Meningkatkan Kemampuan Menulis Teks Descriftif Siswa Melalui Guided Question

Authors

  • Yusnah Hasibuan SMP Babusalam Pekanbaru

DOI:

https://doi.org/10.31004/jodel.v2i1.80

Keywords:

Menulis, Teknik Guided question

Abstract

Menulis merupakan salah satu keterampilan berbahasa yang harus diajarkan selain keterampilan lainnya. Berdasarkan kurikulum sekolah menengah pertama yang direkomendasikan oleh pemerintah, ada beberapa teks yang harus dikuasai oleh siswa di sekolah menengah pertama. Salah satu teks tersebut adalah teks deskriptif. Teks deskriptif adalah teks yang menggambarkan sesuatu, seseorang, situasi, dan lain-lain atau menulis tentang bagaimana orang, tempat, atau sesuatu muncul. Dalam pembelajaran teks deskriptif, siswa mungkin mengalami kesulitan dalam mempelajarinya. Siswa mungkin bingung harus menulis apa padahal mereka mengetahui topik yang diberikan guru. Oleh karena itu, dalam penelitian ini, peneliti akan mencoba menerapkan Teknik Guided question. Model ini diharapkan dapat mengatasi permasalahan yang terjadi di lapangan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah pengajaran menulis teks deskriptif dengan menggunakan guided question efektif untuk meningkatkan keterampilan menulis siswa, untuk mengumpulkan persepsi dan kesan siswa terhadap proses guided question, dan untuk mengumpulkan hasil progresif dari partisipasi siswa dalam pembelajaran menulis. teks deskriptif pada kelas VIII SMP Babussalam Pekanbaru. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Babussalam Pekanbaru. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar tes bahasa Inggris, lembar observasi, lembar angket dan wawancara.Berdasarkan hasil penelitian penerapan pembelajaran keterampilan menulis (teks deskriptif) dengan menggunakan guided question mengalami peningkatan, Pada akhir siklus ketiga hasil posttest menunjukkan terdapat 43 siswa (100%) yang tuntas dalam KKM, Ada juga 100% siswa memahami materi, 100% siswa berpendapat bahwa guided question memudahkan mereka dalam membuat paragraf deskriptif, 88,37% siswa berpendapat bahwa guided question membuat mereka lebih kreatif dalam membuat paragraf deskriptif. Selain itu, respon siswa terhadap pembelajaran secara umum positif. Berdasarkan temuan tersebut, dapat disimpulkan bahwa penerapan guided question dapat meningkatkan kemampuan menulis siswa kelas VIII SMP Babussalam Pekanbaru.

References

Amrullah, L. H. (2020). Meningkatkan Partisipasi Membaca Dan Menulis Descriptive Siswa Kelas X Ms3 Sman 1 Narmada Dengan Penerapan Model Circ. JISIP (Jurnal Ilmu Sosial Dan Pendidikan), 4(3), 537–544. https://doi.org/10.58258/jisip.v4i3.1261

Aprilia, B., P, D. R. A., Widyaningsih, L., & Apriyanti, C. (2020). Analisis Kesulitan Mahasiswa dalam Mengembangkan Ide pada Basic Writing. Jurnal Penelitian Pendidikan, 12(1), 1–5. https://doi.org/10.21137/jpp.2020.12.1.1

Cheung, Y. L. (2014). Teaching writing. Teaching Language Skills, March, 113–134. https://doi.org/10.1007/978-3-319-38834-2

Darmawan, S, L., & Andrianti, A. (2018). Implementing Guided Question Technique To Increase Students’ Writing Skill. 116, 54–62.

