Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Mengidentifikasi Ciri-Ciri Dan Mendesain Bentuk Bangun Ruang Melalui Metode Demonstrasi Matematika Kelas Vi Sd Negeri 004 Tabing

Authors

  • Tarmizal Tarmizal Sd Negeri 004 Tabing

DOI:

https://doi.org/10.31004/jodel.v2i1.53

Keywords:

Demonstrasi, Pemahaman Konsep, bangun ruang

Abstract

PTK ini merupakan penelitian Tindakan kelas yang mengkaji peningkatan kemampuan mengidentifikasi ciri-ciri dan mendesain bentuk bangun ruang VI SD Negeri 004 Tabing.  Pembelajaran ini dilaksanakan bertujuan untuk mengetahui hal- hal apa saja yang terjadi didalam aktifitas belajar siswa dan bagaimana hasil belajar siswa pada pelajaran matematika materi bangun ruang dengan menggunakan model pembelajaran Demonstrasi dapat berjalan sesuai yang diharapkan. Proses Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini dilakukan dengan dua siklus, masing-masing meliputi empat tahap utama yaitu perencanaan, Tindakan, observasi dan refleksi. Data yang dikumpulkan adalah data yang berkaitan dengan proses dan hasil pembelajaran melalui model pembelajaran Demonstrasi. Dengan mengacu pada data dilembar observasi hasil untuk kerja anak. Pada siklus 1 dan siklus 2 dalam pengamatandan penilaian menggunakan rubik penilaian. Hasil penelitian menunjukan bahwa, penggunaan model pembelajaran Demonstrasi dapat meningkatkan mengidentifikasi ciri-ciri dan mendesain bentuk bangun ruang. Tindakan penelitian ini sesuai dengan masalah yang dialami dalam belajar.

References

Cahaya Prihandoko. (2006. Memahami Konsep Matematika Secara Benar DanMenyajikannya Dengan Menarik. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional)

Gunanto., Adhalia, Dhesy. 2017. Buku Siswa Matematika untuk SD/MI Kelas VIKurikulum 2013 Revisi. Jakarta: Gelora Aksara Pratama.

Buku Pedoman Guru. Senang Belajar Matematika (Buku Matematika Kurikulum 2013, Jakarta : Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan,2018)

Buku Pedoman Siswa. Senang Belajar Matematika (Buku Matematika Kurikulum 2013,Jakarta : Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan,2018)

Daryanto. 2014. Pendekatan Pembelajaran Saintifik Kurikulum 2013. Jakarta; Gava

MediaAdhalia, Dhesy. 2016. Buku Pendamping Teks Matematika Jilid 6 untuk SD/MI Kelas VI Berdasarkan Kurikulum 2013 Revisi. Jakarta: Erlangga.

Agus, Suprijono.2011. Model-Model Pembelajaran. Jakarta: Gramedia Pustaka Jaya.

Arikunto, Suharismi. 2008. Prosedur Penelitan Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta; PT

Rineka Cipta.Hamalik, Oemar. 2007. Psikologi Belajar dan Mengajar. Bandung; Sinar Baru Algesindo.

Djamarah, Syaiful Bahri & Zain, Aswan. 2006. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Nur, Siti Fauziyah. 2013 “ Meningkatkan Kemampuan Berhitung Awal Melalui

Permainan KubusBergambar Pada Anak Kelompok B3 Di TK Plus

Tunas Bangsa Sooko Mojokerto” .Skripsi. Surabaya: Universitas Negeri

Surabaya.

Yogyakarta: Pustaka BelajarTarmizal , 2012 “ Metode Demonstrasi Dapat

Meningkatkan Hasil Belajar IPA Kelas IV SDN 004 Tabing, TP 2011/2012 pada

Amirono & Daryanto. (2016). Evaluasi & Penilaian Pembelajaran

Subali, B. (2016). Prinsip Asesmen dan Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta UNY Press.

Huda, Fatkhan Amirul. (2017). Pengertian Belajar, Prinsip Belajar Dan Hasil Belajar, diakses pada 4 Agustus 2019

Aziz Wahab Abdul.2012.Metode Mengajar IPS/SS.Bandung:Alfabeta.

Hamalik Oemar.2009.PENDIDIKAN GURU Berdasarkan Pendekatan Kompetensi.Jakarta:Bumi Aksara.

Afrilianto. “Peningkatan Pemahaman Konsep Dan Kompetensi Strategis Matematis Siswa Smp Dengan Pendekatan Metaphorical Thinking”. Jurnal Ilmiah Program Studi Matematika STKIP Siliwangi, Vol. 1, No. 2. Bandung, 2012.

Angga, Yarman, Yerizon. “Pemahaman Konsep Matematis Dan Model Pembelajarn Quantum Teaching”. Jurnal Vol. 1 No. 1, 2012

Banowati, Helmayuta. “Upaya Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematika Melalui Pendekatan Contekstual Teaching and Learning (CTL) Pada Siswa Kelas VII B SMP Negeri 4 Baguntapan”. Jurnal, 2015.

Daryanto. Belajar dan Mengajar. Bandung: CV. Yrama Widya,2010.

Abidin, Zainal. 2004. Evaluasi Pengajaran. Padang : UNP.

Kamar, Arnis. 2002. Media Bangun Ruang Dalam Pembelajaran Matematika. Jakarta : PT. Raja Grafindo Persada.

Ruseffendi. 1993. Pendidikan Matematika 3. Jakarta : Depdikbud.

SUYONO dan HARIYANTO.2014.BELAJAR dan PEMBELAJARAN.Bandung:PT REMAJA ROSDAKARYA.

Slameto. 2010. Belajar Dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Sutama. 2015. Metode Penelitian Pendidikan Kuantitatif, Kualitatif, PTK, R & D.

Alifah, Syakeela. 2012. “Pengertian Metode Demonstrasi”.

Abdullah, F. Y. (2016, Maret 21). Hakikat Matematika, Pembelajaran Matematika, dan Teori Belajar.

Friyanti, Hernino. 2012. “Metode Demonstrasi Bagi Anak TK”.

Nurhasanah. (2016). Pengaruh Gaya Belajar Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas VII SMP Yapis Manokwari

Downloads

Published

2024-01-28

How to Cite

Tarmizal, T. (2024). Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Mengidentifikasi Ciri-Ciri Dan Mendesain Bentuk Bangun Ruang Melalui Metode Demonstrasi Matematika Kelas Vi Sd Negeri 004 Tabing. Journal of Development Education and Learning (JODEL), 2(1), 64–68. https://doi.org/10.31004/jodel.v2i1.53