Meningkatkan Kemampuan Siswa Pembelajaran Matematika Materi Operasi Penjumlahan Bilangan 1-10 Melalui Model Picture and Picture

Authors

  • Yuaizah Yuaizah SDN 004 Sungai Besar

DOI:

https://doi.org/10.31004/jodel.v2i1.93

Keywords:

Pembelajaran Matematika, Penjumlahan Bilangan 1-10, Model Picture And Picture

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh masih rendahnya hasil belajar Matematika siswa Kelas I SDN 004 Sungai Besar Kabupaten Kuantan Singingi. Telah dilaksanakan penelitian tindakan kelas I SDN 004 Sungai Besar Kabupaten Kuantan Singingi dengan tujuan meningkatkan hasil belajar matematika melalui penggunaan model pembelajaran picture and picture. Pembelajaran selama ini berlangsung secara konvensional, hal ini mengakibatkan hasil pembelajaran belum maksimal sesuai dengan harapan. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan selama dua siklus dengan setiap siklus dua kali pertemuan. Setiap kali pertemuan proses pembelajaran dengan menggunakan media gambar. Sebagai alat pengumpul data adalah tes hasil belajar dan lembar kerja siswa dengan langkah-langkah perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi, evaluasi dan refleksi untuk setiap siklus Berdasarkan hasil observasi aktivitas siswa siklus I, persentase rata-rata aktivitas siswa adalah 80,28% yang berada pada kategori kurang untuk itu masih diperlukan upaya lebih mengaktifkan siswa dalam kelompok sehingga dapat mencapai skor ideal yaitu 80% dengan kategori baik. Hasil observasi aktivitas guru dalam kegiatan belajar mengajar pada siklus II berada pada kategori sangat baik dengan persentase 90%. Artinya evaluasi kegiatan mengajar sudah sangat baik dengan ditentukan sebesar 95%. Meskipun demikian masih ada beberapa indikator yang perlu ditingkatkan pencapaiannya.

References

Basuki Wibawa, (1993). Media Pengajaran. Jakarta: Dirjen Dikti Proyek Pembinaan Tenaga Kependidikan.

Djamarah, Syaiful Bahri, 2006. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta : PT Rineka Cipta

Gardner, Howard. Hatch, Thomas. (1989). Multiple Intelligences Go to School Educational Implications of the Theory of Multiple Intelligence. Educational Researcher. Vol. 18. No. 8. pp. 4-10.

Kemmis, S. dan MC. Toggart.R. (Ed.1988). The Action Resesarch Planner.Deakin. Deakin University: Australia

Miarso. 1980. Menyemai Benih Teknologi Pendidikan. Jakarta: Prenada Media.

Nana Sudjana. 1991. Teori-Teori Belajar Untuk Pengajaran. Jakarta : FEUI

Nasution, Mulia. 1994. Manajemen Personalia: Aplikasi dalam Perusahaan. Djambatan, Jakarta.

Slameto. (2003). Belajar dan Faktor-faktor yang mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Downloads

Published

2024-01-30

How to Cite

Yuaizah, Y. (2024). Meningkatkan Kemampuan Siswa Pembelajaran Matematika Materi Operasi Penjumlahan Bilangan 1-10 Melalui Model Picture and Picture . Journal of Development Education and Learning (JODEL), 2(1), 290–295. https://doi.org/10.31004/jodel.v2i1.93