Fitrawati, F., & Safitri, D. (2021). Students’ Grammatical Errors in Essay Writing: A Pedagogical Grammar Reflection. International Journal of Language Education, 5(2), 74. https://doi.org/10.26858/ijole.v5i2.16128

Hasani, A., Hendrayana, A., & Senjaya, A. (2017). Using Project-based Learning in Writing an Educational Article : An Experience Report. 5(6), 960–964. https://doi.org/10.13189/ujer.2017.050608

Housseine, B., & Oifaa, T. (2020). The Significance of English Scientific Writing Proficiency for Publishing Purposes: The Case of Moroccan EFL PhD Students at the Euromed University of Fes. Linguistic Forum-A Journal of Linguistics, November. http://www.linguisticforum.com/index.php/ling/article/view/52

Indriani, R., Zahrida, Z., & Hardiah, M. (2019). The Effect of Guided Question Technique on Students’ Writing Ability in Descriptive Text. Rabit : Jurnal Teknologi Dan Sistem Informasi Univrab, 1(1), 2019.

Jayanti, A. D. (2019). Students’ Writing Ability on English Descriptive Text at Grade VIII in SMPN 3 Padang. English Franca, 3(1), 71. https://core.ac.uk/download/pdf/237014945.pdf

Masrul, M. (2015). A Study Of Students’ Assessment In Writing Skills Of The English Language. Jurnal PAUD Tambusai, 2(2), 1–7.

Oates, L., & Oates, L. C. (2000). Seattle University School of Law Digital Commons Beyond Communication : Writing as a Means of Learning Beyond Communication : Writing as a Means of Learning. 1.

Omar, Y. Z. (2019). Teaching Pedagogical Grammar in Context to Enrich English Language Learners’ Academic Writing. International Journal of Linguistics, Literature and Translation (IJLLT), Volume: 2(Issue: 3). https://doi.org/10.32996/ijllt.2019.2.3.24

Samosir, E., Pane, I. I. I., & Siregar, M. (2019). Teacher’S Strategies in Teaching Writing Recount Text At Sma Negeri 1 Tebing Tinggi. Genre; Journal of Applied Linguistics, 8(2), 1–14.

Sembel, J. S. (2018). Developing Learner-Oriented English for Nursing Syllabus. Nursing Current Jurnal Keperawatan, 6(1), 60. https://doi.org/10.19166/nc.v6i1.1347

Tria Sauhana, F. (2020). the Use of Four-Square Writing To Improve the Writing Ability of Descriptive Texts By the First Year (X.1) Students of Sma Negeri 4 Pekanbaru. English Journal of Indragiri, 4(2), 233–252. https://doi.org/10.32520/eji.v4i2.1095

Vidianto, I. (2020). Meningkatkan Keterampilan Menulis Descriptive Text Dengan Menggunakan Media Games Adjective Word Order Pada Mata Pelajaran Bahasa Inggris Di Kelas X Sma Muhammadiyah 10 Surabaya. Prosiding National Simposium & Conference Ahlimedia, 1(1), 147–159. https://doi.org/10.47387/nasca.v1i1.27

Wijaya, M. A., Mulyani, S., & Nurwahida, N. (2022). Utilizing Four Square Writing Method in Improving Students’ Essay Writing Skill. IDEAS: Journal on English Language Teaching and Learning, Linguistics and Literature, 10(2), 1623–1634. https://doi.org/10.24256/ideas.v10i2.3100

Yunus, M. M., Nordin, N., Salehi, H., Sun, C. H., & Embi, M. A. (2013). Pros and cons of using ICT in teaching ESL reading and writing. International Education Studies, 6(7), 119–130. https://doi.org/10.5539/ies.v6n7p119

Yunus, Y., Makassar, U. N., Dollah, S., Makassar, U. N., & Makassar, U. N. (2021). The Use of Four-Square Technique to Improve Students’ Writing Ability. Jurnal Bahasa, Sastra, Dan Budaya Tamaddun Life, 20(1), 1–14.

Downloads

Published

2024-01-30

How to Cite

Hasibuan, Y. (2024). Meningkatkan Kemampuan Menulis Teks Descriftif Siswa Melalui Guided Question. Journal of Development Education and Learning (JODEL), 2(1), 181–187. https://doi.org/10.31004/jodel.v2i1.80