Meta Analisis Pengaruh Metode Open Ended terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis

Authors

  • vivi sahira universitas pahlawan tuanku tambusai
  • Riska Wulandari Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai
  • Gita Lestari Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai
  • Bela Amelia Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai
  • llmi Satriani Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai

DOI:

https://doi.org/10.31004/jodel.v1i2.22

Keywords:

open Ended, Pemecahan Masalah, Matematis

Abstract

Penelitian ini didasarkan pada 10 makalah nasional terpilih yang diterbitkan antara tahun 2016 dan 2021 dan bisa dilakukan melalui online yaitu Google Cendekia. Hasil penelitian meta analitik ini menunjukkan bahwa metode terbuka berpengaruh terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis. Berdasarkan hasil meta-analisis, metode terbuka terbukti memberikan efek yang signifikan terhadap pendidikan menengah dan keterampilan pemecahan masalah matematika. Bisa disimpulkan bahwa metode terbuka sangat efektif dalam meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis dalam pembelajaran matematika

References

Anggraini, Vivin Agustin, Nur Mauliska, and Mar’atus Sholehah. 2020. “Kulidawa Kulidawa.” Kulidawa 2(2):64–67.

Assabanny, M. Najiyuloh, Iyan Sopian, Heris Hendriana, and Luvy Sylviana Zanthy. 2018. “Penerapan Pendekatan Open-Ended Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematik Siswa Mts.” JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif) 1(4):637. doi: 10.22460/jpmi.v1i4.p637-646.

Dahlan, Taufiqulloh, Mohammad Nurhadi, and Siti Maryam Rohimah. 2017. “Pengaruh Pendekatan Open-Ended Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Mahasiswa Pgsd.” Symmetry: Pasundan Journal of Research in Mathematics Learning and Education 04(01):74–80. doi: 10.23969/symmetry.v2i1.381.

Delyana, Hafizah. 2015. “Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas VII Melalui Penerapan Pendekatan Open Ended.” Lemma 2(1):26–34.

Dewi, Niken Shofiana, and Dadang Juandi. 2023. “Pengaruh Pendekatan Open-Ended Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis:Systematic Literature Review.” Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif 6(3):1135–50. doi: 10.22460/jpmi.v6i3.17338.

Hendra, Hendra. 2021. “Meta Analisis Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas III, IV Dan V Sekolah Dasar.” Mahaguru: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar 2(1):129–40. doi: 10.33487/mgr.v2i1.1754.

Mansyur, and Akbar Iskandar. 2017. “Meta Analisis Karya Ilmiah Mahasiswa Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan.” Jurnal Sientific Pinisi 3(1):72–79.

Noviyana, Hesti. 2018. “Pengaruh Model Open Ended Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Smp.” JURNAL E-DuMath 4(2):1. doi: 10.26638/je.684.2064.

Nugraha, Agung, Irpan Mulyana, Masta Hutajulu, and Asep Ikin Sugandi. 2019. “Masalah Matematik Siswa MA Dengan Menggunakan Pendekatan Open Ended.” Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif 2(5):361–70.

Rohayu, Deni Adi Putra, and Kunti Dian Ayu Afiani. 2021. “Analisis Penggunaan Media Pembelajaran Dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa.” Inventa 5(1):30–46. doi: 10.36456/inventa.5.1.a2623.

Saryono, and Rithaudin Ahmad. 2011. “Meta Analisis Pengaruh Pembelajaran Pendekatan Taktik (TGfU) Terhadap Pengembangan Aspek Kognitif Siswa Dalam Pendidikan Jasmani.” Jurnal Pendidikan Jasmani Indonesia 8(2):144–51.

Taufik, Muhammad. 2014. “Pengaruh Pendekatan Open Ended Terhadap Motivasi Belajar Dan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMAN 5 Mataram.” AgriSains 5(1):58–86.

Widodo, Suryo, Yuni Katminingsih, and ... 2021. “Meta Analisis: Pengaruh Model Pembelajaran Berdasarkan Masalah Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif.” Indonesian Journal of … 1:567–77. doi: 10.5281/zenodo.4559716.

Winardi, Winardi. 2016. “Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Dengan Metode MMP Dan Pendekatan Open-Ended Winardi.” Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika 420–31.

Zulhendri, Zulhendri, and Ramon Muhandaz. 2020. “Kemampuan Pemecahan Masalah Pada Pembelajaran Dengan Pendekatan Open-Ended Berdasarkan Disposisi Matematis Siswa.” JURING (Journal for Research in Mathematics Learning) 3(4):335. doi: 10.24014/juring.v3i4.10518.

Downloads

Published

2023-12-01

How to Cite

sahira, vivi, Wulandari, R., Lestari, G. ., Amelia, B. ., & Satriani, llmi. (2023). Meta Analisis Pengaruh Metode Open Ended terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis. Journal of Development Education and Learning (JODEL), 2(1), 32–35. https://doi.org/10.31004/jodel.v1i2.22