Meningkatkan Keterampilan Mendengar Dengan Menonton Film Berbahasa Inggris

Authors

  • Yalen Leoni SMAN 2 Siak Hulu

DOI:

https://doi.org/10.31004/jodel.v2i1.76

Keywords:

keterampilan menyimak, Menonton Film

Abstract

Penelitian memiliki tujuan untuk memaparkan peningkatan kemampuan mendengar siswa kelas X SMAN 2 Siak Hulu melalui menonton film berbahasa Inggris. Subjek dari penelitian ini adalah siswa kelas X yang berjumlah 28 siswa. Metode penelitian yang digunakan ialah penelitian tindakan kelas yang mana penulis berkolaborasi dengan guru Bahasa Inggris. Penelitian ini dilaksanakan dengan langkah-langkah: merencanakan, melaksanakan, Observasi dan merefleksikan. Penelitian ini terdiri dari dua siklus, yang berisi tiga dan lima pertemuan. Lembar observasi, Jurnal Guru dan tes adalah data yang dikumpulkan selama penelitian berlangsung. Hasil yang diperoleh menunjukkan ada perkembangan dan peningkatan yang bertahap terhadap kemampuan mendengar siswa. Standar ketuntasan minimal pelajaran Bahasa Inggris adalah 80.00. Hasil pre-test menunjukkan 10 siswa atau 35.71% yang mencapai KKM dengan nilai rata-rata nya adalah 72.14. Hasil dari post-test 1 menunjukkan 13 siswa atau 46.42% yang mencapai KKM dengan nilai rata-rata 79.78. Selanjutnya hasil dari post-test 2 di siklus kedua menunjukan 24 siswa atau 85.71% mencapai KKM dengan nilai rata-rata 90.28. Selain itu, respon positif dari guru Bahasa Inggris dan juga siswa diberikan kepada seluruh proses penelitian. Berdasarkan hasil-hasil dari penelitian tersebut, menonton film berbahasa Inggris bias meningkatkan kemampuan mendengar siswa

References

Ali, Z., & Shahid, H. (2023). Effects Of Video-Podcasts On Listening Comprehension Of Saudi Efl Learners. 2(August 2018), 169–194. https://doi.org/10.5281/zenodo.891143

Gilakjani, A. P., & Sabouri, N. B. (2016). The Significance of Listening Comprehension in English Language Teaching. Theory and Practice in Language Studies, 6(8), 1670. https://doi.org/10.17507/tpls.0608.22

Hardiah, M. (2019). Improving Students Listening Skill by Using Audio Visual Media. Al-Lughah: Jurnal Bahasa, 7(2), 39. https://doi.org/10.29300/lughah.v7i2.1673

Harsa, W. P., Saragih, A., & Husein, R. (2020). The Effect of Audio Visual and Audio Teaching Media on the Student ’ s Listening Achievement. 488(Aisteel), 310–315.

Hossain, M. I. (2015). Teaching Productive Skills to the Students: A Secondary Level Scenario. A Thesis, 1–90. https://core.ac.uk/download/pdf/74352632.pdf

Justsinta Sindi Alivi*, S. (2016). Obtaining Listening Comprehension By Using Video Materials Perolehan Pemahaman Mendengarkan dengan Menggunakan Materi Video Justsinta Sindi Alivi*, Suharyono**. Exposure Journal 14, 5(1). https://www.researchgate.net/publication/322066835_obtaining_listening_comprehension_by_using_video_materials

Khan, A. (2015). Using Films in the ESL Classroom to Improve Communication Skills of Non-Native Learners. ELT Voices- International Journal for Teachers of English, 5(4), 46–52.

