Meningkatkan Kualitas Hasil Pembelajaran Matematika Operasi Perkalian Bilangan Bulat Kelas Vi Melalui Model Pembelajaran Open Ended Sd Negeri 006 Kabun

Authors

  • Titik Prastyowati Sd Negeri 006 Kabun

DOI:

https://doi.org/10.31004/jodel.v2i1.54

Keywords:

Pendekatan open ended, kualitas belajar, perkalian

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kualitas pembelajaran matematika siswa kelas VI  SD Negeri  006 Kabun setelah diterapkan pendekatan Open Ended Problem. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan tahapan pelaksanaan meliputi perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi yang berulang. Tahun ajaran penelitian ini  2022/2023 yang berjumlah 23 orang. Penelitian ini dilaksanakan dua siklus yaitu siklus I dan siklus II dengan prosedur setiap tindakan terdiri atas empat komponen yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Instrument penelitian ini adalah lembar observasi aktivitas siswa dan lembar observasi aktivitas guru, tes hasil belajar dan angket respon siswa. Pengolahan data hasil penelitian ini menggunakan analisis deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pendekatan open ended problem dapat meningkatkan kualitas hasil pembelajaran matematika. Hal ini ditandai dengan meningkatnya kualitas hasil belajar matematika siswa kelas VI SD Negeri  006 Kabun  dari siklus I dan siklus II. Berdasarkan hasil penelitian di atas dapat disimpulkan bahwa penerapan pendekatan Open Ended Problem dapat meningkatkan kualitas hasil pembelajaran matematika siswa kelas kelas  VI  SD Negeri  006 Kabun   

 

References

Cahaya Prihandoko. (2006. Memahami Konsep Matematika Secara Benar DanMenyajikannya Dengan Menarik. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional)

Gunanto., Adhalia, Dhesy. 2017. Buku Siswa Matematika untuk SD/MI Kelas VIKurikulum 2013 Revisi. Jakarta: Gelora Aksara Pratama.

Antinius Cahyo Prihandoko. 2006. Pemahaman dan Penyajian Konsep Matematika Secara Benar dan Menarik. Jakarta : Departemen Pendidikan Nasional, direktorat Jendral Pendidikan Tinggi, Direktorat Ketenagaan.

Aras, I. 2018. “Pendekatan Open Ended Dalam Pembelajaran Matematika.” Jurnal Universitas Borneo Tarakan. Vol 5. No.2, ISSN: 2302-1225.

Aris, shoimin. 2014. “68 Model pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013.” Yogyakarta: Ar-Ruzz Media

Buyung,. dkk. 2022. “Faktor Penyebab Rendahnya Pemahaman Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika Di SD 14 Semperiuk A.” Jurnal Of Educational Revier AndResearch. Vol. 5. No. 1. 45-51

Hidayat, W., & Sariningsih, R. 2018. “Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika dan Adversity Quontient Siswa SMP Melalui Pembelajaran Open Ended.” Jurnal Nasional Pendidikan Matematika. 2(1), 109-118.

Nurjannah, A. 2019, Juni. “Penilaian Sikap Berbasis Kurikulum 2013 Di Sekolah Menengah Pertama.” Jurnal Tarbiyah Islamiyah. Vol. 4. No. 1.

Rusmawan, I. P., dkk. 2017, Oktober. “Instrumen Penilaian Aktivitas Belajar matematika siswa SD berorientasi pendidikan karakter.” Jurnal Matematika, Sains, dan Pembelajaran. Vol 11. No. 2.

Septiani,Ulfa., & Luvy Sylviana Zanthy. 2019, Mei. “Pembelajaran Matematika Melalui Pendekatan Open Ended Terhadap Pemahaman Matematika Siswa MTs.” Jurnal Pendidikan Matematika.

Trigunawan, I. N. 2020, Januari. “Penerapan Pendekatan pemecahan masalah Terbuka (Open Ended) Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa. Jurnal Santiaji pendidikan 10(1).

Waluyo, A. 2018. “Pengaruh Pendekatan Open Ended Terhadap Kemampuan Berfikir dan Adversity Quontient Siswa SMP Melalui Pembelajaran Open Ended.” Jurnal Nasional Pendidikan Matematika. 2(1), 109-118.

Yulita, Tiara. dkk. 2021, Juli. “Pembelajaran Matematika Melalui Pendekatan Open Ended dengan Bantuan Power Point untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah di Masa Pandemi.” JUrnal Pendidikan Matematika. Vol. 05. No. 02. 1588-1598.

Aziz Wahab Abdul.2012.Metode Mengajar IPS/SS.Bandung:Alfabeta.

Hamalik Oemar.2009.PENDIDIKAN GURU Berdasarkan Pendekatan Kompetensi.Jakarta:Bumi Aksara.

Nasution S.2015.BERBAGAI PENDEKATAN dalam PROSES BELAJAR & MENGAJAR .Jakarta:Bumi Aksara.

Riyanto Yatim.2009.PARADIGMA BARU PEMBELAJARAN.Jakarta:Prenada Media

Suryosubroto B.2002.PROSES BELAJAR MENGAJAR DI SEKOLAH.Jakarta: RINEKA CIPTA.

SUYONO dan HARIYANTO.2014.BELAJAR dan PEMBELAJARAN.Bandung:PT REMAJA ROSDAKARYA.

Santoso, S. 2007 Dasar-dasar Pendidikan TK. Universitas Terbuka. Jakarta.

Zamm,B, Hemawan,H. dan C Eliyawati. 2008. Media dan Sumber Belajar TK. Jakarta,

Huda, Fatkhan Amirul. (2017). Pengertian Belajar, Prinsip Belajar Dan Hasil Belajar, diakses pada 4 Agustus 2019

Sanjaya , Wina. 2010. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Kencana.

Sudjana, N. (2015). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Sinar Baru Algensindo.

Sugiono. (2017). Evaluasi Pendidikan. Alfabeta.

Slameto. 2010. Belajar Dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Downloads

Published

2024-01-28

How to Cite

Prastyowati, T. (2024). Meningkatkan Kualitas Hasil Pembelajaran Matematika Operasi Perkalian Bilangan Bulat Kelas Vi Melalui Model Pembelajaran Open Ended Sd Negeri 006 Kabun. Journal of Development Education and Learning (JODEL), 2(1), 69–74. https://doi.org/10.31004/jodel.v2i1.54