Meningkatkan Keterampilan Membaca Siswa Dengan Menggunakan Strategi Sketch To Stretch

Authors

  • Tuti Harianti SMPN 5 Tambang

DOI:

https://doi.org/10.31004/jodel.v2i1.87

Keywords:

Strategi Sketch to Stretch, Kemampuan Pemahaman Membaca Siswa

Abstract

Penelitian ini memiliki tujuan adalah untuk meningkatkan keterampilan pemahaman membaca siswa dengan menggunakan strategi sketch to stretch. Penelitian Tindakan kelas ini dilaksanakan di kelas IX SMPN 1 Batangahari. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus Dimana setiap siklusnya terdiri dari perencanaan, tindakan, Observasi dan refleksi. Dalam pengumpulan data, penulis menggunakan test, observasi, dokumentasi dan catatan lapangan. Penelitian ini menggunakan Teknik analisis data kualitatif dan kuantitatif. Setelah data diteliti, hasil penelitian ini dapat dipaparkan bahwa hasil pre-test hanya 16% siswa yang dapat memenuhi Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM) dengan rata-rata 45. hal ini dapat dikatakan bahwa hasil pre-test tidak memuaskan. Dan hasil post-test I adalah 37% siswa yang dapat memenuhiKKM dengan rata-rata 64. Kemudian, hasil post-test II adalah 78% siswa yang dapat memenuhi KKM dengan rata-rata 74. Hal ini dapat disimpulkan bahwa penggunaan strategy sketch to stretch dapat digunakan untuk meningkatkan kemampuan pemahaman membaca siswa pada kelas IX SMPN 5 Tambang tahun ajaran 2023/2024.

References

A. Casquejo, M. (2023). Perceived Effectiveness of Revised Sq3R Reading Strategy and Reading Comprehension in the Transition Phase of in Person Class Towards Performance in English. International Journal of Research Publications, 126(1), 528–543. https://doi.org/10.47119/ijrp1001261620224988

Dewirsyah, A. R. (2021). Improving Reading Comprehension Ability with the Think Pair Share Cooperative Learning Model and Library Utilization of Writing Skills Courses in the Department of …. … International Research and Critics Institute (BIRCI …, 2014, 10342–10359. http://www.bircu-journal.com/index.php/birci/article/view/3074

Dharmawan, I. K. S., & Putra, I. D. G. R. D. (2020). Improving siswa’ Participation And Motivation In Reading Comprehension Through Reciprocal Teaching. Jurnal Penjaminan Mutu, 6(1), 23. https://doi.org/10.25078/jpm.v6i1.935

Elias, B. M. I., & Abbas, H. A. H. (2008). Modern Techniques of Teaching Reading Skills Prepared. 1–18.

Hanafi, M. O. H., & Septiana, A. Y. U. R. (2022). DRTA Strategy On siswa ’ Reading Comprehension. 9(1), 543–554.

Krishnan, G., Rahim, R. A., Marimuthu, R., Abdullah, R. Bin, Mohamad, F., & Jusoff, K. (2009). The Language Learning Benefits of Extensive Reading: Teachers Should Be Good Role Models. English Language Teaching, 2(4), 107–116. https://doi.org/10.5539/elt.v2n4p107

Kuşdemir, Y., & Bulut, P. (2018). The Relationship between Elementary School siswa ’ Reading Comprehension and Reading Motivation. 6(12), 97–110. https://doi.org/10.11114/jets.v6i12.3595

Nurhidayat, E., & Rofi’i, A. (2019). Developing English Supplementary Materials through Instructional Conversations. Vision: Journal for Language and Foreign Language Learning, 8(2), 156–168. https://doi.org/10.21580/vjv8i24431

Sambodo, G. S., Sundari, S., & Wahjuningsih, E. (2022). The Use of Listen-Read-Discuss (L-R-D) Strategy to Improve the siswa’ Reading Comprehension at MAN 2 Banyuwangi. Pancaran Pendidikan, 11(2), 53–62. https://doi.org/10.25037/pancaran.v11i2.394

Samhudi. (2022). The Use Of Sketch-To-Stretch Strategy In Teaching Reading Comprehension. Pedagogika: Jurnal Ilmu-Ilmu Kependidikan, 2(2), 1–4. https://doi.org/10.57251/ped.v2i2.663

Science, A., Mitra, A., Jl, G., & Email, R. (2016). The Effect Of Jigsaw Ii Toward Learning Motivation And Reading. Jurnall IPTEKS Terapan, 2, 40–58.

Wan, W. S., Shanthi, A., Mello, D., Mara, T., & Mara, U. T. (2019). Impact of social media on reading comprehension among undergraduates. 28(8), 457–470.

Weadman, T., Serry, T., & Snow, P. C. (2022). Oral Language and Emergent Literacy Strategies Used by Australian Early Childhood Teachers During Shared Book Reading.

Yunus, M. M., Nordin, N., Salehi, H., Sun, C. H., & Embi, M. A. (2013). Pros and cons of using ICT in teaching ESL reading and writing. International Education Studies, 6(7), 119–130. https://doi.org/10.5539/ies.v6n7p119

Yunus, Y., Makassar, U. N., Dollah, S., Makassar, U. N., & Makassar, U. N. (2021). The Use of Four-Square Technique to Improve siswa’ Writing Ability. Jurnal Bahasa, Sastra, Dan Budaya Tamaddun Life, 20(1), 1–14.

Downloads

Published

2024-01-30

How to Cite

Harianti, T. (2024). Meningkatkan Keterampilan Membaca Siswa Dengan Menggunakan Strategi Sketch To Stretch. Journal of Development Education and Learning (JODEL), 2(1), 246–257. https://doi.org/10.31004/jodel.v2i1.87