Munfadlila, A. W. (2023). Listen–Read–Discuss (Lrd) Strategy Improve Reading Comprehension To Nursing Students. Jurnal Education and Development, 11(2), 134–138. https://doi.org/10.37081/ed.v11i2.4708

Nguyen, M. T. (2020). Understanding Listening Comprehension Processing And Challenges Encountered: Research Perspectives. 9(2), 63–75. https://doi.org/10.18488/journal.23.2020.92.63.75

Pratiwi, K., & Andriyanti, E. (2019). External Factors Causing Students’ Difficulties in Listening. Journal of English Language Teaching and Linguistics, 4(2), 227. https://doi.org/10.21462/jeltl.v4i2.282

Rahayu, R. (2016). The Effectiveness of Using Video Recorded Speaking Task on Students’ Speaking Skill.

Raynaldo, M. T., & Panjaitan, N. B. (2022). Meta Analysis on The Correlation Between Listen-Read-Discuss (L-R-D) and Reading Comprehension. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(11), 5264–5270. https://doi.org/10.54371/jiip.v5i11.1257

Sambodo, G. S., Sundari, S., & Wahjuningsih, E. (2022). The Use of Listen-Read-Discuss (L-R-D) Strategy to Improve the Students’ Reading Comprehension at MAN 2 Banyuwangi. Pancaran Pendidikan, 11(2), 53–62. https://doi.org/10.25037/pancaran.v11i2.394

Sarani, A., Zare Behtash, E., & Nezhad Arani, S. (2014). The Effect of Video-Based Tasks in Listening Comprehension of Iranian Pre-intermediate EFL Learners. Los Efectos de Las Actividades Basadas En Videos En La Comprensión Auditiva de Los Estudiantes Iraníes de Inglés Intermedio, 8(8), 29–47. https://doi.org/10.26817/16925777.112

Sataloff, R. T., Johns, M. M., & Kost, K. M. (n.d.). Using Video Materials as a Teaching Strategy for Listening Comprehension.

Setyowati, Y. (2019). Let’s Listen Through WhatsApp: An energizing listening exercise in EFL Class. Journal of Physics: Conference Series, 1179(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1179/1/012052

Snoder, P. (2019). Extramural English in Teaching and Learning: From Theory and Research to Practice. ELT Journal, 73(1), 95–97. https://doi.org/10.1093/elt/ccy051

Sofyan, R. R., Mushrihah, A., & Mushrihah, A. (2019). Learning Difficulties in Listening Comprehension. Eralingua: Jurnal Pendidikan Bahasa Asing Dan Sastra, 3(2), 86–92. https://doi.org/10.26858/eralingua.v3i2.9856

Stewart, D. M. (2006). Film English : Using Films to Teach English. Electronic Journal of English Education, 24(May). http://ejee.ncu.edu.tw/articles.asp?period=24&flag=24

Sulistyowati, T. (2010). the Impact of Teaching Listening Comprehension By Audio Video and Audio Picture Aids on the Third Semester Students ’ Listening Proficiencies of English Education Department Students of Muria Kudus University in the Academic Year 2009 / 2010. 1–21.

Ujihanti, M., Ardiansyah, W., & Aryanti, N. (2019). Bring To Light Students Listening Comprehension Difficulties At Tertiary Level in Efl Context. Holistics Journal, 11(1), 8–16.

Yusroh, M. (2018). The Use Of Audio-Visual Aids In Efl Students ’ Listening Comprehension Of Iaii Genteng ,. 7(1), 90–103.

Zhang, R., Zou, D., Cheng, G., Xie, H., Wang, F. L., & Au, O. T. S. (2021). Target languages, types of activities, engagement, and effectiveness of extramural language learning. PLoS ONE, 16(6 June), 1–16. https://doi.org/10.1371/journal.pone.0253431

Downloads

Published

2024-01-30

How to Cite

Leoni, Y. (2024). Meningkatkan Keterampilan Mendengar Dengan Menonton Film Berbahasa Inggris . Journal of Development Education and Learning (JODEL), 2(1), 143–157. https://doi.org/10.31004/jodel.v2i1.76