Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share Berbantuan Media Gambar untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Materi Bangun Ruang Siswa Kelas VI SD Negeri 004 Hangtuah

Authors

  • Satriana Sitio Sekolah Dasar Negeri 004 Hangtuah
  • Molli Wahyuni Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai
  • Sepni Wita STKIP Nasional Padang Pariaman
  • Desri Nora Universitas Negeri Padang

DOI:

https://doi.org/10.70437/jodel.v3i1.29

Keywords:

Hasil Belajar Matematika, Media Gambar, Model Pembelajaran Kooperatif, Think Pair Share

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian Tindakan Kelas. Populasi dalam  penelitian ini adalah seluruh siswa siswa kelas VI olah Dasar Negeri 004 Hangtuah tahun pelajaran 2022/2023.Penelitian ini  ada dua siklus yaitu siklus I dan siklus II Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika materi Bangun Ruang. Analisis pada siklus I dan siklus II terdapat peningkatan disetiap sikusnya sehingga dapat diketahui bahwa dengan menerapkan model kooperatif learning tipe think pair share siswa mampu meningkatkan kemampuan pemahaman akan pembelajaran, dan mampu untuk berkolaborasi aktif bersama anggota lainnya

References

Ade Sintia Wulandari. (2022). Literature Review: Pendekatan Berdiferensiasi Solusi Pembelajaran dalam Keberagaman. Jurnal Pendidikan Mipa, 12(3), 682–689. https://doi.org/10.37630/jpm.v12i3.620

Afsari, S., Safitri, I., Harahap, S. K., & Munthe, L. S. (2021). Systematic Literature Review: Efektivitas Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Pada Pembelajaran Matematika. Indonesian Journal of Intellectual Publication, 1(3), 189–197. https://doi.org/10.51577/ijipublication.v1i3.117

Agustina, R., Sulistyowati, R., Putrianti, R., Anggraeni, G., & Dewi, F. W. R. (2021). Statistik Pendidikan 2021. In D. S. K. Rakyat (Ed.), Badan Pusat Statistik. Badan Pusat Statistik.

Ananda, R. (2019). Perencanaan Pembelajaran (Amiruddin (ed.)). Lembaga Peduli Pengembangan Pendidikan Indonesia (LPPPI).

Anggiana, A. D. (2019). Implementasi Model Problem Based Learning (Pbl) Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa. Symmetry: Pasundan Journal of Research in Mathematics Learning and Education, 4(volume 4), 886–894. https://doi.org/10.23969/symmetry.v4i2.2061

Arikunto, S. (2013). Prosedur penelitian suatu pendekatan praktik. In Jakarta: Rineka Cipta (p.172). http://r2kn.litbang.kemkes.go.id:8080/handle/123456789/62880

Ayu, G., Purwati, M., Sudana, D. N., & Arini, N. W. (2020). Mathematics Learning With Guided Inquiry Model Open- Oriented Problem Solving Improves Student Learning Outcomes. International Journal of Elementary Education, 4(4), 454–463.

Cahya, R. D., Herwin, Harsono, A. M. B., Arfika, L., & Suzana. (2023). Stumble Guys Based Lesson Study In Improving Learning Outcomes In Mathematics Lesson In Elementary School. 12(2), 2688–2699. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.24127/ajpm.v12i2.7141

Deva, I. (2019). Strategi Guru Dalam Mengelola Kelas Yang Kondusif Disekolah Dasar. Strategi Guru Dalam Mengelola Kelas Yang Kondusif Disekolah Dasar, 3(4), 439–446.

Dwigustini, R., & Widiya, J. (2020). Think Pair Share Technique to Promote Students’ Reading Comprehension. Jurnal Ilmu Pendidikan (JIP) STKIP Kusuma Negara, 12(1), 25–34. https://doi.org/10.37640/jip.v12i1.270

Faqih, A. (2019). Model Think Pair Share: Apakah Mempengaruhi Pemahaman Konsep Matematika? JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 3(1), 40. https://doi.org/10.33603/jnpm.v3i1.1229

Hasibuan, A. T., & Prastowo, A. (2019). Konsep Pendidikan Abad 21: Kepemimpinan Dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Sd/Mi. MAGISTRA: Media Pengembangan Ilmu Pendidikan Dasar Dan Keislaman, 10(1), 26–50. https://doi.org/10.31942/mgs.v10i1.2714

Hidayat, T. M., & Muhson, A. (2018). The Impact of Think Pair Share and Two Stay Two Stray Learning Model Towards Learning Outcomes and Cooperation Ability. Dinamika Pendidikan, 13(1), 119–129. https://doi.org/10.15294/dp.v13i1.15045

Huda, H. (2023). Penerapan Model Kooperatif Learning Tipe Think-Pair- This work is licensed under a Creative Commons Attribution-. 2(2), 138–148.

Downloads

Published

2025-01-02

How to Cite

Sitio, S., Wahyuni, M., Wita, S., & Nora, D. (2025). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share Berbantuan Media Gambar untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Materi Bangun Ruang Siswa Kelas VI SD Negeri 004 Hangtuah. Journal of Development Education and Learning (JODEL), 3(1), 230–242. https://doi.org/10.70437/jodel.v3i1.29