Penggunaan Actional Functional Model (AFM) dalam Pembelajaran Speaking Kelas 7 di UPT SMP Negeri 1 siak Hulu Kampar

Authors

  • Purwanti Purwanti Smp Negeri 1 Siak hulu Kampar

DOI:

https://doi.org/10.31004/jodel.v2i1.72

Keywords:

Actional Functional Model, Metode Speaking, AFM

Abstract

Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dilakukan untuk mengetahui apakah kemampuan berbicara siswa di kelas VII di UPT SMP Negeri 1 Siak Hulu Kampar dapat ditingkatkan dengan menggunakan Actional Functional Model. Karena pada awalnya saya menemukan bahwa siswa dikelas 7 tersebut memiliki kemampuan berbicara yang rendah dimana nilai rata -  rata berbicara mereka tidak mencukupi nilai KKM, yaitu 70. Dalam penelitian ini saya mengaplikasikan Actional Functional Model. Jumlah siswa dalam penelitian ini 35 siswa yang terdiri dari 21 siswa laki laki dan 14 siswa perempuan. Dalam mengumpulkan data dalam penelitian ini, saya menggunakan tes berbicara dimana siswa menceritakan tentang identitas dirinya. Hasil dari analisis yang dilakukan menunjukkan bahwa dasar nilai rata -rata berbicara siswa yaitu 55. Nilai rata rata siswa pada siklus 1  yaitu 75 karena di siklus 1 nilai rata – rata siswa belum mencapai KKM saya memutuskan untuk melanjutkan disiklus 2. Nilai rata rata siswa disiklus 2 yaitu 85 (poin meningkat 7 dari siklus 1). Berdasarkan hasil yang telah didapat, saya menyimpulkan bahwa Actional Functional Model dapat meningkatkan kemampuan berbicara siswa.

References

Aprianti. 2012. Actional Functional Model (AFM). Retrived on 30 September 2013 from: http://profzainil.files.wordpress.com/2012/02/chapter-iv-afm- -research-on-afm-completel.pdf

Brown, H. Douglas. 2004. Language assessment principles and classroom practice. New York: Longman.

Bima M, Bachtiar and Dwi A, Yuniarti. 2007. Bahasa Inggris. Surabaya: Jepe Press Media Utama.

Creswell, John W. 2005 Education Research. Second Edition. Pearson. Educational International.

Gay, L.R and Peter Airasian. 2000. Educational Research Competencies for Analysis and Application. 6th Edition. New Jersey.

Harmer, Jeremi.2001. The Practice of English Language Teaching. UK: Longman

Hughes, Arthur. 1989. Testing for Language Teacher. New York: Cambridge University Press

Kemmis and Metaggart. 1988. The Actionalal Research Planner. Australia: Deakin University Press: Third Edition. Victoria 3217

Lastra.2012. Actional Functional Model (AFM). Retrived on 30 September 2013 from: http://profzainil.files.wordpress.com/2012/02/chapter-iv-afm- -research- on-afm-complete 1.pdf

Mattetal, Gwyan.2001. The What, Why and How of Classroom Actionalal Research. Retrieved on 19 September 2012Fromhttp://rwcIte.wikispaces.com/file/view/JoSoTL+Classroom+Actionalal+Research+O verview.pdf

Megawati. 2011. The Use of Actional and Function Method (AFM) in Improving The Students' speaking ability at The Fifth Year Students of SDN 014 Pematang Sikat Teluk Pulau Hilir. FKIP-UNRI.

Sudijono, Anas.2010. Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta: Rajawali Pers. Tasri 2012. Improving Students' Vocabulary By using Actional Functional Model (AFM) At Fourth Grade Of SDN 012 Rumbai Pesisir FKIP- UNILAK.

Ur,Penny.1991. A course in language Teaching, New York: Cambridge University Press.

Yulfianis. 2012. Actional Functional Model (AFM). Retrived on 30 September 2013 from: http://profzainil.files.wordpress.com/2012/02/chapter-iv-afm- -research-on-afm-completel.pdf

Zainil. 2010. Actional Functional Model. Sukabina Press

Downloads

Published

2024-02-05

How to Cite

Purwanti, P. (2024). Penggunaan Actional Functional Model (AFM) dalam Pembelajaran Speaking Kelas 7 di UPT SMP Negeri 1 siak Hulu Kampar. Journal of Development Education and Learning (JODEL), 2(1), 109–112. https://doi.org/10.31004/jodel.v2i1.72