Penggunaan Actional Functional Model (AFM) dalam Pembelajaran Speaking Kelas 7 di UPT SMP Negeri 1 siak Hulu Kampar
DOI:
https://doi.org/10.31004/jodel.v2i1.72Keywords:
Actional Functional Model, Metode Speaking, AFMAbstract
Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dilakukan untuk mengetahui apakah kemampuan berbicara siswa di kelas VII di UPT SMP Negeri 1 Siak Hulu Kampar dapat ditingkatkan dengan menggunakan Actional Functional Model. Karena pada awalnya saya menemukan bahwa siswa dikelas 7 tersebut memiliki kemampuan berbicara yang rendah dimana nilai rata - rata berbicara mereka tidak mencukupi nilai KKM, yaitu 70. Dalam penelitian ini saya mengaplikasikan Actional Functional Model. Jumlah siswa dalam penelitian ini 35 siswa yang terdiri dari 21 siswa laki laki dan 14 siswa perempuan. Dalam mengumpulkan data dalam penelitian ini, saya menggunakan tes berbicara dimana siswa menceritakan tentang identitas dirinya. Hasil dari analisis yang dilakukan menunjukkan bahwa dasar nilai rata -rata berbicara siswa yaitu 55. Nilai rata rata siswa pada siklus 1 yaitu 75 karena di siklus 1 nilai rata – rata siswa belum mencapai KKM saya memutuskan untuk melanjutkan disiklus 2. Nilai rata rata siswa disiklus 2 yaitu 85 (poin meningkat 7 dari siklus 1). Berdasarkan hasil yang telah didapat, saya menyimpulkan bahwa Actional Functional Model dapat meningkatkan kemampuan berbicara siswa.
References
Aprianti. 2012. Actional Functional Model (AFM). Retrived on 30 September 2013 from: http://profzainil.files.wordpress.com/2012/02/chapter-iv-afm- -research-on-afm-completel.pdf
Brown, H. Douglas. 2004. Language assessment principles and classroom practice. New York: Longman.
Bima M, Bachtiar and Dwi A, Yuniarti. 2007. Bahasa Inggris. Surabaya: Jepe Press Media Utama.
Creswell, John W. 2005 Education Research. Second Edition. Pearson. Educational International.
Gay, L.R and Peter Airasian. 2000. Educational Research Competencies for Analysis and Application. 6th Edition. New Jersey.
Harmer, Jeremi.2001. The Practice of English Language Teaching. UK: Longman
Hughes, Arthur. 1989. Testing for Language Teacher. New York: Cambridge University Press
Kemmis and Metaggart. 1988. The Actionalal Research Planner. Australia: Deakin University Press: Third Edition. Victoria 3217
Lastra.2012. Actional Functional Model (AFM). Retrived on 30 September 2013 from: http://profzainil.files.wordpress.com/2012/02/chapter-iv-afm- -research- on-afm-complete 1.pdf
Mattetal, Gwyan.2001. The What, Why and How of Classroom Actionalal Research. Retrieved on 19 September 2012Fromhttp://rwcIte.wikispaces.com/file/view/JoSoTL+Classroom+Actionalal+Research+O verview.pdf
Megawati. 2011. The Use of Actional and Function Method (AFM) in Improving The Students' speaking ability at The Fifth Year Students of SDN 014 Pematang Sikat Teluk Pulau Hilir. FKIP-UNRI.
Sudijono, Anas.2010. Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta: Rajawali Pers. Tasri 2012. Improving Students' Vocabulary By using Actional Functional Model (AFM) At Fourth Grade Of SDN 012 Rumbai Pesisir FKIP- UNILAK.
Ur,Penny.1991. A course in language Teaching, New York: Cambridge University Press.
Yulfianis. 2012. Actional Functional Model (AFM). Retrived on 30 September 2013 from: http://profzainil.files.wordpress.com/2012/02/chapter-iv-afm- -research-on-afm-completel.pdf
Zainil. 2010. Actional Functional Model. Sukabina Press
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Purwanti Purwanti
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Ciptaan disebarluaskan di bawah a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License