Analisis Kesulitan Belajar Matematika Dan Alternatif Pemecahannya Pada Siswa Kelas IV SD Negeri 015 Pangkalan Tampoi
DOI:
https://doi.org/10.70437/jodel.v2i2.82Keywords:
Kesulitan belajar, operasi hitung bilangan bulat, soal ceritaAbstract
Masih banyaknya siswa kelas IV SD Negeri 015 Pangkalan Tampoi yang mengalami kesulitan belajar dalam memahami operasi hitung bilangan bulat penjumlahan dan pengurangan yang disajikan dalam bentuk soal cerita dan kesulitan dalam operasi hitung perkalian dan pembagian. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kesulitan belajar matematika siswa kelas IV SD Negeri 015 Pangkalan Tampoi dan memberikan solusi atau alternatif penyelesaian untuk mengatasi kesulitan belajar tersebut. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri 015 Pangkalan Tampoi. Teknik pengumpulan data menggunakan studi dokumen. Hasil penelitian menunjukkan kesulitan belajar matematika berupa: 1) Kesulitan dalam mengerjakan penyelesaian penjumlahan dan pengurangan dalam bentuk soal cerita matematika; 2) Kesulitan dalam menyelesaikan operasi hitung perkalian dan pembagian matematika. Simpulan penelitian ini yaitu terdapat kesulitan belajar matematika pada siswa sekolah dasar berupa kesulitan dalam operasi hitung penjumlahan dan pengurangan yang disajikan dalam bentuk soal cerita dan kesulitan dalam operasi hitung perkalian dan pembagian.
References
Astuti, P. T., Rahmawati, E., & Seftiani, M. (2021). Jurnal Inovasi Penelitian. Jurnal Inovasi Penelitian, 1(10), 1–208. tps://www.neliti.com/id/publications/468626/pengaruh-pendidikan-kesehatan-reproduksi-pada- remaja-terhadap-perilaku-seksual-r
Utari, D. R. (2019). Analisis Kesulitan Belajar Matematika dalam Menyelesaikan Soal Cerita. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, Volume 3 N.
Asriyanti, F. D., & Purwati. I. S. (2020). Analisis Faktor Kesulitan Belajar Ditinjau dari Hasil Belajar Matematika Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Sekolah Dasar: Kajian Teori dan Praktik Pendidikan, 29(1), 79-87.
Cahyadi, Fajar., Wahyuningrum., & Sagala, Anita Chandra Dewi. (2021). Analisis Kesulitan Belajar Siswa Dalam Pemecahan Masalah Matematika Materi Operasi Hitung Perkalian dan Pembagian Kelas B SD Negeri Bandungrejo 01 Demak. Jurnal Pendidikan Dasar dan Menengah, 2(3), 275-278
Cahyadi, F., & Wakhyudin, H. (2020). Analisis Siswa Kelas II Sekolah Dasar dalam Menyelesaikan Soal Pemecahan Masalah Matematika Materi Perkalian dan Pembagian. Jurnal Gentala Pendidikan Dasar, 5(2), 183-190.
Cipta, R. R. P. (2019). Kesulitan Siswa Sekolah DasarBerkaitan dengan Soal-soal Pemecahan Masalah. In Prosiding Seminar Nasional & Call for Papers
Nasiruudin, Fatimah Az-Zahra., & Hayati. (2019). Analisis Kesulitan Menyelesaikan Soal Operasi Hitung Pecahan Pada Siswa Sekolah Dasar di Makassar. Journal of Education, Language Teaching And Science, 1(2), 23- 31.
Putri, D. A., Winarni, R., & Surya, A. (2021). Analisis Kesulitan Belajar Pemecahan Masalah Matematika Berdasarkan Newman Procedure pada Peserta Didik Kelas V Sekolah Dasar. Didaktika Dwija Indria, 9(3).
Ridho, Rizki Muhammad., & Danuari. (2020). Analisis Kesulitan Belajar Operasi Hitung Matematika Pada Siswa Kelas IV SD N Bugel Panjatan Kulon Progo. Jurnal Penelitian dan Artikel Pendidikan, 12(2), 67-76.
Sidiq, Geri Syahril., Maftuh, Ade., & Salimi, Moh. (2021). Analisis Kesulitan Belajar Matematika Pada Siswa Usia 6-8 Tahun. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 2179-2190.
Utari, Dian Rizky., Wardana, M. Yusuf Setia., & Damayani, Aries Tika. (2019). Analisis Kesulitan Belajar Matematika Dalam Menyelesaikan Soal Cerita. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 3(4), 534-540.
Zalima, Errina Ida., Njanji, Ferdianus Panggar., Lasmiatik., Agustina, Leni., Dela, Maria., & Ambarawati, Mika. (2020). Analisis Kesulitan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Operasi Hitung Pada Bilangan Pecahan Campuran. Jurnal Pendidikan dan Riset Matematika, 2(2), 46-54
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Abdul Rojak, Karyatin Karyatin, Yulianto Yulianto, Yuni Maharani, Uci Trisnawati

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Ciptaan disebarluaskan di bawah a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

