Analisis Kesulitan Belajar Matematika kelas IV Materi Bangun Datar SD Negeri 013 Genduang
DOI:
https://doi.org/10.70437/jodel.v2i2.83Keywords:
kesulitan belajar, Bangun datar, MatematikaAbstract
Pembelajaran matematika materi bangun datar pada siswa SD Negeri 013 Genduang oleh guru disajikan kurang urut dalam memberikan konsep sehingga membuat siswa kebingungan dan banyak mengalami kesalahan dalam pemebelajaran matematika. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan Jenis kesulitan dialami dan menjelaskan kesulitan belajar matematika yang dialami siswa kelas IV SD Negeri 013 Genduang. Penelitian ini mengunakan metode deskriptif analitik dengan pendekatan kualitatif. Subjek dalam penelitian terdiri dari seluruh siswa kelas IV SD Negeri 013 Genduang. Penentuan subjek dalam penelitian ini menggunakan cara purpose sampling. Teknik pengumpulan data yaitu dengan cara tes esai dan wawancara. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu reduksi data, penyajian data, dan terakhir penerikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan kesulitan belajar matematika yang dialami siswa kelas IV SD Negeri 013 Genduang adalah gangguan hubungan keruangan, abnormalitas presepsi visual, asosiasi visual motor, kesulitan mengunakan simbol, kesulitan dalam bahasa dan membaca. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan 5 orang siswa mengalami gangguan hubungan keruangan, 4 orang siswa mengalami gangguan abnormalitas presepsi visual, 5 orang siswa mengalami abnormalitas presepsi visual, 3 orang siswa mengalami kesulitan memahimi simbol, dan 2 orang siswa kesulitan dalam bahasa dan membaca.
References
Purwanto. 2008. Prinsip-Prinsip Dan Teknik Evalusi Pengajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Satori dan Komariah. 2017. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.
Moleong. 2017. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Antonius. 2005. Memahami Konsep Matematika Secara Benar Dan Menyajikan Dengan Menarik. Jember : Depertemen Pendidikan Nasional.
Walle. 2007. Matematika Sekolah Dasar dan Menengah. Jakarta: Erlangga.
Yuyono. 2014. Strategi Belajar Matematika. Malang: IKIP Malang.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 muhammad Putra, Hapsari Rismayeni, Pudiyanto Pudiyanto, Fitri Fitri, Erita Suryati

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Ciptaan disebarluaskan di bawah a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

