Problematika Pembelajaran Matematika Materi Sudut Siswa Kelas V SD Negeri 011 Sorek Satu

Authors

  • Artika Puji Astuti Sd Negeri 011 Sorek Satu
  • Nina Harianto Sd Negeri 011 Sorek Satu
  • Yulia Wijayanti Sd Negeri 011 Sorek Satu

DOI:

https://doi.org/10.31004/jodel.v2i1.74

Keywords:

Permasalahan Matematika, Matematika, Sudut

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan memperoleh informasi mengenai permasalahan pada pembelajaran matematika materi sudut di sekolah dasar. Penelitian ini merupakan penelitian studi kasus. Rentang waktu penelitian ini dilakukan pada bulan Desember 2023. Pengumpulan data dalam penelitian ini melalui wawancara. Hasilnya menunjukkan bahwa ada beberapa kendala yang dialami guru dalam pembelajaran matematika yang meliputi: aspek guru mengalami kesulitan mengembangkan materi dalam buku karena terlalu banyak materi yang harus disampaikan diajarkan dan guru hanya menggunakan pendekatan pembelajaran konvensional. Untuk aspek siswa yaitu kurangnya minat siswa dalam belajar matematika, pemahaman konsep yang belum matang, kurang semangat belajar dan siswa tidak termotivasi saat belajar matematika, banyak siswa menganggap matematika sebagai mata pelajaran yang sulit dan membosankan, sering kali dipecahkan oleh siswa masalah dengan menggunakan rumus atau aturan umum dan ketidakmampuan siswa dalam belajar secara mandiri. Dan yang terakhir adalah aspek lingkungan kelas suasana yang kurang kondusif.

References

Aliah, S. N. & Bernard, M. (2020). Analisis Kesulitan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Pemecahan Masalah Berbentuk Cerita pada Materi Segitiga dan Segiempat. Suska Journal of Mathematics Education, 6(2), 111-118.

Al Firari, M. R. & Winarso, W. (2020). Kecemasan dan Kebiasaan Belajar Matematika terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Siswa. Suska Journal of Mathematics Education, 6(1), 047-060.

Amir, Z. (2015), Mengungkap Seni Bermatematika dalam Pembelajaran. Suska Journal of Mathematics Education, 1(1), 60- 76.

Anwar, S. E. dkk. (2020). Level Berpikir Kreatif Siswa SMP dalam Menyelesaikan Masalah Matematika dengan Pendekatan Realistic Mathematics Education. Jurnal Maju, 7(2), 59-67.

Atika, N. & MZ, Z. A. (2016). Pengembangan LKS Berbasis Pendekatan RME untuk Menumbuhkembangkan Kemampuan Berpikir Kritis Matematika Siswa. Suska Journal of Mathematica Education, 2(2), 103-110.

Ariska, T. (2020). Analisis Kesulitan Belajar Matematika Siswa Kelas V pada Materi KPK dan FPB Madrasah Ibtidaiyah Negeri 2 Kota Palembang. El-Ibtidaiy: Journal of Primary Education, 3(1), 36-42.

Elfina, H. (2020). Penerapan Pembelajaran Berbasis Masalah Berbantuan Software Autograph untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematik Siswa Kelas XI SMA Negeri 11 Medan. Jurnal Maju, 7(2), 221-227.

Fauzi, A. dkk. (2020). Kesulitan Guru pada Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 6(1), 142-148.

Fika, N. dkk. (2020). Penerapan Expert Riview sebagai Strategi Formative Evaluation dalam Mengembangkan Lks Matematika Berbasis Problem Posing, Jurnal Maju, 7(2), 156-164.

Indra, S. A. (2019). Peningkatan Pemahaman Konsep Pembagian Pecahan dengan Pendekatan Realistic Mathematic Education di Kelas V Sdn 003 Pulau Kopung Kecamtan Sentajo Raya Kabupaten Kuantan Singingi. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran, 3(2), 353-359.

Kamarullah, (2017). Pendidikan Matematika di Sekolah Kita. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Matematika, 1(1), 21-32.

Muntaha, A. dkk. (2020). Analisis Kesulitan Siswa dalam Mengonstruksi Model Matematika pada Soal Cerita. Jurnal Maju, 7(2), 53-58.

MZ, Z. A. (2013). Perspektif Gender dalam Pembelajaran Matematika. Marwah: Jurnal Perempuan, Agama dan Jender, 12(1), 15-31.

Novitasari, D. (2016). Pengaruh Penggunaan Multimedia Interaktif terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa. Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika, 2(2), 8-18.

Pasaribu, E. Z. dkk. (2020). Pengembangan Lembar Kerja Siswa Matematika Berbasis Model Discovery Learning terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Kelas XI di SMA Negeri 1 Rantau Selatan. Jurnal Maju, 7(2), 212-220.

Putri, B. A. & Sofyan F. A. (2020). Analisis Kesulitan Proses Pembelajaran Berbasis Hots di Kelas VSDN 4 Muara Padang. El-Ibtidaiy: Journal of Primary Education, 2(2), 59-73.

Rostika, D. dan Herni, J. (2017). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa SD dalam Pembelajaran Matematika dengan Model Diskursus Multy Representation (DMR). Jurnal Pendidikan Dasar, 9(1), 35-46.

Selvianiresa, D. (2017). Kesulitan Siswa Sekolah Dasar pada Materi Nilai Tempat Mata Pelajaran Matematika di Kelas I SD. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 2(1), 65-73.

Siagian, M. D. (2016). Kemampuan Koneksi Matematik dalam Pembelajaran Matematika. Journal of Mathematics Education and Science, 2(1), 58-67.

Utami, D. P. & Andriani, M. (2019). Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar Matematika Melalui Penerapan Model Pembelajaran Kooperetif Tipe Team Assisted Individualization. El-Ibtidaiy: Journal of Primary Education, 2(1), 9-17.

Utari, D. R. dkk, (2019). Analisis Kesulitan Belajar Matematika dalam Menyelesaikan Soal Cerita. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 3(4), 534-540.

Yeni, E. M. (2015). Kesulitan Belajar Matematika Di Sekolah Dasar. Jurnal JUPENDAS, 2(2), 1-10.

Downloads

Published

2024-02-08

How to Cite

Astuti, A. P., Harianto, N., & Wijayanti, Y. (2024). Problematika Pembelajaran Matematika Materi Sudut Siswa Kelas V SD Negeri 011 Sorek Satu. Journal of Development Education and Learning (JODEL), 2(1), 118–124. https://doi.org/10.31004/jodel.v2i1.74