Meningkatkan Prestasi Belajar Matematika Materi Bangun Ruang Melalui Metode Mind Mapping Kelas V Sd Negeri 010 Bonai Darussalam

Authors

  • Selamat Gultom Sd Negeri 010 Bonai Darussalam

DOI:

https://doi.org/10.70437/jodel.v2i2.60

Keywords:

Mind Mapping, Prestasi Belajar, Bangun Datar

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan Prestasi belajar siswa dalam pembelajaran matematika Bangun Ruang menggunakan metode mind mapping pada siswa kelas V SD Negeri 010 Bonai Darussalam . Berdasarkan pengamatan yang di lakukan penulis pada peserta didik kelas V,  rendahnya Prestasi belajar anak sehingga hasil belajar tidak sesuai harapan. Adapun pelaksanaan untuk meningkatkan hasil belajar anak melalui perbaikan pada siklus 1 dan siklus 2 dengan melakukan desain prosedur perbaikan, pengamatan, teknik analisis data serta melakukan refleksi diri untuk pendidik, dengan menggunakan metode Mind Mapping agar dapat meningkatkan Prestasi dan hasil belajar siswa pada pembelajaran matematika kelas V SD Negeri 010 Bonai Darussalam. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri Bonai Darussalam yang berjumlah 25 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar matematika siswa dengan menggunakan metode Mind Mapping  mengalami peningkatan. Hal ini ditunjukkan dengan adanya peningkatan rata-rata hasil belajar Matematika siswa kelas V sebesar 49,01%. Selain itu dari hasil analisis data observasi mengalami peningkatan yaitu dari 46,7% aspek terpenuhi menjadi 86,7% aspek. Karena pembelajaran dengan menggunakan metode Mind Mapping dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa, maka diharapkan guru dapat menerapkan pembelajaran tersebut.

References

The aim of this research is to improve students' learning achievement in learning Bangun Ruang mathematics using the mind mapping method for class V students at SD Negeri 010 Bonai Darussalam. Based on observations made by the author on class V students, children's learning achievements are low so that learning outcomes do not meet expectations. The implementation is to improve children's learning outcomes through improvements in cycle 1 and cycle 2 by designing improvement procedures, observations, data analysis techniques and conducting self-reflection for educators, using the Mind Mapping method in order to improve student achievement and learning outcomes in classroom mathematics learning. V SD Negeri 010 Bonai Darussalam. The type of research used is Classroom Action Research (PTK). The subjects in this research were 25 fifth grade students at Bonai Darussalam State Elementary School. The research results show that students' mathematics learning outcomes using the Mind Mapping method have increased. This is shown by an increase in the average Mathematics learning outcomes for class V students by 49.01%. Apart from that, the results of the observation data analysis have increased, namely from 46.7% of aspects fulfilled to 86.7% of aspects. Because learning using the Mind Mapping method can improve students' mathematics learning outcomes, it is hoped that teachers can apply this learning.

Downloads

Published

2024-05-02 — Updated on 2024-05-02

How to Cite

Gultom, S. . (2024). Meningkatkan Prestasi Belajar Matematika Materi Bangun Ruang Melalui Metode Mind Mapping Kelas V Sd Negeri 010 Bonai Darussalam . Journal of Development Education and Learning (JODEL), 2(2), 168–173. https://doi.org/10.70437/jodel.v2i2.60

Issue

Section

Articles