Meta Analisis : Pembelajaran Matematika Model Discovey Learning terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa

Authors

  • Saufi zikri Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai
  • Layli Maydawati Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai
  • Sri Yulianti Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai
  • Maya Da Al Islami Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai
  • Muhammad Tresno Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai

DOI:

https://doi.org/10.31004/jodel.v1i2.24

Keywords:

Discovery Learning, Berpikir Kreatif

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi pembelajaran, jenjang pendidikan, dan sumber belajar mana yang paling sesuai untuk menumbuhkan pemikiran kreatif siswa selama mereka belajar matematika dengan menggunakan paradigma Discovery Learning. Metodologi penelitian ini adalah meta-analisis dari sembilan (9) makalah yang diterbitkan di jurnal nasional antara Juni 2015 hingga Juni 2021. Non-probability sampling digunakan untuk pengumpulan data, dan pengolahan data meliputi pengumpulan data, pengkodean, pengeditan, dan tabulasi. Berdasarkan kajian meta-analisis, siswa SMP yang menggunakan pendekatan saintifik dan materi pembelajaran spasial lebih besar kemungkinannya memperoleh manfaat dari penggunaan model pembelajaran matematika Discovery Learning.

References

Alam, S. (2019). Higher Order Thinking Skills (HOTS): Kemampuan Memecahkan Masalah, Berpikir Kritis dan Kreatif dalam Pendidikan Seni untuk Menghadapi Revolusi Industri 4.0 pada Era Society 5.0 | Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana (PROSNAMPAS). Pascasarjana UNNES, 2(1), 790–797. https://proceeding.unnes.ac.id/index.php/snpasca/article/view/372

Anwar, R. (2005). Meta Analisis. Bandung : Bagian Obstetri dan Ginekologi Fakultas Kedokteran UNPAD. Meta Analisis, 9.

Gazali, R. Y. (2016). Pengembangan bahan ajar matematika untuk siswa SMP berdasarkan teori belajar ausubel. PYTHAGORAS: Jurnal Pendidikan Matematika, 11(2), 182. https://doi.org/10.21831/pg.v11i2.10644

Indiastuti, F. (2017). Pengembangan Perangkat Model Discovery Learning Berpendekatan Saintifik Untuk Meningkatkan Berpikir Kreatif Dan Rasa Ingin Tahu. Jurnal Pendidikan Matematika RAFA, 2(1), 41–55.

Masyhur, F. (2017). Penelitian e-Government di Indonesia: Studi Literatur Sistematis dari Perspektif Dimensi Pemeringkatan e-Government Indonesia (PeGI). JURNAL IPTEKKOM : Jurnal Ilmu Pengetahuan & Teknologi Informasi, 19(1), 51. https://doi.org/10.33164/iptekkom.19.1.2017.51-62

Mawaddah, S., & Maryanti, R. (2016). Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa SMP dalam Pembelajaran Menggunakan Model Penemuan Terbimbing (Discovery Learning). EDU-MAT: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1), 76–85. https://doi.org/10.20527/edumat.v4i1.2292

Meika, I., & Sujana, A. (2017). Kemampuan Berpikir Kreatif Dan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Sma. Jurnal Penelitian Dan Pembelajaran Matematika, 10(2), 8–13. https://doi.org/10.30870/jppm.v10i2.2025

Priatmoko, A. P., Karim, K., & Sukmawati, R. A. (2018). Mengembangkan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa melalui Pendekatan Matematika Realistik. EDU-MAT: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(1), 85–93. https://doi.org/10.20527/edumat.v6i1.5125

Rafika, A. S., Yunan Putri, H., & Widiarti, F. D. (2017). Sebagai Sumber Baru Untuk Kutipan. Cerita, 3(2), 13. https://core.ac.uk/download/pdf/285996222.pdf

Risdianto, E. (2019). Kepemimpinan Dalam Dunia Pendidikan Di Indonesia. Bengkulu: Universitas Bengkulu, April, 7.

Rohmawati, A., Holisin, I., & Kristanti, F. (2021). Model Pembelajaran Blended Learning: Kajian Meta-Analisis. JPMI: Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 4(6), 1453–1464. https://doi.org/10.22460/jpmi.v4i6.1453-1464

Rudyanto, H. E. (2016). Model Discovery Learning Dengan Pendekatan Saintifik Bermuatan Karakter Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif. Premiere Educandum : Jurnal Pendidikan Dasar Dan Pembelajaran, 4(01), 41–48. https://doi.org/10.25273/pe.v4i01.305

Saputra, H. (2018). Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Pada Siswa Sekolah. In Prosiding Seminar Nasional Penelitian, 521–526.

Winardi, A. (2016). Efektivitas Model Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Perbandingan Ditinjau Dari Kemampuan Matematika. Ekonomi Akuntansi, 01(08), 1–13.

Nugrahaeni, A., Redhana, I. W., & Kartawan, I. made A. (2017). Penerapan Model Discovery Learning Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Dan Hasil Belajar Matematika. Jurnal Basicedu, 3(1), 21–26. https://doi.org/10.31004/basicedu.v3i1.

Downloads

Published

2023-11-30

How to Cite

zikri, S. ., Maydawati, L., Yulianti, S., Islami, M. D. A., & Tresno, M. (2023). Meta Analisis : Pembelajaran Matematika Model Discovey Learning terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa. Journal of Development Education and Learning (JODEL), 2(1), 26–31. https://doi.org/10.31004/jodel.v1i2.24