Penerapan Model Pembelaaran Coomperative Learning Tipe Student Teams Achievement Division (STAD) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Pembelajaran Matematika

Authors

  • Tengku Suhaibah Sekolah Dasar 017 Rambah
  • Zulhendri Zulhendri Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai
  • Hani Fannisa Universitas Negeri Padang

DOI:

https://doi.org/10.70437/jodel.v3i1.38

Keywords:

STAD, Meningkatkan Hasil Belajar, Penerapan Model Pembelajaran

Abstract

Berdasarkan fakta yang diperoleh dari SD Negeri 017 Rambah disusun Kubu Manggis desa Rambah Tengah Utara,Kec.Rambah,Kab.Rokan Hulu,Propinsi Riau bahwa diketahui masih rendahnya hasil belajar Matematika khususnya pada materi Bilangan Dua Angka ( bilangan 11 sampai dengan 20).Karena pada umumnya guru mengajarkan materi ini dengan metode ceramah,sehingga membuat peserta didik merasa bosan dan pasif yaitu menerima apa saja yang dijelaskan oleh guru dan membuat daya ingatan peserta didik menjadi terbatas.Maka hal ini dapat mempengaruhi hasil belajar peserta didik pada pelajaran matematika.Untuk itu diperlukan perbaikan pembelajaran yang sesuai yaitu dengan penerapan model pembelajaran Coomperative Learning STAD untuk meningkatkan Hasil belajar matematika pada materi Bilangan Dua Angka (bilangan 11 sampai dengan 20) di Sekolah Dasar.Subjek penelitian yaitu peserta didik kelas I yang berjumlah 2 orang.Jenis penelitian adalah penelitian tindakan kelas .Prosedur penelitian terdiri dari atas perencanaan pelaksanaan pembelajaran (RPP),pengamatan/observasi,dan refleksi serta instrument.Instrumen berupa Lembar Kerja Peserta Didik/LKPD ,observasi peserta didik,dan lembar test pada siklus I dan siklus 2.Hasil penelitian menunjukan bahwa daya serap peserta didik pada siklus I adalah 72,5 ( baik) dengan 2 orang peserta didik,sedangkan pada siklus 2 adalah 97.5 (baik sekali).Dengan demikian penerapan model pembelajaran Coomperative Learning tipe STAD dapat meningkatkan hasil belajar pada kelas I Sekolah Dasar.

References

Agus Suoriadi.2011 Model-model pembelajaran.Jakarta : Gramedia Pustaka Jaya.

Amin.Moh.2011.Penelitian Tindakn Kelas.Grobongan : Inpiran .

Anita Lie.2002.Coomperative Learning (Mempraktikan Coomperative Learning di rung-ruang Kelas).Jakarta : PT Gramedia Widia sarana.

Arikunto,S.2009.Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Ptaktik.Edisi revisi 6.Jakarta : Reneka Cipta

Dimyanti dan Mudjiono,2002.Belajar dan Pembelajaran .Jakarta: Rineka Cipta dan Depdikbud.

Ahmad Abu dan Tri Prasetyo,Jok.1997.STRATEGI Belajar Mengajar Matematika.Bandung : Pustaka Setia.

Asrul Rifa’i,Moch.2013.Penerapan Model Pembelajaran Koomperatif TipeStudent Team Achivement Division ( STAD) untuk meningkat hasil belajar Matematika : Tulung agung.

Downloads

Published

2023-01-02 — Updated on 2025-01-02

How to Cite

Suhaibah, T., Zulhendri, Z., & Fannisa, H. (2025). Penerapan Model Pembelaaran Coomperative Learning Tipe Student Teams Achievement Division (STAD) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Pembelajaran Matematika . Journal of Development Education and Learning (JODEL), 3(1), 254–259. https://doi.org/10.70437/jodel.v3i1.38