Penerapan Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Inggris Materi Describing People Pada Siswa Kelas Fase E Akl Smkn 1 Lubuk Dalam Di Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2023

Authors

  • Nuraini Nuraini Smk Negeri 1 Lubuk Dalam

DOI:

https://doi.org/10.31004/jodel.v2i1.73

Keywords:

Problem Bsed Learning, Hasil Belajar, Bahasa Inggris

Abstract

Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui sejauh mana peningkatan hasil belajar Bahasa Inggris materi Describing People dengan penerapan problem based learning (PBL). Sumber data penelitian ini adalah siswa kelas FASE E AKL SMKN 1 Lubuk Dalam sejumlah 11 siswa. Waktu Penelitian ini dilaksanakan pada semester ganjil tahun pelajaran 2023 selama 3 Bulan. Hasil penelitian penerapan problem based learning pada pelajaran Bahasa Inggris materi Describing People pada par siklus didapatkan hanya 5 siswa atau 50% tuntas dari 11 siswa dengan nilai rata-rata kelas 57,33. Pada siklus I ada sejumlah siswa yang berhasil meningkatkan hasil belajar bertambah menjadi 8 siswa dari 11 atau 75% tuntas dengan rata-rata kelas 66,78. Pada siklus II siswa yang berhasil meningkat hasil belajarnya mencapai 95% atau 10 siswa tuntas dari 11 siswa dengan rata-rata kelas 81,22. Dari data hasil penelitian menunjukan bahwa penerapan problem based learning telah berhasil hasil belajar Bahasa Inggris materi Describing People siswa kelas FASE E AKL SMKN 1 Lubuk Dalam sehingga layak untuk di terapkan di SMKN 1 LUBUK DALAM.

References

Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan dan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan dan Praktik.Jakarta: Rineka Cipta.

Daryanto.(2010). Media Pembelajararan.Yogyakarta.Gava Media

Dimyati dan Mudjiono. 2002. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta dan Depdikbud.

Guru dan Anak Didik Dalam Interaksi Edukatif Suatu Pendekatan Teoretis Psikologis. Rineka Cipta: Jakarta.

K. Lande Shyla, Eka Mulya Astuti, 2018. Forward An English, Textbook : Erlangga (Kurikulum 2013 ki-kd 2018)

Ngalimun. (2013). Strategi dan Model Pembelajaran. Yogyakarta: Aswaja. Pressindo.

Nurgiyantoro, B. (2010). Penilaian Pembelajaran Bahasa. Yogyakarta: BPFE.

Putra, Sitiatava Rizema. 2013. Desain Belajar Mengajar Kreatif Berbasis Sains.Yogyakarta: Diva Press.

Rusman. (2010). Model-model Pembelajaran (Mengembangkan Profesionalisme. Guru Edisi Kedua). Jakarta: Raja Grafindo Persada.

(Chusnu Syarifa Diah Kusuma) 44 Jurnal Efisiensi – Kajian Ilmu Administrasi Edisi Agustus 2018, Vol. XV No. 2, ISSN 1412-1131, e-ISSN 2528-5750, Hal. 43-50

Downloads

Published

2024-02-05

How to Cite

Nuraini, N. (2024). Penerapan Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Inggris Materi Describing People Pada Siswa Kelas Fase E Akl Smkn 1 Lubuk Dalam Di Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2023. Journal of Development Education and Learning (JODEL), 2(1), 113–117. https://doi.org/10.31004/jodel.v2i1.73