Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Pada Hasil Belajar Matematika Siswa

Authors

  • Mutiara Nursandi Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai
  • Widia Suryani Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai
  • Yuni Wulan Dari Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai
  • Nadia Nur Fadilla Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai
  • Nur Azira Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai
  • Rizky Ilahi Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai

DOI:

https://doi.org/10.31004/jodel.v1i2.23

Keywords:

meta analisis, Media pembelajaran, Hasil Belajar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh penggunaan media pembelajaran terhadap hasil belajar matematika siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah meta analisis dengan sampel sebanyak 10 artikel. (Anwar, 2005) mengatakan bahwa hasil data kuantitatif yang diperoleh dari analisis 2 artikel atau lebih yang sejenis merupakan definisi dari metode meta-analisis. Prosedur yang dilakukan dalam penelitian ini disesuaikan dengan langkah meta analisis, yaitu langkah awal yang dilakukan dengan mengidentifikasi masalah atau topik penelitian. Topik yang diteliti dalam penelitian ini adalah hasil apa yang diperoleh siswa dalam belajar matematika jika pembelajarannya menggunakan media pembelajaran matematika. Penentuan jangka waktu penentuan sumber data hasil penelitian merupakan langkah kedua. Sepuluh makalah jurnal tentang pemanfaatan media pembelajaran dalam pembelajaran matematika dipilih sebagai sumber data dalam penelitian ini. Penelitian meta analisis menunjukkan terdapat pengaruh penggunaan media pembelajaran terhadap hasil belajar matematika siswa, dilihat dari tingkat pendidikan mata pelajaran, penggunaan media pembelajaran lebih efektif pada siswa sekolah dasar dibandingkan siswa sekolah menengah pertama. Sedangkan dari segi materi pelajaran, media pembelajaran lebih banyak digunakan dalam bentuk datar dan spasial. Penggunaan media pembelajaran lebih memberikan pengaruh terhadap siswa sekolah dasar dibandingkan siswa sekolah menengah pertama. Sebab, siswa di sekolah dasar akan lebih mudah menyerap pembelajaran jika proses pembelajaran dilengkapi dengan media. Dan apabila anak dapat menerima pembelajaran dengan baik, maka hasil belajarnya pun akan baik. Begitu pula jika anak tidak menerima pembelajaran dengan baik, maka hasil belajarnya juga tidak baik.

References

Anwar, R. (2005). Meta Analisis. Bandung : Bagian Obstetri dan Ginekologi Fakultas Kedokteran UNPAD. Meta Analisis, 9.

Arifin, F. (2022). Pengaruh Metode Jarimatika Pada Mata Pelajaran Matematika Materi Perkalian Di MI/SD : Studi Meta Analisis. PENDAGOGIA: Jurnal Pendidikan Dasar, 2, 180–195.

Crystallography, X. D. (2016). Pengaruh Media Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar Siswa. 1–23.

Erlin Prasetyo1, N. H. I. (2020). EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN PERMAINAN TRADISIONAL CONGKLAK TERHADAP MINAT BELAJAR MATEMATIKA (MTK) SISWA SEKOLAH DASAR. 01(52).

Hasan, M., Milawati, Darodjat, Khairani, H., & Tahrim, T. (2021). Media Pembelajaran. In Tahta Media Group.

Karimah, N. (2016). Pengaruh penggunaan media pembelajaran garis bilangan terhadap hasil belajar matematika. JKPM: Jurnal Kajian Pendidikan Matematika, 01(02), 227–236.

Retnawati, H., Apino, E., Kartianom, Djidu, H., & Anazifa, R. D. (2018). Pengantar Meta Analisis.pdf. Pengantar Analisis Meta, 1–208.

Safitri, A. N., & Adistana, G. A. Y. P. (2021). Efektivitas Implementasi Media E-Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Sekolah Menengah Kejuruan: Studi Meta-Analisis. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(2), 4021–4031.

Setiawan, Y. (2020). Pengembangan Model Pembelajaran Matematika SD Berbasis Permainan Tradisional Indonesia dan Pendekatan Matematika Realistik. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 10(1), 12–21. https://doi.org/10.24246/j.js.2020.v10.i1.p12-21

Solichah, M., Akhwani, A., Hartatik, S., & Ghufron, S. (2020). Meta-Analisis Pengaruh Penggunaan Media Roda Putar Terhadap Hasil Belajar Matematika di Sekolah Dasar. Wahana Sekolah Dasar, 28(2), 51–59. https://doi.org/10.17977/um035v28i22020p051

Studi, P., Matematika, P., Ilmu, F., & Dan, T. (2023). META-ANALISIS PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS DIGITAL TERHADAP HASIL BELAJAR Disusun oleh : Nada Fatiyyah Azkia.

Suparyanto dan Rosad. (2020). Hipotesis Uji T. Suparyanto Dan Rosad, 5(3), 248–253.

Tatan, Z. M., & Sumiati, T. (2011). PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA BELAJAR DAN. 70–81.

Umam, K., & Yudi, Y. (2016). Pengaruh Menggunakan Software Macromedia Flash 8 Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas Viii. Kalamatika: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), 84–92. https://doi.org/10.22236/kalamatika.vol1no1.2016pp84-92

Winataria. (2018). Meta Analisis Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Siswa.

Downloads

Published

2023-12-01

How to Cite

Nursandi, M., Suryani, W. ., Dari, Y. W., Fadilla, N. N., Azira, N., & Ilahi, R. (2023). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Pada Hasil Belajar Matematika Siswa. Journal of Development Education and Learning (JODEL), 2(1), 36–40. https://doi.org/10.31004/jodel.v1i2.23