode Problem Based Learning dapat berjalan sesuai yang diharapkan. Penerapan Model Problem Based Learning merupakan salah satu cara yang efektif untuk memecahkan permasalahan dalam pembelajaran. Penelitian ini bertujuan melihat aktivitas guru, siswa dan hasil belajar dengan penerapan model Problem Based Learning pada materi operasi hitung pecahan. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas. Adapun pelaksanaan untuk meningkatkan hasil belajar anak melalui perbaikan pada siklus 1 dan siklus 2 dengan melakukan desain prosedur perbaikan, pengamatan, teknik analisis data serta melakukan refleksi diri untuk pendidik. Dari hasil pengamatan pendidik, menunjukkan adanya peningkatan kemampuan anak dalam menggunakan model Problem Based Learning.

References

Aziz Wahab Abdul.2012.Metode Mengajar IPS/SS.Bandung:Alfabeta

Sukenda Egok, A. (2012). Kemampuan Berpikir Kritis Dan Kemandirian Belajar Dengan Hasil Belajar Matematika. Jurnal Pendidikan Dasar, 2(2), hlm. 35- 43

Hamalik Oemar.2009.PENDIDIKAN GURU Berdasarkan Pendekatan Kompetensi.Jakarta:Bumi Aksara.

Nasution S.2015.BERBAGAI PENDEKATAN dalam PROSES BELAJAR & MENGAJAR .Jakarta:Bumi Aksara.

Riyanto Yatim.2009.PARADIGMA BARU PEMBELAJARAN.Jakarta:Prenada Med

Suryosubroto B.2002.PROSES BELAJAR MENGAJAR DI SEKOLAH.Jakarta: RINEKA CIPTA.

SUYONO dan HARIYANTO.2014.BELAJAR dan PEMBELAJARAN.Bandung:PT REMAJA ROSDAKARYA.

Badaruddin, Kadir, M. A. (2016). Analisis Kesalahan Dalam Menyelesaikan Soal–Soal Operasi Hitung Pecahan Pada Siswa Kelas Vii Smp Negeri 10 Kendari. Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika, 4(2), hlm. 43-56.

Murtiyasa, B., & Wulandari, V. (2020). Analisis Kesalahan Siswa Materi Bilangan Pecahan Berdasarkan Teori Newman. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 9(3), 713.

Permatasari, D. (2019). Analisis Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa SMP terhadap Soal Persamaan Garis Lurus Berdasarkan Indikator Pemahaman. Jurnal Riset Pembelajaran Matematika Sekolah,

Santoso, S. 2007 Dasar-dasar Pendidikan TK. Universitas Terbuka. Jakarta.

Zamm,B, Hemawan,H. dan C Eliyawati. 2008. Media dan Sumber Belajar TK. Jakarta,

Huda, Fatkhan Amirul. (2017). Pengertian Belajar, Prinsip Belajar Dan Hasil Belajar, diakses pada 4 Agustus 2019

Sanjaya , Wina. 2010. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Kencana.

Sudjana, N. (2015). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Sinar Baru Algensindo.

Sugiono. (2017). Evaluasi Pendidikan. Alfabeta.

Slameto. 2010. Belajar Dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Suprijono, agus. 2012. Cooperative Learning. Yogyakarta. Pustaka Pelajar

Rusman. 2012. Model-model Pembelajaran. Jakarta. PT RajaGrafindo Persada.

Pribadi, Benny A. 2011. Model Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta. Dian Rakyat

Riyatno, yatim. 2012. Paradigma Baru Pembelajaran. Jakarata. Kencana Prenada Media Grup.

Eko Triyanto, 2020 "5 Cara Membangun Rasa Percaya Diri Siswa”,Eko Triyanto {2020)

Aiman Faiz, Memahami makna tes, pengukuran (measurement), penilaian (assessment), dan evaluasi (evaluation)dalam pendidikan, Universitas Muhammadiyah Cirebon.2022

Safrina Nisa, Nur Anwar, & Al Husaini M. Daud. (2022). Penerapan Pendekatan Problem Based Learning dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa.

Downloads

Published

2024-01-28

How to Cite

Gultom, S. (2024). Meningkatkan Hasil Belajar Operasi Hitung Pecahan Matematika Melalui Model Pembelajaran Problem Based Lerning (Pbl) Yang Inovatif Kelas V Sd Negeri 010 Bonai Darussalam . Journal of Development Education and Learning (JODEL), 2(1), 47–52. https://doi.org/10.31004/jodel.v2i1.50