Meta Analisis : Pengaruh Motivasi Belajar Siswa terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa
DOI:
https://doi.org/10.31004/jodel.v1i2.20Keywords:
Meta-analisis, Motivasi Belajar, Prestasi Belajar MatematikaAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh motivasi belajar siswa terhadap prestasi belajar matematika siswa, Metode penelitian ini adalah meta-analisis dengan meninjau beberapa artikel dari jurnal nasional yang dapat diakses secara online melalui publish or perish. Penelitian meta-analisis ini menggunakan 6 sampel artikel yang relevan pada jurnal tentang motivasi belajar siswa terhadap prestasi belajara matematika siswa. Hasil penelitian ini menyatakan bahwa nilai rata-rata ES metode Pendekatan ex post facto berada pada efek tinggi, dan nilai rata-rata ES metode statistik berada pada efek sedang. Berarti pengaruh motivasi belajar terhadap prestasi belajar siswa memiliki rata-rata ES=1,20 dengan kriteria efek tinggi.
References
Djamaluddin, A., & Wardana. (2019). Belajar Dan Pembelajaran. In CV Kaaffah Learning Center.
Kurniawan, D., & Wustqa, D. U. (2014). Pengaruh Perhatian Orangtua, Motivasi Belajar, Dan Lingkungan Sosial Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa Smp. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 1(2), 176. https://doi.org/10.21831/jrpm.v1i2.2674
Mayasari, A., Pujasari, W., Ulfah, U., & Arifudin, O. (2021). Pengaruh Media Visual Pada Materi Pembelajaran Terhadap Motivasi Belajar Peserta Didik. Jurnal Tahsinia, 2(2), 173–179. https://doi.org/10.57171/jt.v2i2.303
Ningsih, S., Haryaka, U., & Watulingas, J. R. (2019). Pengaruh Motivasi, Lingkungan Belajar, Dan Sikap Siswa Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VII SMP Negeri 22 Samarinda. Primatika : Jurnal Pendidikan Matematika, 8(1), 43–54. https://doi.org/10.30872/primatika.v8i1.140
Slameto. (2013). Belajar dan Faktor- Faktor Yang mempengaruhinya. Ja- karta: Rineka Cipta
Sembiring, R., & Situmorang, J. (2015). Pengaruh Model Pembelajaran dan Gaya Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika. Jurnal Teknologi Pendidikan, 8(1), 127–140
Sembiring, R., & Situmorang, J. (2015). Pengaruh Model Pembelajaran Dan Gaya Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika. Jurnal Teknologi Pendidikan (JTP), 8(1), 127–140. https://doi.org/10.24114/jtp.v8i1.3316
Sholihah, N., Hartatik, S., Akhwani, A., & Sunanto, S. (2021). Pengaruh Motivasi Orang Tua Terhadap Prestasi Belajar Matematika Saat Pandemi Covid 19 di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(4), 2482–2488. https://jbasic.org/index.php/basicedu/article/view/1204
Turmuzi, M., & Hikmah, N. (2021). Hubungan Pembelajaran Daring Google Classroom pada Masa COVID-19 dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa Pendidikan Matematika. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 05(02), 1512–1523.
Waritsman, A. (2020). Hubungan Motivasi Belajar dengan Prestasi Belajar Matematika Siswa. Tolis Ilmiah; Jurnal Penelitian, 1(2), 124–129.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 nelfa riza, Febriyanti Alicia Sianipar, Radhiatul Asna, Dwi Yulandari, Diah Fauziah, Daliyah Narayani
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Ciptaan disebarluaskan di bawah a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License