Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Matematis Siswa Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Peer Teaching

Authors

  • Yusita Yusita Smp Negeri 9 Batam

DOI:

https://doi.org/10.31004/jodel.v2i1.91

Keywords:

Hasil Belajar, Metode, Diskusi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar materi Translasi melalui metode pembelajaran Peer Teaching siswa Kelas IX SMP Negeri 9 Batam.  Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi yang dilaksanakan pada semester genap tahun ajaran 2021/2022. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas IX sebanyak 27 orang. Sumber data terdiri dari sumber data primer dan data sekunder. Instrumen penelitian ini peneliti sendiri, dan menggunakan lembar observasi, pedoman wawancara, dan catatan lapangan untuk mengumpulkan data kualitatif. Teknik analisis data menggunakan analisis kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui metode dapat meningkatkan hasil belajar siswa materi kelas IX SMP Negeri 9 Batam.

References

Agung A, Metodelogi Penelitian Pendidikan, Singaraja:Undiksha Singaraja,2010

Arikunto, Suharsimi. Prosedur Penelitian; Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta. 2002

Departemen Pendidikan Dan Kebudayaan. 1990. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka

Kunandar, Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas Sebagai Pengembangan Profesi Guru, Jakarta:PT. Rajawali Pers, 2010.

Kunandar, Penelitian Tindakan Kelas, Jakarta: Rajawali Pers, 2010.

Melvin L. Silberman, 2009,Active Learning 101 Cara Belajar Siswa Aktif, Bandung: Nusa Media,h

Pinter, Annamaria. Teaching Young Language Learners. Oxford University Press, 2017.

Rahmadhani, Raymon. “Alur Tujuan Pembelajaran SMP Kelas 7”. Workshop Finalisasi Alur dan Tujuan Pembelajaran serta Modul Ajar Tahap I dalam Rangka Finalisasi Perangkat Ajar Tahun 2020.

Badan Penelitian dan Pengembangan Dan Perbukuan, Pusat Asesmen dan Pembelajaran, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Jakarta, 23-26 Maret 2021.

Downloads

Published

2024-02-26

How to Cite

Yusita, Y. (2024). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Matematis Siswa Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Peer Teaching. Journal of Development Education and Learning (JODEL), 2(1), 284–287. https://doi.org/10.31004/jodel.v2i1.91