Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Tentang Pemahaman Konsep Dasar Pembagian Menggunakan Media Matematika Kelas II Melalui Model Pembelajaran Demonstrasi Siswa Sd Negeri 005 Rokan IV Koto

Authors

  • Yoni Harmon Sd Negeri 005 Rokan IV Koto

DOI:

https://doi.org/10.70437/jodel.v1i2.66

Keywords:

Model Pembelajaran Demonstrasi, Hasil Belajar, Media Pembelajaran

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika tentang pemahaman konsep dasar pembagian pada siswa kelas II SD melalui penggunaan media pembelajaran. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas dengan subyek penelitian adalah siswa kelas II yang berjumlah 30 siswa. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus, dengan tahapan perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Media pembelajaran yang digunakan antara lain kartu bilangan, balok kayu, dan manik-manik warna. Data yang dikumpulkan adalah data yang berkaitan dengan proses dan hasil pembelajaran melalui model pembelajaran Demonstrasi. Dengan mengacu pada data dilembar observasi hasil unjuk kerja anak. Pada siklus 1 dan siklus 2 dalam pengamatan dan penilaian menggunakan Rubik Penilaian. Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri 005 IV Koto,  pelaksanaan untuk meningkatkan hasil belajar anak melalui perbaikan pada siklus 1 dan siklus 2 dengan melakukan desain prosedur perbaikan, pengamatan, teknik analisis data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media pembelajaran dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Pada siklus I ketuntasan klasikal mencapai 66,67% dan meningkat menjadi 86,67% pada siklus II. Hasil tersebut membuktikan bahwa media pembelajaran efektif untuk meningkatkan pemahaman konsep dasar pembagian dan hasil belajar matematika siswa kelas II SD.

References

Djoko Iswaji. (2003).Pengembangan Media Pembelajaran Matematika di SD

Nasution, Noehi. (2004). Pendidikan Matematika di Sekolah Dasar. Jakarta: Universitas Terbuka.

Pahyono. (2004), Materi TOT Guru Pemandu Ilmu Pengetahuan Alam, Semarang: Widyaiswara LPMP Jawa Tengah

Setiawan, Denny, dkk. (2004), Komputer dan Media Pembelajaran. Jakarta: Universitas Terbuka.

Suciati, dkk. (2005). Belajar dan Pembelajaran 2. Jakarta: Universitas Terbuka.

Mikarsa, Hera Lestari, dkk. (2005). Pendidikan Anak di Sekolah Dasar. Jakarta: Universitas Terbuka.

Depdiknas. (2006). Kurukulum Sekolah Dasar . Jakarta: Depdiknas Prayitno, Edi. (2006), Materi TOT Funsional. Jakarta: LPMP Azhar Arsyad. (2007). Media Pembelajaran. Jakarta:PT Raja Grafindo Persad

Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. (2014). Matematika. Jakarta: Kemendikbud.

Lumabi, A. D. (2013, November 12). Pengertian dan Hasil Belajar Matematika Menurut Para Ahli

Nurhasanah. (2016). Pengaruh Gaya Belajar Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas VII SMP Yapis Manokwari. Prosiding Seminar Nasional, 2, 1, 173-182.

Yunarto, W. N. (2016). Example and Non-Example Pada Pembelajaran Matematika. Edumatica : Jurnal Pendidikan Matematika, 6(01).

Anton. M (2001). Aktivitas Belajar. Bandung: Alfabeta.

Dimyati. (2009). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT. Rineka Cipta Djamarah, Syaifyk B, &Zain, Aswan, 2006, Strategi Belajar Mengajar, Jakarta: Rineka Cipta.

Hakum Thursan (2000). Belajar. Jakarta: Bumi Aksar

Slameto. (2008). Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhi. Jakarta: Rineka Cipta

Soemanto Wasty. (1990). Proses Belajar. Jakarta: Bumi Aksara.

Sudirman. (2010). Aktivitas Belajar. Pusat Perbukuan

Sudjana. (2003). Belajar. Bandung: PT. Remaja Rosda Karya.

Downloads

Published

2024-02-01 — Updated on 2025-03-07

How to Cite

Harmon, Y. (2025). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Tentang Pemahaman Konsep Dasar Pembagian Menggunakan Media Matematika Kelas II Melalui Model Pembelajaran Demonstrasi Siswa Sd Negeri 005 Rokan IV Koto . Journal of Development Education and Learning (JODEL), 1(2), 37–42. https://doi.org/10.70437/jodel.v1i2.66