Analisis Psikologi Anak Selama Belajar Online dimasa Pandemi Covid-19

Authors

  • Muhammad Hakim Asyqar Syahrizal Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai
  • Wida Rianti Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai

DOI:

https://doi.org/10.70437/jodel.v1i1.11

Keywords:

Psikologi Anak, Belajar Online

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaiman Menganalisis Psikologi Anak Selama Belajar Online bagi Siswa SDN 005 Langgini Bangkinang di masa pandemi covid-19. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif.Sumber ini berasal dari beberapa siswa SDN 005 Langgini Bangkinang.Data penelitian diambil melalui wawancara secara langsung kepada Narasumber bersangkutan.penelitian menunjukkan terdapat beberapa penelitian berupa meneliti dan menganalisis Psikologi Siswa sekolah dasar selama belajar online selama masa pandemi COVID-19.penelitian di laksanakan langsung dirumah Narasumber bersangkutan,dan Subjek penelitian adalah Siswa SDN 005 Langgini Bangkinang.Dan kesimpulan bisa diambil dari wawancara tersebut ialah Terkadang mereka megalami kendala ketika tugas menumpuk,mereka terkadang tidak tepat waktu dalam mengirimkan tugas tersebut dikarenakan terlalu banyak tugas yang diberikan oleh guru tersebut. Selama belajar daring  dirumah mereka terkadang mendaptkan pengalaman baru seperti senang bisa dirumah dikarenakan bisa bermain bareng keluarga dan ada beberapa siswa yang mendapatkan pengalaman diganggu adek selama belajar online dirumah.

References

Aina, M. (2016). Pengembangan Multimedia Interaktif Menggunakan Camtasia Studio 8 Pada Pembelajaran Biologi Materi Kultur Jaringan Untuk Siswa SMA Kelas XI MIA. Biodik, 2(1).

Anggrawan, A. (2019). Analisis Deskriptif Hasil Belajar Pembelajaran Tatap Muka dan Pembelajaran Online Menurut Gaya Belajar Mahasiswa. MATRIK: Jurnal Manajemen, Teknik Informatika Dan Rekayasa Komputer, 18(2), 339-346. https://doi.org/10.30812/matrik.v18i2.411

Anggereini, E. (2017). Pengembangan E-Modul Pembelajaran Lingkungan Hidup Terintegrasi Nilai-Nilai Perilaku Pro Environmental dengan Aplikasi 3D Page flip Profesional untuk Siswa SMA Sebagai Upaya Menjaga Lingkungan Hidup Berkelanjutan (Sustainable Environment). BIODIK, 3(2), 81-91.

https://doi.org/10.22437/bio.v3i2.5499

Anggrawan, A. (2019). Analisis Deskriptif Hasil Belajar Pembelajaran Tatap Muka dan Pembelajaran Online Menurut Gaya Belajar Mahasiswa. MATRIK: Jurnal Manajemen, Teknik Informatika Dan Rekayasa Komputer, 18(2), 339-346. https://doi.org/10.30812/matrik.v18i2.411

UNESA. 2000. Pedoman Penulisan Artikel Jurnal, Surabaya: Lembaga Penelitian Universitas Negeri Surabaya. http://www.cecepdarmawan.com/2020/03/pakar-pembelajaran-daring-jangan.html

Downloads

Published

2023-05-15

How to Cite

Syahrizal, M. H. A., & Rianti, W. (2023). Analisis Psikologi Anak Selama Belajar Online dimasa Pandemi Covid-19. Journal of Development Education and Learning (JODEL), 1(1), 22–26. https://doi.org/10.70437/jodel.v1i1.11

Issue

Section

Articles