Metode Diskusi Dan Praktik Langsung Dengan Pendekatan Hots (Higher Order Thingking Skills) Untuk Peningkatan Pemahaman Peserta Didik Tentang Materi Bahasa Indonesia “ Ditukar Dengan Apa”

Authors

  • Asmadi Ilyas UPT SD Negeri 011 Bukit Kratai
  • Ilham Zamil Universitas Negeri Padang
  • Hidayani Syam Universitas Islam Negeri Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi

DOI:

https://doi.org/10.70437/jodel.v3i1.30

Keywords:

Peningkatan pemahaman, Diskusi dan Praktik Langsung, HOTS

Abstract

Rendahnya tingkat pemahaman peserta didik pada materi “ Ditukar Dengan Apa” kelas IV UPT SD Negeri 011 Bukit Kratai disebabkan oleh metode yang digunakan masih bersifat teoritis, monoton dan majemuk. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui upaya peningkatan pemahaman peserta didik tentang materi “ Ditukar Dengan Apa” dengan metode diskusi dan praktik langsung dengan pendekatan HOTS (Higher Order Thingking Skills). Penetian ini menggunakan Penelitian Tindakan (action research) sebanyak dua kali putaran. Setiap putaran terdiri dari empat tahap yaitu: rancangan, kegiatan dan pengamatan, refleksi, dan revisi. Sasaran penelitian ini adalah siswa Kelas IV. Data yang diperoleh berupa hasil tes Formatif, lembar observasi kegiatan belajar mengajar. Dari hasil analis didapatkan bahwa prestasi belajar siswa mengalami peningkatan dari setiap siklus, yaitu prasiklus (26,8%) siklus I (65,2%), siklus II (100%) Kesimpulan dari penelitian ini adalah melaui model HOTS (Higher Order Thingking Skills) dapat meningkatkan prestasi belajar pada materi “ Ditukar Dengan Apa”.

References

Arikunto, Suharsimi, dkk. (2012)> Penelitian Tindakan Kelas, Jakarta: PT. Bumi Aksara Baharuddin. (2007). Teori Belajar dan Pembelajaran, Yogyakarta: Ar-Ruzz Media

Beddu, S. (2020). Implementasi Pembelajaran Higher Order Thinking Skills (HOTS) Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik. Jurnal Pemikiran dan Pengembangan Pembelajaran, 3(2), 78. EJournal JP3

Competencies in research of Guidance and Counseling Teachers. Counsellia: Jurnal Bimbingan dan Konseling, 9(1), 53-64.

Fitriana, Panji Hidayat, Sri Utami (2021). Upaya Peningkatan Hasil Belajar Siswa Kelas Iv Tema 4 Materi Mengidentifikasi Unsur Cerita Melalui Model Pembelajaran Cooperative Learning Pada SD NEGERI 21 SAWANG

Jenariah, S., Wasliman, I., & Rostini, D. (2021). Manajemen Penguatan Pembelajaran Bahasa Indonesia Berbasis Higher Order Thinking Skills (HOTS) untuk Mencapai Lulusan Bermutu. JIIP: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(6), 638. Jiip

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. (2017). Modul Penyusunan Soal HOTS. Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah.

Lie, Anita. (2007). Cooperative Learning Mempraktikkan Cooperative Learning di Ruang- ruangKelas, Jakarta: Grasindo

Margono. (2014). Metodologi Penelitian Pendidikan, Jakarta: Rineka Cipta

Mendiknas RI. (2006). Permendiknas RI No. 22 Tahun 2006, Jakarta: CV Mini Jaya Abadi Supriyanto, A., Hartini, S., Syamsudin, S., & Sutoyo, A. (2019). Indicators of professional

Mislikhah, M. (2020). Implementasi Higher Order Thinking Skills dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia di Madrasah Ibtidaiyah. UNEJ e-Proceeding, 2020, 582–593. Jurnal UNEJ

Mulyaningsih, I., & Itaristanti, I. (2018). Pembelajaran Bermuatan HOTS (Higher Order Thinking Skill) di Jurusan Tadris Bahasa Indonesia. Indonesian Language Education and Literature, 4(1), 113.Edukatif

Palar, Y. N. (2020). Peningkatan HOTS dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia melalui Model Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem Based Learning) di IAKN Manado. The Way: Jurnal Teologi dan Kependidikan, 6(1), 1–17.Edukatif

Puspitasari, Y. D., & Wijayanti, A. (2021). Analisis Soal Bahasa Indonesia Berbasis HOTS dalam Buku Pelajaran SMA. PRASI: Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya, 17(1), 1–10

Quipper Indonesia. (2020). Mari, Berkenalan Dengan Praktik Higher Order Thinking Skills alias HOTS!. Diakses dari https://www.quipper.com/id/blog/tips-trick/higher-order-thinking-skills/ Quipper

Sinuhaji, F. S. U., Rohmaniyah, A., Hilmi, N., Lestari, K. L., & Prastowo, A. (2022). Pembelajaran Bahasa Indonesia Berbasis Higher Order Thinking Skills di Sekolah Dasar. EDUKATIF: Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(3), 6093. Edukatif

Wardani, N. E. (2021). Higher Order Thinking Skills dalam Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia di Sekolah Menengah Pertama Kota Madiun. Lingua Didaktika: Jurnal Bahasa dan Pembelajaran Bahasa, 15(1), 108330. E-Journal UNP

Downloads

Published

2025-01-23 — Updated on 2025-01-02

How to Cite

Ilyas, A., Zamil, I., & Syam, H. . (2025). Metode Diskusi Dan Praktik Langsung Dengan Pendekatan Hots (Higher Order Thingking Skills) Untuk Peningkatan Pemahaman Peserta Didik Tentang Materi Bahasa Indonesia “ Ditukar Dengan Apa” . Journal of Development Education and Learning (JODEL), 3(1), 217–229. https://doi.org/10.70437/jodel.v3i1.30