Peningkatan Kosakata Siswa Melalui Sketch And Label Organizer

Authors

  • Sisca Ningsih SMPN 38 Sijunjung

DOI:

https://doi.org/10.31004/jodel.v2i1.81

Keywords:

Strategi Sketch and label organizer, Kosakata, bahasa inggris

Abstract

Tujuan dari penelitian Tindakan kelas ini adalah untuk meningkatkan penguasaan kosakata siswa dengan menggunakan Sketch and label organizer di SMPN 38 Sijunjung. Penelitian ini dilakukan dengan subjek penelitian siswa kelas VII SMPN 38 Sijunjung yang berjumlah 23 siswa pada tahun ajaran 2023/2024. Data kualitatif diambil dari lembar observasi, wawancara, angket, dan dokumentasi. Data kuantitatif diambil dari tes yang dilaksanakan pada setiap akhir siklus. Tes yang diberikan kepada siswa berupa pre-test, post-test pada siklus I dan post-test pada siklus II. Hasil analisis data menunjukkan bahwa skor siswa meningkat dari pertemuan pertama yaitu siklus I hingga pertemuan terakhir yaitu siklus II. Hal ini terlihat dari rata-rata tes orientasi sebesar 47,82 terdapat 17,39% (4 siswa) yang mendapat nilai 68 diatas. Pada hasil post test siklus I, nilai rata-rata post test siklus I adalah 65,43, lebih tinggi dari tes orientasi. Terdapat 39,13% (9 siswa) yang mendapat poin 68 di atas. Persentase nilai siswa pada post test siklus I hingga tes orientasi mengalami peningkatan sebesar 21,74%. Pada post test siklus II rata-rata post test siklus II adalah 80,21 dan persentasenya 91,30% (21 siswa) yang mendapat poin 68 di atas. Peningkatan nilai siswa dari post test siklus I ke post test siklus II mengalami peningkatan sebesar 62,17%. Dengan kata lain, penguasaan kosakata siswa kelas VII SMPN 38 Sijunjung meningkat setelah menggunakan Sketch and label organizer.

References

Ali, S. (2017). The Siswa’ Interest on the Use of Vocabulary Self-Collection Strategy in Learning English Vocabulary. Journal of Language Teaching and Literature, 4(2), 165–174.

Amini, N., & Suyadi, S. (2020). Media Kartu Kata Bergambar Dalam Meningkatkan Kemampuan Kosakata Anak Usia Dini. PAUDIA : Jurnal Penelitian Dalam Bidang Pendidikan Anak Usia Dini, 9(2), 119–129. https://doi.org/10.26877/paudia.v9i2.6702

Dede Rizal Munir, Taufik Luthfi, & Ruswandaeni Eka Junita. (2023). the Use of Flash Card Media To Increasing Arabic Vocabulary Mastery. Jurnal Sosial Humaniora Dan Pendidikan, 2(3), 16–35. https://doi.org/10.55606/inovasi.v2i3.1981

Faturrachman, Y., & Pornawasari, T. (2022). Pelatihan Guru Di SDN 001 Salimbatu dalam Mengajar Bahasa Inggris dengan Mengenal Karakter Peserta Didik. Jurnal Benuanta, 1(1), 25–30. https://doi.org/10.61323/jb.v1i1.20

Hendrayani, I. L. (2022). Effect of flower writing strategy on writing skills of fable story text in mts Siswa. 5(1), 12–19.

Katemba, C. & Tampubolon, K. (2011). Improving Vocabualary Achievement Through Total Physical Response Among Grade Four Elementary School Pupils. Journal of Language Pedagogy, 1(2).

Mukoroli, J. (2011). Effective Vocabulary Teaching Strategies For The English For Academic Purposes Esl Classroom. English, 1(1), 53.

Mutiatun, S., & Alami, E. (2023). Media ajar pendamping bahasa inggris “let’s express” sebagai media dalam materi expression siswa SMP Kelas VII. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia Metalingua, 8(2), 146–149. https://doi.org/10.21107/metalingua.v8i2.22751

Nurarisda, Yulianti Natsir, R., & Burhanuddin, W. (2023). The Effectiveness of Flash Card Media in Improving Siswa’ English Vocabulary at SMP Negeri 2 Galesong Utara. Journal of Language Testing and Assessment, 3(1), 58–62. https://doi.org/10.56983/jlta.v3i1.333

Patria, L., Sudarsono, S., & Rosnija, E. (2020). the Use of Wall Charts As Media To Teach Vocabulary. Journal of English Educational Study (JEES), 3(2), 169–177. https://doi.org/10.31932/jees.v3i2.830

Sauhana, F. T. (2021). on Siswa ’ Writing Ability and Vocabulary Mastery. English Journal of Indragiri (EJI): Studies in Education, Literature, and Linguistics, 5(1), 15–27.

Setyawan, H., Arighi, R. A., & Isnanda, R. G. (2020). Designing a Fun English Vocabulary Card Application as a Means of Learning English Vocabulary for Elementary School Siswa. Emerging Information Science and Technology, 1(3), 119–125. https://doi.org/10.18196/eist.v1i3.13173

Subasno, Y., Densi, C., & Nini, K. (2021). Improving Vocabulary Reading Skills with Word Card and Picture Card for Moderate Intellectual Disabilities. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan Luar Biasa, 8(2), 17. https://doi.org/10.17977/um029v8i22021p17-23

Temaja, I. G. B. W. B. (2022). Gambar Sederhana Sebagai Media Pengenalan Bahasa Inggris Untuk Anak Usia Dini Di Sekolah Daerah Tertinggal. Widya Kumara: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 51. https://doi.org/10.55115/widyakumara.v3i1.2072

Downloads

Published

2024-01-30

How to Cite

Ningsih, S. (2024). Peningkatan Kosakata Siswa Melalui Sketch And Label Organizer. Journal of Development Education and Learning (JODEL), 2(1), 216–234. https://doi.org/10.31004/jodel.v2i1.81