Meta Analisis Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa

Authors

  • Heri irawan Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai
  • Muhammad Ihsan Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai
  • Yasinta Rahma Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai
  • Muhammad Andri Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai

DOI:

https://doi.org/10.31004/jodel.v1i2.25

Keywords:

Meta-Analysis, PBL Learning model, kemampuan berpikir kritis

Abstract

Problem based learning adalah suatu strategi pembelajaran yang menggunakan masalah sebagai stimulus untuk  menemukan atau mendapatkan informasi yang diperlukan untuk memahami dan mencari solusinya. Masih banyak penelitian tentang kemampaun berpikir kritis matematis siswa yang disajikan dalam bentuk literatur dengan menggunakan model Problem-Based Learning (PBL). Ada banyak laporan dalam literatur dengan hasil yang berbeda. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis penelitian- penelitian sebelumnya yang di publikasi sehingga mendapatkan sebuah rangkuman terkait keberhasilan penelitian Problem Based Learning terhadap kemampuan berpikir kritis dalam pembelajran matematika. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah meta analisis secara analisis deskriptif kualitatif, yaitu dengan menganalisis kembali artikel dari hasil penelitian yang telah dipublikasikan. Populasi dari penelitian ini adalah 10 artikel dengan jenjang Pendidikan Sekolah Dasar sebanyak 2 artikel, Sekolah Menengah Pertama sebanyak 7 artikel, Sekolah Menengah Atas sebanyak 1 artikel yang terdapat pada jurnal Pendidikan matematika. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah non tes dengan cara menelusuri artikel yang terdapat dalam jurnal online dengan menggunakan Google Cendekia atau Google Schoolar. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah Effect Size. Hasil penelitian meta analisis menunjukkan bahwa model pembelajaran Problem Based Learning, terhadap kemampuan berpikir kritis siswa memiliki Effect Size dengan kriteria tinggi.

References

Husna Nurul. Zul Amry. 2022. Meta Analisis Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Kemampuan pemecahan Masalah Matematis Siswa. Jurnal Ilmiah Multi Disiplin Indonesia. Volume 2. Nomor 1

Leny Dhianti Haeruman, Leny. Anny Sovia. Flavia Aurelia Hidajat. 2023. Meta-Analisis: Pengaruh Model Problem-Based Learning terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematis. Jurnal Ilmu dan Pendidikan Matematika. Volume. 1 Nomor. 1

Monica Helda. Nila Kesumawati. Ety Septiati. 2019. Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Dan Keyakinan Matematis Siswa. Jurnal Matematika dan Pembelajaran. Volume 7. Nomor 1. Halaman 155-166

Nadila Saputri Sitompul Nova. 2021. Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa SMP Kelas IX. Jurnal Pendidikan Matematika. Volume. 04. No.01

Novta Imanda Eki. Nila Kesumawati. Nora Sumilasari. 2023. Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Analogi Matematis dan Berpikir Kritis Siswa SDN 79 Palembang. Jurnal Edukasi Matematika dan Sains. Volume 11. Nomor 1. Halaman 239-248

Nurcahyaning Kusumawardani Nila. Rusijono. Utari Dewi. 2022. Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa Dalam Memecahkan Masalah Matematika. Jurnal Ilmiah Mandala Education (JIME). Volume. Nomor 2

Nurfitriyani. Muhammad Makki. Husniati. 2022. Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Pada Mata Pelajaran Matematika: Studi Pembelajaran Menggunakan Model Problem Based Learning (PBL). Journal of Classroom Action Research. Volume 4. Nomor 3. Halaman 39-45

Nurlaeli. Anton Noorni. Eti Dwi Wiraningsih. 2018. Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa Ditinjau Dari Asversity Quotient. Jurnal Pendidikan Matematika. Volume 4. Nomor 2

Retnawati Heri. Ezi Apino. Kartianom. Hasan Djidu. Rizqa D Anazifa. 2018. Pengantar Analisis Meta. Yogyakarta

Septian Ari. Riki Rizkiandi. 2017. Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) Terhadap Peningkatan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa. Jurnal PRISMA Universitas Suryakancana. VolumeVI. Nomor 1

Sianturi Aprilita. Tetty Natalia Sipayung. Frida Marta Argareta Simorangkir. 2018. Pengaruh Model Problem Based Learning (PBL) Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa SMPN 5 Sumbul. Jurnal Pendidikan Matematika. Volume. Nomor 1

Sofyan Herminarto. Warigan. Kokom Komariah. Endri Triwiyono. 2013. Problem Based Learning Dalam Kurikulum 2013. UNY Press. Yogyakarata

Syamsidah. Hamidah Suryani. 2018. Buku Model Problem Based Learning (PBL). CV Budi Utama Yogyakarta

Paloloang Muhammad Fachri B. Dadang Juandi. Maximus Tamur. Baharuddin Paloloang. Angela M G Adem. 2020. Meta Analisis: Pengaruh Problem-Based Learning Terhadap Kemampuan Literasi Matematis Siswa di Indonesia Tujuh Tahun Terakhir. Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika. Volume 9. Nomor 4. Halaman 851-864

Phasa Kartika Cahaya. 2020. Meta Analisis Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Pendidikan Matematika. Volume 04, No. 02, November. Halaman 711-723

Priatna Nanang. 2019. Pembelajaran Matematika. PT. Remaja Rosdakarya. Bandung

Wahyunanto Prihono Eko. Fitriatun Khasanah. 2020. Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa Kelas VIII SMP. Jurnal Pendidikan Matematika. Volume 8. Nomor 1. Halaman 74 – 87

Yanti Neni Ferli. Ariyadi Wijaya. 2023. Meta Analisis: Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Problem- Based Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa. Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika. Volume 12. Nomor 1. Halaman 1

Priatna Nanang. 2019. Pembelajaran Matematika. PT. Remaja Rosdakarya. Bandung

Wahyunanto Prihono Eko. Fitriatun Khasanah. 2020. Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa Kelas VIII SMP. Jurnal Pendidikan Matematika. Volume 8. Nomor 1. Halaman 74 – 87

Yanti Neni Ferli. Ariyadi Wijaya. 2023. Meta Analisis: Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Problem- Based Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa. Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika. Volume 12. Nomor 1. Halaman 1

Downloads

Published

2023-12-01

How to Cite

irawan, H., Ihsan, M. ., Rahma, Y., & Andri, M. (2023). Meta Analisis Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa. Journal of Development Education and Learning (JODEL), 2(1), 13–19. https://doi.org/10.31004/jodel.v1i2.25