Penggunaan Model Discovery Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Muatan Pelajaran Matematika Tema Bermain Di lingkunganku

Authors

  • Neni Syafni UPTD SD Negeri 08 Koto Tinggi

DOI:

https://doi.org/10.70437/jodel.v1i2.33

Keywords:

Discovery Learning, Hasil Belajar Matematika

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasik belajar peserta didik muatan pelajaran matematika tema bermain dilingkungan. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dua siklus. Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas II  UPTD SDN 08. Hasil belajar aspek pengetahuan mengalami peningkatan yakni 70,50 pada kegiatan prasiklus meningkat menjadi 78.80 disiiklus I, meningkat laggi menjadi 85,80 pada siklus II dengan peningkatan sebesar 15,3. Hasil belajar aspek keterampilan memperoleh rata-rata 70,50 pada prasiklus meningkat menjadi 80,00 pada siklus I dan meningkatan lagi menjafi 86,40 pada siklus II dengan peningkatan sebesar 15,9.

References

Ahmad, Sabri. 2007. Strategi Belajar Mengajar dan Micro Teaching, Quantum Teaching. Jakarta : Rineka Cipta

Arikunto, Suharsimi, dkk. 2006. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara

Asep Herry Hernawan, dkk, 2006. Pengembangan Kuri ku lum dan Pembelajaran.

UT Departemen Pendidikan Nasional, Jakarta

Depdiknas. 2014. Materi Pelatihan Guru Implementasi Kurikulum 2013. Jakarta

Dierich (dalam Sardiman, 2012 ) Discovery learning Pembelajaran. Bandung: CV Wahana Prima

Djafar, Tengku Zahara. 2001. Kontribusi Strategi Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar. Jakarta: Bumi Aksara

Djamarah, Saiful Bahri.2006. Prestasi Belajar dan Kompetisi Guru. Surabaya: Usaha Nasional

Dimyati & Mudjiono.2009. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta : Rineka Cipta Emzir. 2007. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta : Bumi Aksara

Hamalik, Oemar. 2008. “Proses Belajar Mengajar.” Jakarta: Bumi Aksara Hanafiah Nanang dan Cucu Suhada. 2012. Konsep Strategi Pembelajaran.

Bandung: Refika Aditama.

Hidayat, R & Patras, 2014. Y. E. Discovery learning dan Kurikulum 2013. Unpak

Hosnan, M. 2014. Pendekatan Saintifik dan Kontekstual Pembelajaran Discovery learning.Bogor: Galia Indonesia

Ismail.2002.Pengertian Media Pembelajaran. [Online]. Tersedia: http://ismail403.wordpress.com/2013/01/06/pengertian-media[7 Mei 2017]

Iskandarwassid, dkk. 2013. Guru Profesional Menguasai Metode dan Terampil Mengajar. Bandung: Penerbit Alfabeta

Junaedi, dkk. 2008. Cooperative Learning. Yogyakarta: Pustaka Pelajar. KBBI edisi V tentang pengertian Pembelajaran dan Pembelajaran .

Kunandar. 2011. Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas Sebagai Pengembangan Profesi Guru. Jakarta: Raja Grafindo Persada

Downloads

Published

2023-09-28

How to Cite

Syafni, N. (2023). Penggunaan Model Discovery Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Muatan Pelajaran Matematika Tema Bermain Di lingkunganku . Journal of Development Education and Learning (JODEL), 1(2), 56–63. https://doi.org/10.70437/jodel.v1i2.33