Meningkatkan Motivasi Belajar Speaking Siswa Kelas VII dengan Menggunakan Metode Gbl dan Media Gambar

Authors

  • Mainah Mainah Smp Negeri 5 Tambusai

DOI:

https://doi.org/10.31004/jodel.v2i1.69

Keywords:

Metode GBL, Media Gambar, Motivasi Belajar

Abstract

Penelitian ini membahas peningkatan kemampuan speaking siswa kelas VII dalam bahasa Inggris menggunakan metode Game Based Learning (GBL) dan media gambar. Dilakukan di SMP Negeri 5 Tambusai dengan 25 siswa sebagai subjek penelitian. Metode penelitian tindakan kelas (PTK) digunakan dengan empat tahapan: perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan metode GBL dan media gambar berhasil meningkatkan prestasi belajar siswa dalam speaking. Meskipun demikian, terdapat kelemahan dalam penggunaan waktu yang belum efektif dan partisipasi siswa yang belum maksimal. Saran untuk penelitian lanjutan dan penggunaan metode GBL dalam pembelajaran Bahasa Inggris disertakan.

References

Aminah, A. (2019). Meningkatkan Kemampuan Mendengarkan Bahasa Inggris Melalui Audio-Visual Bagi Siswa Kelas Viii-6 Semester 1 Smp Negeri 2 Baubau Tahun Ajaran 2017/2018. Jurnal Akademik FKIP Unidayan, 7(2).

Arikunto, Suharsimi; Suhardjono; Supardi. 2006. Penelitian Tindakan Kelas .Jakarta: PT Bumi Aksara.

Badan Standar Nasional Pendidikan. 2007. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 41 Tahun 2007 . Jakarta: BSNP.

J Herudjati, P. (2010). Teori Dan Praktik Mengajar Bahasa Inggris: Speaking Ability.

Miles, Matthew, B. Dan A. Michael Hubberman. 1992. Analisis Data Kualitatif.

Puger, I Gusti Ngurah. 2004. Belajar Kooperatif . Diktat Perkuliahan MahasiswaUnipas.

Rokhayani, A., & Cahyo, A. D. N. (2015). Peningkatan Ketrampilan Berbicara (Speaking) Mahasiswa Melalui Teknik English Debate. Refleksi Edukatika: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 5(1).

Sasrawangi, A., Iskandar, I., & Muhlis, M. (2021). Meningkatkan Motivasi Siswa dalam Belajar Bahasa Inggris Melalui Game di Kelas VIII MTSS Badan Amal Ujung Loe Kab Bulukumba, Sulawesi Selatan. Jurnal Pemikiran Dan Pengembangan Pembelajaran, 3(3), 18-28.

Syaful Bahri. 2002. Prestasi Belajar dan Kompetensi Guru. Surabaya:Usaha Nasional. Terjemahan Tjetjep Roheadi Rohidi. Jakarta: Penerbit Universitas Indonesia.

Downloads

Published

2024-02-05

How to Cite

Mainah, M. (2024). Meningkatkan Motivasi Belajar Speaking Siswa Kelas VII dengan Menggunakan Metode Gbl dan Media Gambar. Journal of Development Education and Learning (JODEL), 2(1), 95–101. https://doi.org/10.31004/jodel.v2i1.69