Peningkatan Kosakata Siswa Melalui Kartu Kosakata

Authors

  • Sri Andayani SMPN 1 Pagaran Tapah Darussalam

DOI:

https://doi.org/10.31004/jodel.v2i1.78

Keywords:

Kosakata, Kartu Kosakata

Abstract

Tujuan dari penelitian ini yaitu meningkatkan kosa kata siswa dengan menggunakan kartu kosakata yang dilakukan di kelas VII SMPN 1 Pagaran Tapah Darussalam sebagai subjek penelitian yang terdiri dari 30 siswa kelas satu. Penelitian tindakan kelas yang diterapkan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas kolaboratif dalam dua siklus dengan Langkah-langkah; perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Data dikumpulkan melalui data kualitatif dan kuantitatif. Data kualitatif diperoleh dengan menganalisis hasil wawancara dan observasi. Kemudian, data kuantitatif diperoleh dari skor kosakata siswa pada pretest dan posttest serta angket. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan penguasaan kosakata siswa, hal ini terlihat dari nilai rata-rata pretest sebesar 49,6, nilai rata-rata posttest siklus 1 sebesar 58,0 dan nilai rata-rata posttest siklus 2 adalah 66,3. Selain itu, terdapat 5 siswa (16,6 %) yang lulus KKM – Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) pada pre test. Sedangkan pada siklus 1 yang memenuhi Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) sebanyak 18 siswa (60%) dan diperoleh hasil bahwa pada posttest siklus 2 terdapat 26 siswa (86,6%) yang memenuhi Kriteria Ketuntasan Minimal, sehingga kriterianya adalah keberhasilan tercapai. Kemudian dari hasil angket menunjukkan adanya peningkatan respon positif dalam proses belajar mengajar kosakata melalui kartu kosakata. Rata-rata prakuesioner adalah 47%. Kemudian, rata-rata post kuesioner adalah 72,9%. Ini meningkat 25,9%. Selanjutnya hasil observasi dan wawancara menunjukkan bahwa siswa termotivasi dalam proses belajar mengajar selama penerapan kartu kosakata.

References

Amini, n., & suyadi, s. (2020). Media kartu kata bergambar dalam meningkatkan kemampuan kosakata anak usia dini. Paudia : jurnal penelitian dalam bidang pendidikan anak usia dini, 9(2), 119–129. Https://doi.org/10.26877/paudia.v9i2.6702

Anglistika, a. F. (2020). Lexical errors in second language academic writing. 19(1), 70–104.

Goodwin, a. P., petscher, y., & tock, j. (2020). Morphological supports: investigating differences in how morphological knowledge supports reading comprehension for middle school Siswas with limited reading vocabulary. 135(july), 121–135.

Indriani, r., zahrida, z., & hardiah, m. (2019). The effect of guided question technique on Siswas’ writing ability in descriptive text. Rabit : jurnal teknologi dan sistem informasi univrab, 1(1), 2019.

Juwita, i., & s. (2013). Using vocabulary self-collection strategy (vss) to increase mastery the junior high school Siswas’ vocabulary. Journal of english language teaching, 2(1), 127–135.

Li, m. Y. C., braze, d., kukona, a., johns, c. L., tabor, w., van dyke, j. A., mencl, w. E., shankweiler, d. P., pugh, k. R., & magnuson, j. S. (2019). Individual differences in subphonemic sensitivity and phonological skills. Journal of memory and language, 107(august), 195–215. Https://doi.org/10.1016/j.jml.2019.03.008

Mukoroli, j. (2011). Effective vocabulary teaching strategies for the english for academic purposes esl classroom. English, 1(1), 53.

Patria, l., sudarsono, s., & rosnija, e. (2020). The use of wall charts as media to teach vocabulary. Journal of english educational study (jees), 3(2), 169–177. Https://doi.org/10.31932/jees.v3i2.830

Pradana, g. R., & suryaman, m. (2021). The implementation of learning english vocabulary through asynchronous class. Project (professional journal of english education), 4(6), 1050–1056. Https://www.journal.ikipsiliwangi.ac.id/index.php/project/article/view/7565

Renaldo, m. F., & fadloeli, o. (2021). The effectiveness of using debate technique in teaching speaking skill. 4(6), 979–984.

Setyaningrum, r. R., & fatmawaty, r. (2020). The prepositional errors in Siswas’ writing. Jo-elt (journal of english language teaching) fakultas pendidikan bahasa & seni prodi pendidikan bahasa inggris ikip, 7(1), 41. Https://doi.org/10.33394/jo-elt.v7i1.2627

Setyawan, h., arighi, r. A., & isnanda, r. G. (2020). Designing a fun english vocabulary card application as a Rata-ratas of learning english vocabulary for elementary school Siswas. Emerging information science and technology, 1(3), 119–125. Https://doi.org/10.18196/eist.v1i3.13173

Subasno, y., densi, c., & nini, k. (2021). Improving vocabulary reading skills with word card and picture card for moderate intellectual disabilities. Jurnal penelitian dan pengembangan pendidikan luar biasa, 8(2), 17. Https://doi.org/10.17977/um029v8i22021p17-23

Sundqvist, p. (2009). Extramural english matters: out-of-school english and its impact on swedish ninth graders’ oral proficiency and vocabulary. In faculty of arts and education - english: vol. Phd.

Use the "Insert Citation" button to add citations to this document.

Downloads

Published

2024-01-30

How to Cite

Andayani, S. (2024). Peningkatan Kosakata Siswa Melalui Kartu Kosakata . Journal of Development Education and Learning (JODEL), 2(1), 202–215. https://doi.org/10.31004/jodel.v2i1.78