Meta Analisis : Pengaruh Motivasi Belajar Siswa terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa

Authors

  • nelfa riza universitas pahlawan tuanku tambusai
  • Febriyanti Alicia Sianipar Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai
  • Radhiatul Asna Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai
  • Dwi Yulandari Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai
  • Diah Fauziah Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai
  • Daliyah Narayani Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai

DOI:

https://doi.org/10.31004/jodel.v1i2.20

Keywords:

Meta-analisis, Motivasi Belajar, Prestasi Belajar Matematika

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh motivasi belajar siswa terhadap prestasi belajar matematika siswa, Metode penelitian ini adalah meta-analisis dengan meninjau beberapa artikel dari jurnal nasional yang dapat diakses secara online melalui publish or perish. Penelitian meta-analisis ini menggunakan 6 sampel artikel yang  relevan pada jurnal tentang motivasi belajar siswa terhadap prestasi belajara matematika siswa. Hasil penelitian ini menyatakan bahwa  nilai rata-rata ES metode Pendekatan ex post facto berada pada efek tinggi, dan nilai rata-rata ES metode statistik berada pada efek sedang. Berarti pengaruh motivasi belajar terhadap prestasi belajar siswa memiliki rata-rata ES=1,20 dengan kriteria efek tinggi.

References

Djamaluddin, A., & Wardana. (2019). Belajar Dan Pembelajaran. In CV Kaaffah Learning Center.

Kurniawan, D., & Wustqa, D. U. (2014). Pengaruh Perhatian Orangtua, Motivasi Belajar, Dan Lingkungan Sosial Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa Smp. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 1(2), 176. https://doi.org/10.21831/jrpm.v1i2.2674

Mayasari, A., Pujasari, W., Ulfah, U., & Arifudin, O. (2021). Pengaruh Media Visual Pada Materi Pembelajaran Terhadap Motivasi Belajar Peserta Didik. Jurnal Tahsinia, 2(2), 173–179. https://doi.org/10.57171/jt.v2i2.303

Ningsih, S., Haryaka, U., & Watulingas, J. R. (2019). Pengaruh Motivasi, Lingkungan Belajar, Dan Sikap Siswa Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VII SMP Negeri 22 Samarinda. Primatika : Jurnal Pendidikan Matematika, 8(1), 43–54. https://doi.org/10.30872/primatika.v8i1.140

Slameto. (2013). Belajar dan Faktor- Faktor Yang mempengaruhinya. Ja- karta: Rineka Cipta

Sembiring, R., & Situmorang, J. (2015). Pengaruh Model Pembelajaran dan Gaya Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika. Jurnal Teknologi Pendidikan, 8(1), 127–140

Sembiring, R., & Situmorang, J. (2015). Pengaruh Model Pembelajaran Dan Gaya Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika. Jurnal Teknologi Pendidikan (JTP), 8(1), 127–140. https://doi.org/10.24114/jtp.v8i1.3316

Sholihah, N., Hartatik, S., Akhwani, A., & Sunanto, S. (2021). Pengaruh Motivasi Orang Tua Terhadap Prestasi Belajar Matematika Saat Pandemi Covid 19 di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(4), 2482–2488. https://jbasic.org/index.php/basicedu/article/view/1204

Turmuzi, M., & Hikmah, N. (2021). Hubungan Pembelajaran Daring Google Classroom pada Masa COVID-19 dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa Pendidikan Matematika. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 05(02), 1512–1523.

Waritsman, A. (2020). Hubungan Motivasi Belajar dengan Prestasi Belajar Matematika Siswa. Tolis Ilmiah; Jurnal Penelitian, 1(2), 124–129.

Downloads

Published

2023-12-01

How to Cite

riza, nelfa, Sianipar, F. A. ., Asna, R., Yulandari, D., Fauziah, D., & Narayani, D. (2023). Meta Analisis : Pengaruh Motivasi Belajar Siswa terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa. Journal of Development Education and Learning (JODEL), 2(1), 1–5. https://doi.org/10.31004/jodel.v1i2.20