Peningkatan Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran Biologi Melalui Show Portfolio

Authors

  • Riri Minirianti SMAN 2 Gunung Sahilan

DOI:

https://doi.org/10.31004/jodel.v2i1.90

Keywords:

Show Portofolio, Pembelajaran Biologi

Abstract

Meningkatkan keterampilan berbicara pada siswa kelas X SMAN 2 Gunung Sahilan dengan menggunakan show portofolio. Penelitian tindak kelas (PTK) ini bertujuan untuk memecahkan masalah pada kemampuan siswa dalam berbicara menggunakan biologi. Penelitian ini dilakukan dalam 2 siklus dimana setiap siklus terdiri dari tahap perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Dalam mendapatkan data, peneliti menggunakan metode kualitatif and kuantitatif. Data kualitatif didapatkan melalui observasi dan interview, sedangkan data kuantitatif didapatkan melalui tes (pre tes dan pos tes) dan kuesioner. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa penggunaan show portofolio telah sukses, sejak kriteria sukses tercapai. Kriteria pertama adalah 75% siswa mencapai target nilai ≥ 65 yang berdasarkan KKM. Hasil dari penelitian menunjukan bahwa 84.21% siswa telah mencapai target nilai KKM. Di samping itu kriteria yang ke dua adalah siswa menjadi lebih aktif pada saat proses belajar mengajar, maka dari hasil observasi, interview, dan questioner menunjukan bahwa dengan menggunakan show portofolio, siswa menjadi lebih aktif dalam proses belajar mengajar.

References

Boeckel, J. van, Jolly, L., & Slåttli, S. (2017). Biology, Art and Sustainability. Artizein: Arts and Teaching …, II(Ii), 299–313. https://research.hanze.nl/en/publications/biology-art-and-sustainability

Dewirsyah, A. R. (2021). Improving Reading Comprehension Ability with the Think Pair Share Cooperative Learning Model and Library Utilization of Writing Skills Courses in the Department of …. … International Research and Critics Institute (BIRCI …, 2014, 10342–10359. http://www.bircu-journal.com/index.php/birci/article/view/3074

Mutiara, C. (2011). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Biologi Dengan Metode Tps Disertai Eksperimen Pada Siswa Sman 1 Batanghari Lampung Timur. BIOEDUKASI (Jurnal Pendidikan Biologi), 2(1). https://doi.org/10.24127/bioedukasi.v2i1.198

Setiyaningsih, D., Poedjiastoeti, S., Atweh, B., & Raharjo. (2012). Pendidikan Sains Pascasarjana Universitas Negeri Surabaya Promoting Responsible Environmental Behavior Of Students In Biology Department By The Implementation Of Environmental Education. JPPS (Jurnal Penelitian Pendidikan Sains), 2(1), 175–180.

Viera Valencia, L. F., & Garcia Giraldo, D. (2019). BIOEDUCA: Environmental education in the initial years of elementary education. Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952., 2(3), 1–13.

Farr, R. And Tone, B. Portofolio and Perfomance Assessment Helping Students Evaluate their Progress as reader and Writers, Second Edition; USA: Harcourt Brace Collage Publishers, 1998.

Garcia, A; Portofolio Assessment and Science, 2000. http://www. education. shu. edu/ portofolios/AGarcia/portofoliosassessmet.html (10 September 2010)

Haris, R; Introduction to Creative Thinking, 1998. http://www. virtualsalt. com/ crebook 1. html (10 September 2010)

Haryati, M. Model dan teknik Penilaian Pada Tingkat Satuan Pendidikan, Jakarta: Gaung Persada Press, 2007.

Hassoubah, Z.I. Mengasah Fikiran Kreatif dan Kritis, Bandung: Nuansa.

Johnson, E.B. Contekstual Teaching and Learning, Bandung: MLC, 2007

Johnson, L and Lamb, A; Critical and Creative Thinking - Bloom’s Taxonomy.2000 http://educapes.com/tap/topic69.html (12 September 2010).

Mahanal, S; PORTOFOLIO SEBAGAI ASESMEN OTENTIK, 2007 http://lubisgrafura.wordpress.com/portofolio-sebagai-asesmen-otentik/html (12 September 2010).

Munandar, U. Pengembangan Kreativitas Anak Berbakat, Jakarta: PT. Rineka Cipta, 1999.

Rose, C. dkk. Super Accelerated Learning, Bandung: Jabal, 2008.

Rusbult, C. Creative thinking Skills For Life and Educations (teaching creativity), 2001. http://www.asa3.org/ASA/aducation/think/ creative/html (12 September 2010).

Downloads

Published

2024-01-30

How to Cite

Minirianti, R. (2024). Peningkatan Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran Biologi Melalui Show Portfolio . Journal of Development Education and Learning (JODEL), 2(1), 274–283. https://doi.org/10.31004/jodel.v2i1.90