Meningkatkan Kemampuan Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Kelas II Melalui Model Pembelajaran Example Non Example Ditinjau Dari Aktivitas Siswa Sd Negeri 005 Rokan IV Koto

Authors

  • Yoni Harmon Sd Negeri 005 Rokan IV Koto

DOI:

https://doi.org/10.31004/jodel.v2i1.56

Keywords:

Example non example, Hasil Belajar, Aktivitas belajar

Abstract

Examples Non Examples merupakan model pembelajaran yang menggunakan gambar sebagai media dalam penyampaian materi untuk mendorong peserta didik berpikir kritis dalam memecahkan permasalahan yang terkandung dalam gambar yang di sajikan. Sedangkan aktivitas belajar adalah suatu kegiatan yang dilakukan dalam proses interaksi antara pendidik dengan peserta didik untuk mencapai tujuan belajar. Hal yang terjadi pada penelitian ini, model pembelajaran yang diterapkan oleh pendidik masih mengacu pada tingkat kognitif rendah, yakni ingatan dan hapalan serta pengerjaan soal latihan, dan pada proses pengajaran, cendrung terpusat pada pendidik, sedangkan peserta didik kurang terlibat aktif dalam proses pembelajaran. Oleh karena itu, dibutuhkan model pembelajaran yang tepat. Salah satu model pembelajaran yang dapat dilakukan adalah dengan menerapkan model pembelajran Examples Non Examples. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui adanya peningkatan hasil belajar model Examples Non Examples. Data yang dikumpulkan adalah data yang berkaitan dengan proses dan hasil pembelajaran melalui model pembelajaran Montessori. Dengan mengacu pada data dilembar observasi hasil unjuk kerja anak. Pada siklus 1 dan siklus 2 dalam pengamatan dan penilaian menggunakan Rubik Penilaian. Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri 005 IV Koto,  pelaksanaan untuk meningkatkan hasil belajar anak melalui perbaikan pada siklus 1 dan siklus 2 dengan melakukan desain prosedur perbaikan, pengamatan, teknik analisis data.

References

Solehudin (2002) , Konsep Dasar Pendidikan Anak Prasekolah , Bandung: FIP UP

Jupri Wahab. (2017). Belajar dan Pembelajaran Sains: Modal dasar Menjadi Guru Profesional. Bandung: Pustaka Reka Cipta.

Dimyati dan Mudjiono. (2006). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta:

Rineka Cipta. Rusman. (2012). Model-model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: Rajagrafindo Persada.

Sudjana, Nana. (2010). Dasar-dasar Proses Belajar. Bandung: Sinar Baru Algasindo

Abdullah, F. Y. (2016, Maret 21). Hakikat Matematika, Pembelajaran Matematika, dan Teori Belajar.

Budiardi, I., & Jabar, A. (2016). Pengaruh Gaya Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMPN 2 Banjarmasin Tahun Ajaran 2015/2016. Jurnal Pendidikan Matematika, 2, 3, 142-147.

Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. (2014). Matematika. Jakarta: Kemendikbud.

Lumabi, A. D. (2013, November 12). Pengertian dan Hasil Belajar Matematika Menurut Para Ahli

Nurhasanah. (2016). Pengaruh Gaya Belajar Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas VII SMP Yapis Manokwari. Prosiding Seminar Nasional, 2, 1, 173-182.

Yunarto, W. N. (2016). Example and Non-Example Pada Pembelajaran Matematika. Edumatica : Jurnal Pendidikan Matematika, 6(01).

Mulyono, D. ., Juliatun, J., & Aswarliansyah, A. (2022). Penerapan Model Example Non Example Pada Pembelajaran Matematika Siswa Kelas III SD. Edu Cendikia: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 2(01), 40-48.

WATI, N. W. R. (2023). PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN EXAMPLE NON EXAMPLE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS IA SD NEGERI 6 TIANYAR BARAT. ACTION : Jurnal Inovasi Penelitian Tindakan Kelas Dan Sekolah, 3(1), 66-76.

Seprilia Putri, M., Asmawati, I. ., Faujil Iman, M. ., & , S. (2021). PENGARUH MODEL EXAMPLES NON EXAMPLES DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA: SEBUAH META-ANALISIS. Prosiding Penelitian Pendidikan Dan Pengabdian 2021, 1(1), 129–141

Anton. M (2001). Aktivitas Belajar. Bandung: Alfabeta.

Dimyati. (2009). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT. Rineka Cipta Djamarah, Syaifyk B, &Zain, Aswan, 2006, Strategi Belajar Mengajar, Jakarta: Rineka Cipta.

Hakum Thursan (2000). Belajar. Jakarta: Bumi Aksar

Slameto. (2008). Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhi. Jakarta: Rineka Cipta

Soemanto Wasty. (1990). Proses Belajar. Jakarta: Bumi Aksara.

Sudirman. (2010). Aktivitas Belajar. Pusat Perbukuan

Sudjana. (2003). Belajar. Bandung: PT. Remaja Rosda Karya.

Downloads

Published

2024-01-30

How to Cite

Harmon, Y. (2024). Meningkatkan Kemampuan Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Kelas II Melalui Model Pembelajaran Example Non Example Ditinjau Dari Aktivitas Siswa Sd Negeri 005 Rokan IV Koto . Journal of Development Education and Learning (JODEL), 2(1), 80–84. https://doi.org/10.31004/jodel.v2i1.56