Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pokok Bahasan Penjumlahan dan Pengurangan Bilangan Bulat Menggunakan Peraga Garis Bilangan
DOI:
https://doi.org/10.70437/jodel.v3i1.39Keywords:
Peraga Garis Bilangan, Penjumlahan dan pegunrangan, Bilangan Bulat, Hasil BelajarAbstract
Pembelajaran yang perlu dikembangkan guru dan diminati siswa pada saat ini adalah pembelajaran yang kreatif dan inovatif. Sehingga perlu diupayakan suatu model pembelajaran inovatif yang dapat menumbuhkan daya nalar dan kreativitas siswa serta pembelajaran yang menyenangkan. Untuk itu penulis melakukan penelitian tindakan kelas yang berjudul “ Meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV UPTD SDN 05 Koto Tuo pada pokok bahasan penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat menggunakan peraga garis bilangan”. Permasalahan adalah apakah hasil belajar dapat ditingkatkan melalui pembelajaran dengan memanfaatkan alat peraga garis bilangan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa pada pokok bahasan penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat melalui pemanfaatkan alat peraga garis bilangan. Dalam penelitian ini, metode yang digunakan adalah penggunaan peraga garis bilangan yang akan dapat menumbuhkan kreativitas siswa dalam pemecahan masalah dan tidak membosankan serta hasilnya akan lebih terkesan pada diri siswa.
Penelitian ini dilaksanakan melalui 2 siklus, masing - masing siklus 2
pertemuan. Siklus I tentang penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat yang dilaksanakan pada tanggal 19 Sepetember dan tanggal 22 September 2023.Hasil analisis tes akhir siklus I nilai rata – rata kelas mencapai 63,33. Didapat siswa (67%) belum tuntas dan 3 siswa (33%) sudah tuntas. Kendala siswa yang belum tuntas adalah siswa kurang aktif bertanya serta kurang memperhatikan penjelasan guru. Siklus 2 dilaksanakan pada tanggal 9 Oktober 2023 dan tanggal 12 Oktober 2023 hasil tes akhir siklus II rata-ratanya adalah 81,55 dan siswa seluruh siswa tuntas (89%) dalam mengerjakan tes. Karena nilai rata – rata kelas yang dicapai dan ketuntasan belajar sudah melebihi tolak ukur yang ditentukan yaitu, nilai rata – rata kelas 7,0 dan ketuntasan belajar 75% maka pelaksanaan siklus I dan siklus II sudah cukup dan penelitian tindakan kelas ini dinyatakan berhasil.
References
REFERENCES
Suyitno, Amin. 1997. Dasar-dasar Proses Pembelajaran Matematika I.
Semarang: Jurusan Pendidikan Matematika. F MIPA UNNES.
Hudoyo, Herman. 1988. Mengajar Belajar Matematika. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi Proyek Pengembangan Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan.
Sudjana, Nana. 1989. Devinisi Belajar. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.
Natawidjaja, Rochman. 1984. Pengajaran Remidial. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.
Suhito. 1997. Hand Out Dasar-dasar Penelitian. Semarang: UNNES
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Zilyusraini, Hani Fannisa, Bunga Ervinasari

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Ciptaan disebarluaskan di bawah a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License