Peningkatan Hasil Belajar Tematik Terpadu Menggunakan video Pembelajaran

Authors

  • Repnida Repnida SDN 01 Sungai Barameh

DOI:

https://doi.org/10.31004/jodel.v2i1.92

Keywords:

Pembelajaran tematik, Penggunaan video pembelajaran

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar tematik terpadu menggunakan video pembelajaran bagi siswa kelas V  SDN 01 Sungai Barameh Kecamatan Dua Koto. Penelitian Tindakan kelas ini dilaksanakan pada tema 3 Peduli Terhadap Makhluk Hidup, Subtema 1 Hewan dan Tumbuhan di lingkungan Rumahku ” dengan menggunakan media video. Analisis data dilakukan terhadap data yang telah direduksi baik data perencanaan, pelaksanaan, maupun data evaluasi. Analisis data dilakukan dengan cara terpisah-pisah. Hal ini dimaksudkan agar dapat ditemukan berbagai informasi yang spesifik dan terfokus pada berbagai informasi yang mendukung pembelajaran dan yang menghambat pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus II terjadi peningkatan yang signifikan yaitu 2 orang siswa yang mencapai kategori sangat baik dengan persentase (50%). Sedangkan ada 2 orang siswa yang mencapai kategori baik dengan persentase (50%). Hasil belajar siswa meningkat dengan adanya berbantuan audio visual membantu  siswa untuk lebih memahami pembelajaran dengan melihat contoh langsung melalui video.

References

Ahmad Rohani. (1997). Media Intruksional Edukatif. Jakarta: PT Rineka Cipta

Arief. S. Sadiman. dkk. (2003). Media Pendidikan. Jakarta: PT Raja Garafindo Persada Azhar Arsyad (2003) Media Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo

Depdiknas ( 2006 ) Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta: Depdiknas

(http://suryo.worpress.com/2008/02/01)

http://209.85.175.104/searc?q=cache-fwfl8cibNcJ:www.umm.ac.id. Download 16/03/2008 RitawatiMahyudin,YettyAriani.(1992).MetodologiPenelitianTindakanKelas.Padang:FIP UNP

Santi Dewiki, Sri Yuniati. (2006). Ilmu Alamiah Dasar. Jakarta: Universitas Terbuka

Susanto. 2007. Pengembanagan KTSP dengan Perspektif Manajemen Visi. Jakarta: Mata Pena

Syaiful Bahri Djamarah, Azwan Zain. (2006). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta. PT Rine

Downloads

Published

2024-01-30

How to Cite

Repnida, R. (2024). Peningkatan Hasil Belajar Tematik Terpadu Menggunakan video Pembelajaran . Journal of Development Education and Learning (JODEL), 2(1), 284–289. https://doi.org/10.31004/jodel.v2i1.92