Analisis Kemampuan Membaca Permulaan Peserta Didik Melalui Media Gambar Dan Kartu Huruf Di Kelas 1 Sd Negeri 011 Kabun Tahun Pelajaran 2023/2024

Authors

  • Suhelmiyani Suhelmiyani Sekolah Dasar 011 Kabun
  • Fauziddin Moh Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai
  • Ridha Mulyani Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang

DOI:

https://doi.org/10.70437/jodel.v3i1.34

Keywords:

Membaca Permulaan, Media Gambar dan kartu Huruf, Metode SAS

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan membaca permulaan peserta didik di kelas 1 SD N 011 Kabun. Jumlah peserta didik dalam proses penelitian ini sebanyak 24 orang. Sebelum melakukan meneliti kasus ini, peneliti mengidentifikasi masalah yang ada di kelas yaitu rendah nya minat baca siswa karena pada kelas 1 SD ini masih tahap proses membaca permulaan, lalu peneliti melakukan tindakan mengajar di kelas dengan menggunakan media gambar dan kartu huruf melalui metode SAS pada siklus 1 dan siklus 2.  Adapun Menurut (Anwar dkk, 2022) Langkah-Langkah Pembelajaran Metode Struktur Analitik Sintetik (SAS) ada 11 langkah dalam pelaksaan. Maka di peroleh di peroleh analisis kemampuan permulaan membaca pesrta didik dengan menggunakan media gambar dan kartu huruf di kelas 1 SD Negeri 011 kabun pada Siklus 1 terdapat 13 peserta didik memiliki rata – rata peresentasi 85% hingga 100 % dan 11 peserta didik memiliki rata – rata peresentasi 55% hingga 78 % kemudian dilakukan kembali PPL pada Siklus 2 dengan metode dan media yang sama diperoleh peningkatan yaitu 16 peserta didik memiliki rata – rata peresentasi 85% hingga 100% dan 8 peserta didik memiliki peresentasi 60% hingga 78 %. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan metode gambar dan kartu huruf dalam membaca permulaan di kelas rendah dengan menerapkan metode Struktural Analitik Sintetik (SAS) terdapat peningkatan dan terdapat perubahan yang lebih baik dari sebelumnya.

References

Sari, A, K, P & Shinta, S., “Analisis Kemampuan Membaca Permulaan dan Kesulitan yang dihadapi Siswa Kelas 1 Sekolah Dasar”. JURNAL LENSA PENDAS. Vol. 8, No. 2. 2023.

Hamid, A., Jayanti., & Susanti, F, S., “Pengaruh Media Flash Card Terhadap Kemampuan Membaca Permulaan Siswa Kelas 2 SD Negeri 01 Ulak Kemang”. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar. Vol. 6, no. 1. 2023

Masitoh, I., Astri, S., Luthfi, H, M., “Penggunaan Media Gambar untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Bahasa Indonesia di Kelas 1 Sekolah Dasar”. JURNAL BASICEDU. Vol. 7, no. 3. 2023.

Mulatsih, G, A., Filia, P, A., & Ida, D., “ANALISIS FAKTOR PENGHAMBAT MEMBACA PERMULAAN PADA SISWA KELAS III SD NEGERI TAMBAKREJO 01”. Jurnal Ilmiah

PGSD FKIP Universitas Mandiri. Vol. 9, no. 2. 2023.

Rohman, A, Y., Rahman, Vismaia, S., & Damayanti., “Analisis Kesulitan Membaca Permulaan pada Siswa Kelas Satu di Sekolah Dasar”. JURNAL BASICEDU. Vol. 6, no. 3. 2022.

Anwar, M. F. N., Pangambang A.T., & Wicaksono A.A., “Penggunaan Metode SAS Berbantuan Media Kartu Huruf untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca Permulaan”. Musamus Journal of Primary Education.Vol. 5, No. 1, hal. 57-64. 2022

Azkiya, N.,” STRATEGI GURU DALAM MENGATASI KESULITAN MEMBACA PERMULAAN SISWA KELAS III SDN DURI KEPA 03 JAKARTA BARAT”. Jurnal

Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. Vol. 12 No. 1, hal. 125 – 136. 2023

Downloads

Published

2025-01-02

How to Cite

Suhelmiyani, S., Moh, F., & Mulyani, R. (2025). Analisis Kemampuan Membaca Permulaan Peserta Didik Melalui Media Gambar Dan Kartu Huruf Di Kelas 1 Sd Negeri 011 Kabun Tahun Pelajaran 2023/2024. Journal of Development Education and Learning (JODEL), 3(1), 248–253. https://doi.org/10.70437/jodel.v3i1.34