Peningkatan Hasil Belajar Siswa Pada Pelajaran Bahasa Inggris Dengan Menggunakan Media Audio Visual Pada Siswa Kelas VII di UPTD SMP Negeri 1 Kecamatan Kapur IX

Authors

  • Helga Huberta Smp Negeri 1 Kecamatan Kapur IX

DOI:

https://doi.org/10.31004/jodel.v2i1.70

Keywords:

Audio Visual, Bahasa Inggris, Peningkatan Hasil Belajar

Abstract

Rendahnya hasil belajar peserta didik pada pembelajaran bahasa inggris, karena proses pembelajaran yang selama ini dilaksanakan masih berpusat pada guru sehingga mengurangi keaktifan peserta didik, guru belum memberikan rangsangan untuk menggali keingin tahuan peserta didik sehingga peserta didik kurang berpikir kritis dan pembelajaran menjadi tidak bermakna. Hal ini berdampak pada rendahnya hasil belajar peserta didik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar peserta didik dalam pembelajaran bahasa inggris dengan menggunakan Media Audio Visual Pada Siswa Kelas VII di UPTD SMPN 1 Kec. Kapur IX. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan dari siklus 1 ke siklus II. Penilaian terhadap peserta didik dalam peningkatan hasil belajar bahasa inggris dengan menggunakan Media Audio Visual pada siklus I pertemuan 1 diperoleh nilai rata-rata yaitu 5,7 dan untuk pertemuan II menjadi 6,9 pada siklus I ini belum menunjukkan keberhasilan pembelajaran Audio Visual yang dilakukan oleh Guru. Selanjutnya pada siklus II siswa menunjukkan peningkatan dengan nilai rata – rata di pertemuan III mencapai 7,5 dan pada pertemuan IV semakin meningkat menjadi 8,3  hasil ini menunjukkkan bahwa metode Audio Visual ini telah berhasil meningkatkan kemampuan siswa.

References

Anni, Tri Catharina. 2007. Psikologi Belajar. Semarang: UPT MKK UNNES.

Arzyad, Azhar. 2009. Media Pembelajaran. Jakarta: PT. RajaGrafindo. Arifin.

Asyhar. 2011. Kreatif Mengembangkan Media Pembelajaran. Jakarta: Gaung Persada (GP) Press Jakarta.

Brown, D. (2000). Teaching by Principle: An Interactive Approch to Language Pedagogy. New York: Longman.

Cameron, L. (2001). Teaching Language to Young Learner. Cambridge: Cambridge University Press.

Harmer, Jeremy. (2002). The Practice English Language Teaching. Oxford: Longman.

Sadirman, 2014. Interaksi dan hasil belajar mengajar. PT Raja Grafindo.

Sudjana, Nana. 2017. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. PT. Remaja Rosdarkarya. Bandung.

Sumiati, Dra, 2008.Metode Pembelajaran. CV. Wacana Prima:Bandung.

Zainal. 2009. Evaluasi Pembelajaran, (Bandung: Remaja Rosdakarya).

Downloads

Published

2024-02-05

How to Cite

Huberta, H. (2024). Peningkatan Hasil Belajar Siswa Pada Pelajaran Bahasa Inggris Dengan Menggunakan Media Audio Visual Pada Siswa Kelas VII di UPTD SMP Negeri 1 Kecamatan Kapur IX. Journal of Development Education and Learning (JODEL), 2(1), 102–105. https://doi.org/10.31004/jodel.v2i1.70