Peningkatan Pemahaman Nilai Persatuan dan Tanggung Jawab Melalui Role Playing Berbasis Experiential Learning dan Differentiated Instruction Pada Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila Kelas III MIN 1 Kota Padang
Keywords:
Penelitian Tindakan Kelas, Pendidikan Pancasila; role playing; experiential learning; differentiated instruction; ketuntasan belajar; keterlibatan siswa.Abstract
Penelitian tindakan kelas ini bertujuan meningkatkan pemahaman nilai persatuan, tanggung jawab, serta keterlibatan belajar siswa kelas III MIN 1 Kota Padang melalui penerapan role playing berbasis experiential learning dan differentiated instruction. Dilaksanakan dalam dua siklus menggunakan model Kemmis & McTaggart, penelitian menunjukkan peningkatan ketuntasan belajar dari 35,7% pra tindakan menjadi 92,9% pada siklus II, dengan rata-rata nilai naik dari 62 menjadi 84 dan skor keterlibatan dari 68% menjadi 88%. Temuan ini membuktikan bahwa perpaduan role playing, experiential learning, dan diferensiasi pembelajaran efektif dalam meningkatkan pemahaman konsep sekaligus membentuk karakter gotong royong, disiplin, dan tanggung jawab siswa.
References
Kemmis, S., & McTaggart, R. (1988). The Action Research Planner. Geelong: Deakin University.
Kolb, D. A. (1984). Experiential Learning: Experience as the Source of Learning and Development. Englewood Cliffs, NJ: Prentice Hall.
Slavin, R. E. (2015). Cooperative Learning: Theory, Research, and Practice. Boston: Allyn & Bacon.
Tomlinson, C. A. (2014). The Differentiated Classroom: Responding to the Needs of All Learners (2nd ed.). ASCD.
Hosnan, M. (2014). Pendekatan Saintifik dan Kontekstual dalam Pembelajaran Abad 21. Bogor: Ghalia Indonesia.
Depdiknas. (2008). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Direktorat Jenderal PMPTK.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Leni Marlina

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Ciptaan disebarluaskan di bawah a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

