Penerapan Model Make-A Match Untuk meningkatkan Hasil Belajar Matematika Operasi Hitung Bilangan Bulat Siswa Kelas VI Sd Negeri 004 Tabing
DOI:
https://doi.org/10.70437/jodel.v1i2.63Keywords:
Make-a Match, Hasil Belajar, Operasi Hitung Bilangan BulatAbstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh adanya permasalahan yaitu rendahnya hasil Belajar Matematika siswa kelas VI SDN 004 Tabing, hanya terdapat 46% siswa yang tuntas. Rendahnya hasil belajar siswa disebabkan kurang cocoknya model/ metode pembelajaran yang digunakan dalam menyampaikan materi, metode yg digunakan guru masih Konvensional, penjelasan guru kurang jelas, guru kurang memberikan kesempatan bertanya, kurang jelasnya perintah tugas yang diberikan, guru kurang memberikan bimbingan, guru kurang memberikan penekanan materi. Dampak dari gejala tersebut berakibat pada hasil belajar Matematika. Sehubungan dengan permasalahan di atas, penelitian ini meningkatkan hasil belajar siswa kelas VI SDN 004 Tabing, pada mata pelajaran Matematika tentang operasi hitung bilangan bulat melalui penerapan Model Make-a Match merupakan cara yang tepat untuk menyelesaikan masalah tersebut. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran tersebut memiliki dampak positif dalam meningkatkan kemampuan belajar matematika siswa yang ditandai dengan peningkatan ketuntasan belajar siswa dalam setiap siklusnya, yaitu dari 46% menjadi 85%. Data yang dikumpulkan adalah data yang berkaitan dengan proses dan hasil pembelajaran melalui model pembelajaran Make-a match . Dengan mengacu pada data dilembar observasi hasil untuk kerja anak. Pada siklus 1 dan siklus 2 dalam pengamatandan penilaian menggunakan rubik penilaian
References
Gunanto., Adhalia, Dhesy. 2017. Buku Siswa Matematika untuk SD/MI Kelas VIKurikulum 2013 Revisi. Jakarta: Gelora Aksara Pratama.
Buku Pedoman Guru. Senang Belajar Matematika (Buku Matematika Kurikulum 2013, Jakarta : Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan,2018)
Buku Pedoman Siswa. Senang Belajar Matematika (Buku Matematika Kurikulum 2013,Jakarta : Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan,2018)
Daryanto. 2014. Pendekatan Pembelajaran Saintifik Kurikulum 2013. Jakarta; Gava
Agus, Suprijono.2011. Model-Model Pembelajaran. Jakarta: Gramedia Pustaka Jaya.
Arikunto, Suharismi. 2008. Prosedur Penelitan Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta; PT
Rineka Cipta.Hamalik, Oemar. 2007. Psikologi Belajar dan Mengajar. Bandung; Sinar Baru Algesindo.
Djamarah, Syaiful Bahri & Zain, Aswan. 2006. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Amirono & Daryanto. (2016). Evaluasi & Penilaian Pembelajaran
Subali, B. (2016). Prinsip Asesmen dan Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta UNY Press.
Huda, Fatkhan Amirul. (2017). Pengertian Belajar, Prinsip Belajar Dan Hasil Belajar, diakses pada 4 Agustus 2019
Ruseffendi. 1993. Pendidikan Matematika 3. Jakarta : Depdikbud.
SUYONO dan HARIYANTO.2014.BELAJAR dan PEMBELAJARAN.Bandung:PT REMAJA ROSDAKARYA.
Slameto. 2010. Belajar Dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.
Abdullah, F. Y. (2016, Maret 21). Hakikat Matematika, Pembelajaran Matematika, dan Teori Belajar.
Aisyah, Nyimas. dkk. 2007. Pengembangan Pembelajaran Matematika SD. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.
Aisyah, Nyimas. dkk. 2007. Pengembangan Pembelajaran Matematika SD. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.
Rahmawati, Gita. 2014. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match Terhadap Nilai Kerjasama dan Hasil Belajar Kognitif Kimia Siswa Kelas X SMAN1Bambanglipuro Bantul Tahun Pelajaran 2013/2014. Yogyakarta: UIN Sunan Kalijaga.
Sudjana, Nana. 2011. Penilaian Hasil Proses Hasil Belajar Mengajar. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Ikrimah, N. (2013). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Melalui Model Make A Match pada Materi Operasi Hitung Campuran Siswa Kelas IV SD Negeri Randu 03 Semester I Tahun Pelajaran 2013/2014. Skripsi pada UKSW: tidak diterbitkan.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Tarmizal Tarmizal

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Ciptaan disebarluaskan di bawah a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

