Meningkatkan Kemampuan Siswa Menulis Kalimat Saran Dan Kalimat Bukan Saran Melalui Model Pembeljaran Inquiry Learning Dalam Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas Iii Sd Negeri 010 Bangko Sempurna

Authors

  • Suparni Suparni Sd Negeri 010 bangko Sempurna

DOI:

https://doi.org/10.31004/jodel.v2i1.52

Keywords:

Menulis, bahasa Indonesia, Inquiry Learning

Abstract

Berdasarkan Fakta yang di peroleh dari SD Negeri 010 Bangko Sempurna menunjukan kurangnya kemampuan siswa menulis kalimat saran dan kalimat bukan saran. Berdasarkan hal tersebut peneliti mencoba melaksanakan pembelajaran menggunakan model pembelajaran Inquiry Learning. Pembelajaran  ini dilaksanakan bertujuan untuk mengetahui hal- hal apa saja yang terjadi didalam aktifitas belajar siswa dan bagaimana cara kemampuan siswa menulis kalimat saran dan kalimat bukan saran pembelajaran Bahasa indinesia dengan menggunakan metode Inquiry Learning dapat berjalan sesuai yang diharapkan. Adapun pelaksanaan untuk meningkatkan kemampuan siswa menulis kalimat saran dan kalimat bukan saran melalui perbaikan pada siklus 1 dan siklus 2 dengan melakukan desain prosedur perbaikan, pengamatan, teknik analisis data serta melakukan refleksi diri untuk pendidik. Dari hasil pengamatan pendidik, menunjukkan adanya peningkatan kemampuan anak dalam menggunakan  metode Inquiri Learning. Hasil penerapan metode Inquiry dalam pembelajaran Bahasa Indonesia dapat dilihat juga dari persentasi nilai yang disedikan dimana dalam  siklus 1 dari 34 peserta didik terdapat 15 siswa yang mendapatkan nilai di bawah KKM dengan persentase 44 % dan terdapat 19 siswa yang mendapat nilai diatas KKM dengan persentase 56 %. Pada siklus 2 terjadi peningkatan pada siswa yang mendapatkan nilai diatas KKM dengan jumlah siswa 27 dan mendapatkan persentase 79 % dan siswa yang mendapatkan nilai pas KKM ( nilai KKM 75 ) adalah 7 orang dengan persentase 20 %.

 

References

Rahmawati, F. P. 2015. “Menilik Keberadaan Bahasa (Sastra) Indonesia Sebagai Penghela Ilmu Pengetahuan Di Sekolah Dasar”. Surakarta. Jurnal Publikasi Ilmiah Universitas Muhammadiyah Surakarta

Kusmaryono, H. Rokshis S. 2013. “Penerapan Inquiry Based Learning Untuk Mengetahui Respon Belajar Siswa Pada Materi Konsep dan Pengelolaan Koperasi”. Semarang. Jurnal Pendidikan Ekonomi Dinamika Pendidikan.

Maknun., L. Lufi., H. 2022. “Pembelajaean Bahasa Indonesia Menggunakan Metode Based Learning Di Sekolah Dasar”. Jakarta. journal.nusantaraglobal.ac.id/index.php/jige. E-ISSN 2723- 4665

Ni Putu Suratni. (2020), penerapan model pembelajaran inquiry untuk menigkatkan prestasi belajar bahasa indonesia Jurnal Mahadewa University ,.. no 27(April), 147–156.

Nurhaini. Y., k. P. D.,T. Penerapan Metode Inquiry Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA di Kelas IV SDN 3 Siwalempu. Jurnal Kreatif Tadulako Online Vol. 4 No. 2

Sari., M. S. Mardhatillah. 2018. Interaksi Metode Inkuiri dan Motivasi Berprestasi Siswa Terhadap Hasil Belajar Bahasa Indonesia. UBBG Institutional Repository.

Aziz Wahab Abdul.2012.Metode Mengajar IPS/SS.Bandung:Alfabeta.

Achru, A. (2019). Pengembangan Minat Belajar Dalam Pembelajaran. Idaarah Jurnal Manajemen Pendidikan, 205-215.

Aina, Mulyana. (2016). Model-model Pembelajaran Inkuiri. Jakarta : Rajawali Pers. Riyanto

Bintang Kecil. (2012). Rancangan Pengumpulam Data Inkuiri. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

James and James, Van. (1976). Mathematic Dictionary. Nostrand Rienhold. Kelebihan dan Kelemahan Model Inkuiri (2016)

Slameto. 2010. Belajar Dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Anam, Khoirul. 2016. Pembelajaran Berbasis Inkuiri Metode dan aplikasi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar. Arikunto, Suharsini. 2009. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Slameto. 2010. Belajar Dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Sutama. 2015. Metode Penelitian Pendidikan Kuantitatif, Kualitatif, PTK, R & D. Surakarta: Fairuz Media.

Dardjowidjodjo, Soenjono. 1995. “Masalah dalam Pengajaran Bahasa Indonesia sebagai Bahasa Asing di Indonesia”.

Kongres Internasional Pengajaran Bahasa Indonesia untuk Penutur Asing , 28-30 Agustus 1995 di Universitas Indonesia, Jakarta. Fuad, .A. 1987. Proses Belajar Mengajar Bahasa. Jakarta: Departmen Pendidikan dan Kebudayaan

Akhadiah, Sabarti, Maidar G. Arsyad, dan sakura H. Ridwan. 2002. Pembinaan Kemampuan Menulis Bahasa Indonesia. Jakarta: Erlangga

Alfianto, Achmad. 2006. Pelajaran Bahasa Indonesia di Sekolah Metamoerfosis Ulat Menjadi Kepompong

Downloads

Published

2024-01-28

How to Cite

Suparni, S. (2024). Meningkatkan Kemampuan Siswa Menulis Kalimat Saran Dan Kalimat Bukan Saran Melalui Model Pembeljaran Inquiry Learning Dalam Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas Iii Sd Negeri 010 Bangko Sempurna. Journal of Development Education and Learning (JODEL), 2(1), 58–63. https://doi.org/10.31004/jodel.v2i1.52