Penggunaan Model Discovery Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Muatan Pelajaran Matematika Tema Bermain Di lingkunganku
DOI:
https://doi.org/10.70437/jodel.v1i2.33Keywords:
Discovery Learning, Hasil Belajar MatematikaAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasik belajar peserta didik muatan pelajaran matematika tema bermain dilingkungan. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dua siklus. Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas II UPTD SDN 08. Hasil belajar aspek pengetahuan mengalami peningkatan yakni 70,50 pada kegiatan prasiklus meningkat menjadi 78.80 disiiklus I, meningkat laggi menjadi 85,80 pada siklus II dengan peningkatan sebesar 15,3. Hasil belajar aspek keterampilan memperoleh rata-rata 70,50 pada prasiklus meningkat menjadi 80,00 pada siklus I dan meningkatan lagi menjafi 86,40 pada siklus II dengan peningkatan sebesar 15,9.
References
Ahmad, Sabri. 2007. Strategi Belajar Mengajar dan Micro Teaching, Quantum Teaching. Jakarta : Rineka Cipta
Arikunto, Suharsimi, dkk. 2006. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara
Asep Herry Hernawan, dkk, 2006. Pengembangan Kuri ku lum dan Pembelajaran.
UT Departemen Pendidikan Nasional, Jakarta
Depdiknas. 2014. Materi Pelatihan Guru Implementasi Kurikulum 2013. Jakarta
Dierich (dalam Sardiman, 2012 ) Discovery learning Pembelajaran. Bandung: CV Wahana Prima
Djafar, Tengku Zahara. 2001. Kontribusi Strategi Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar. Jakarta: Bumi Aksara
Djamarah, Saiful Bahri.2006. Prestasi Belajar dan Kompetisi Guru. Surabaya: Usaha Nasional
Dimyati & Mudjiono.2009. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta : Rineka Cipta Emzir. 2007. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta : Bumi Aksara
Hamalik, Oemar. 2008. “Proses Belajar Mengajar.” Jakarta: Bumi Aksara Hanafiah Nanang dan Cucu Suhada. 2012. Konsep Strategi Pembelajaran.
Bandung: Refika Aditama.
Hidayat, R & Patras, 2014. Y. E. Discovery learning dan Kurikulum 2013. Unpak
Hosnan, M. 2014. Pendekatan Saintifik dan Kontekstual Pembelajaran Discovery learning.Bogor: Galia Indonesia
Ismail.2002.Pengertian Media Pembelajaran. [Online]. Tersedia: http://ismail403.wordpress.com/2013/01/06/pengertian-media[7 Mei 2017]
Iskandarwassid, dkk. 2013. Guru Profesional Menguasai Metode dan Terampil Mengajar. Bandung: Penerbit Alfabeta
Junaedi, dkk. 2008. Cooperative Learning. Yogyakarta: Pustaka Pelajar. KBBI edisi V tentang pengertian Pembelajaran dan Pembelajaran .
Kunandar. 2011. Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas Sebagai Pengembangan Profesi Guru. Jakarta: Raja Grafindo Persada
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Neni Syafni

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Ciptaan disebarluaskan di bawah a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

