Analisis Kesulitan Belajar Matematika kelas IV Materi Bangun Datar SD Negeri 013 Genduang

Authors

  • muhammad Putra SD Negeri 013 Genduang
  • Hapsari Rismayeni SD Negeri 013 Genduang
  • Pudiyanto Pudiyanto SD Negeri 013 Genduang
  • Fitri Fitri SD Negeri 013 Genduang
  • Erita Suryati SD Negeri 013 Genduang

DOI:

https://doi.org/10.31004/jodel.v2i1.83

Keywords:

kesulitan belajar, Bangun datar, Matematika

Abstract

Pembelajaran matematika materi bangun datar pada siswa  SD Negeri 013 Genduang oleh guru disajikan kurang urut dalam memberikan konsep sehingga membuat siswa kebingungan dan banyak mengalami kesalahan dalam pemebelajaran matematika. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan Jenis  kesulitan dialami dan menjelaskan  kesulitan belajar matematika yang dialami siswa kelas IV SD Negeri 013 Genduang. Penelitian ini mengunakan metode deskriptif analitik dengan pendekatan kualitatif. Subjek dalam penelitian terdiri dari  seluruh siswa kelas IV  SD Negeri 013 Genduang.  Penentuan subjek dalam penelitian ini menggunakan cara  purpose sampling. Teknik pengumpulan data yaitu dengan cara tes esai dan wawancara. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu reduksi data, penyajian data, dan terakhir penerikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan kesulitan belajar matematika yang dialami  siswa kelas IV SD Negeri 013 Genduang adalah gangguan hubungan keruangan, abnormalitas presepsi visual, asosiasi visual motor, kesulitan mengunakan simbol, kesulitan dalam bahasa dan membaca. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan 5 orang siswa mengalami gangguan hubungan keruangan, 4 orang siswa mengalami gangguan abnormalitas presepsi visual, 5 orang siswa mengalami abnormalitas presepsi visual, 3 orang siswa mengalami kesulitan memahimi simbol, dan 2 orang siswa kesulitan dalam bahasa dan membaca.

References

Purwanto. 2008. Prinsip-Prinsip Dan Teknik Evalusi Pengajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Satori dan Komariah. 2017. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.

Moleong. 2017. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Antonius. 2005. Memahami Konsep Matematika Secara Benar Dan Menyajikan Dengan Menarik. Jember : Depertemen Pendidikan Nasional.

Walle. 2007. Matematika Sekolah Dasar dan Menengah. Jakarta: Erlangga.

Yuyono. 2014. Strategi Belajar Matematika. Malang: IKIP Malang.

Downloads

Published

2024-02-23

How to Cite

Putra, muhammad, Rismayeni, H., Pudiyanto, P., Fitri, F., & Suryati, E. (2024). Analisis Kesulitan Belajar Matematika kelas IV Materi Bangun Datar SD Negeri 013 Genduang. Journal of Development Education and Learning (JODEL), 2(1), 134–142. https://doi.org/10.31004/jodel.v2i1.83