Meningkatkan Pemahaman Membaca Siswa Teks Deskriptif dengan Menggunakan Strategi Rainbow Card in Feedback

Authors

  • Kiki Oktavia SMPN 1 Kerumutan

DOI:

https://doi.org/10.31004/jodel.v2i1.89

Keywords:

Pemahaman Membaca, Teks Deskriptif, Kartu Pelangi, strategi rainbow card in feedback

Abstract

Penelitian Tindakan kelas ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman membaca teks deskriptif siswa dengan menggunakan strategi rainbow card in feedback dengan subjek penelitian siswa SMPN 1 Kerumutan kelas VII tahun ajaran 2022/2023.. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data kualitatif dan kuantitatif yang dikumpulkan dengan menggunakan lembar wawancara, observasi, bukti fotografi, dan tes membaca. Penelitian yang dilaksanakan dalam dua siklus ini terdiri dari empat Langkah; perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terjadi peningkatan pemahaman membaca siswa. Nilai rata-rata pre-test adalah 44,6, pada siklus pertama adalah 64,6, pada siklus kedua adalah 80, hal ini menunjukkan bahwa nilai dan rata-rata pada siklus kedua lebih baik dari pada siklus pertama. Persentase siswa yang mendapat poin 70 atau lebih juga meningkat. Pada pre-test siklus I tidak ada siswa yang mendapat nilai 70. Pada post test siklus I siswa yang mendapat nilai 70 atau lebih ada 26 siswa (52%), artinya terjadi peningkatan. sekitar 52%. Post-test siklus II siswa yang mendapat nilai 70 atau lebih sebanyak 42 siswa (84%) dan peningkatannya sekitar 32%. Nilai lembar observasi adalah 4 (sangat baik). Para siswa menaruh perhatian dan juga merasakan semangat dalam mengerjakan tes membaca, dan siswa lebih tertarik, menikmati, dan antusias dalam mengerjakan tugas tersebut dengan menggunakan strategi rainbow card in feedback dan menciptakan situasi yang mendukung selama proses belajar-mengajar, hal ini dapat dilihat pada hasilnya. Dari bukti wawancara dan fotografi menunjukkan bahwa kelas hidup dan aktif.

References

A. Casquejo, M. (2023). Perceived Effectiveness of Revised Sq3R Reading Strategy and Reading Comprehension in the Transition Phase of in Person Class Towards Performance in English. International Journal of Research Publications, 126(1), 528–543. https://doi.org/10.47119/ijrp1001261620224988

Elias, B. M. I., & Abbas, H. A. H. (2008). Modern Techniques of Teaching Reading Skills Prepared. 1–18.

Hanafi, M. O. H., & Septiana, A. Y. U. R. (2022). DRTA Strategy On Students ’ Reading Comprehension. 9(1), 543–554.

Krishnan, G., Rahim, R. A., Marimuthu, R., Abdullah, R. Bin, Mohamad, F., & Jusoff, K. (2009). The Language Learning Benefits of Extensive Reading: Teachers Should Be Good Role Models. English Language Teaching, 2(4), 107–116. https://doi.org/10.5539/elt.v2n4p107

Kuşdemir, Y., & Bulut, P. (2018). The Relationship between Elementary School Students ’ Reading Comprehension and Reading Motivation. 6(12), 97–110. https://doi.org/10.11114/jets.v6i12.3595

Munfadlila, A. W. (2023). Listen–Read–Discuss (Lrd) Strategy Improve Reading Comprehension To Nursing Students. Jurnal Education and Development, 11(2), 134–138. https://doi.org/10.37081/ed.v11i2.4708

Ostojić, A. B. (2023). Reading Comprehension Processes : A Review Based On Theoretical Models And Research Methodology. https://doi.org/10.31299/hrri.59.1.8

Raajitha, R. (2021). Enrichment Of Language And Critical Thinking Skills Through. 8(6), 119–125.

Raynaldo, M. T., & Panjaitan, N. B. (2022). Meta Analysis on The Correlation Between Listen-Read-Discuss (L-R-D) and Reading Comprehension. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(11), 5264–5270. https://doi.org/10.54371/jiip.v5i11.1257

Sambodo, G. S., Sundari, S., & Wahjuningsih, E. (2022). The Use of Listen-Read-Discuss (L-R-D) Strategy to Improve the Students’ Reading Comprehension at MAN 2 Banyuwangi. Pancaran Pendidikan, 11(2), 53–62. https://doi.org/10.25037/pancaran.v11i2.394

Setianingsih, R. (2016). Assessment To Improve Reading Comprehension. Journal of English Language Teaching, 3(2), 83–89.

Sulaiman, Puspidalia, Y. S., Susanty, L., Lubis, I. A., Yunidar, & Talib, J. (2023). A Systematic Review of LRD (Listen-Read-Discuss) Strategy to Teaching Reading. Journal of Higher Education Theory and Practice, 23(5), 91–105. https://doi.org/10.33423/jhetp.v23i5.5927

Syamsir, N. F., Astri, Z., Suhartina, S., & Noer, F. (2021). Improving reading comprehension skill through Listen-Read-Discuss (LRD) learning strategy. Journal of Science and Education (JSE), 1(2), 60–71. https://doi.org/10.56003/jse.v1i2.28

Tarchi, C. (2017). Comprehending and recalling from text : The role of motivational and cognitive factors. 27(3), 600–619.

Tawali, T. (2021). Improving Students’ Reading Comprehension Through Listen-Read-Discuss (LRD) Strategy. Jurnal Paedagogy, 8(3), 322. https://doi.org/10.33394/jp.v8i3.3852

Wang, Y. H. (2016). Reading strategy use and comprehension performance of more successful and less successful readers: A think-aloud study. Kuram ve Uygulamada Egitim Bilimleri, 16(5), 1789–1813. https://doi.org/10.12738/estp.2016.5.0116

Downloads

Published

2024-01-30

How to Cite

Oktavia, K. (2024). Meningkatkan Pemahaman Membaca Siswa Teks Deskriptif dengan Menggunakan Strategi Rainbow Card in Feedback . Journal of Development Education and Learning (JODEL), 2(1). https://doi.org/10.31004/jodel.v2i1.89