Peningkatan Pemahaman Nilai Persatuan dan Tanggung Jawab Melalui Role Playing Berbasis Experiential Learning dan Differentiated Instruction Pada Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila Kelas III MIN 1 Kota Padang

Authors

  • Leni Marlina MIN 1 Kota Padang

Keywords:

Penelitian Tindakan Kelas, Pendidikan Pancasila; role playing; experiential learning; differentiated instruction; ketuntasan belajar; keterlibatan siswa.

Abstract

Penelitian tindakan kelas ini bertujuan meningkatkan pemahaman nilai persatuan, tanggung jawab, serta keterlibatan belajar siswa kelas III MIN 1 Kota Padang melalui penerapan role playing berbasis experiential learning dan differentiated instruction. Dilaksanakan dalam dua siklus menggunakan model Kemmis & McTaggart, penelitian menunjukkan peningkatan ketuntasan belajar dari 35,7% pra tindakan menjadi 92,9% pada siklus II, dengan rata-rata nilai naik dari 62 menjadi 84 dan skor keterlibatan dari 68% menjadi 88%. Temuan ini membuktikan bahwa perpaduan role playing, experiential learning, dan diferensiasi pembelajaran efektif dalam meningkatkan pemahaman konsep sekaligus membentuk karakter gotong royong, disiplin, dan tanggung jawab siswa.

References

Kemmis, S., & McTaggart, R. (1988). The Action Research Planner. Geelong: Deakin University.

Kolb, D. A. (1984). Experiential Learning: Experience as the Source of Learning and Development. Englewood Cliffs, NJ: Prentice Hall.

Slavin, R. E. (2015). Cooperative Learning: Theory, Research, and Practice. Boston: Allyn & Bacon.

Tomlinson, C. A. (2014). The Differentiated Classroom: Responding to the Needs of All Learners (2nd ed.). ASCD.

Hosnan, M. (2014). Pendekatan Saintifik dan Kontekstual dalam Pembelajaran Abad 21. Bogor: Ghalia Indonesia.

Depdiknas. (2008). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Direktorat Jenderal PMPTK.

Downloads

Published

2025-05-31

How to Cite

Marlina, L. (2025). Peningkatan Pemahaman Nilai Persatuan dan Tanggung Jawab Melalui Role Playing Berbasis Experiential Learning dan Differentiated Instruction Pada Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila Kelas III MIN 1 Kota Padang. Journal of Development Education and Learning (JODEL), 3(2), 296–300. Retrieved from https://jodel.or.id/index.php/jodel/article/view/137

Issue

Section

Articles