Meta Analisis Pengaruh Pendekatan Matematika Realistik Terhadap Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar

Authors

  • Resa Aprinita Sari Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai
  • Parina Ceria Madita Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai
  • Devila laura Alvona Ahmadi Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai
  • Irfan Munawwar Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai
  • Mhd. Apri Nanda Saputra Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai

DOI:

https://doi.org/10.31004/jodel.v1i2.21

Keywords:

Matematika Realistik, , Hasil Belajar;, Sekolah Dasar

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pendekatan matematika realistik terhadap hasil belajar matematika anak sekolah dasar. Dengan menggunakan pendekatan matematika realistik, siswa dapat membantu gurunya dalam memecahkan kesulitan matematika mereka sendiri. Hal ini mempunyai manfaat tambahan dalam membantu mereka memahami bagaimana matematika terhubung dengan keadaan dunia nyata. Penelitian ini menggunakan meta-analisis. Memformalkan tantangan adalah langkah awal dalam penelitian kami. Langkah kedua adalah menggunakan Google Scholar untuk mencari temuan penelitian dari jurnal online. Analisis data merupakan tahap ketiga dari proses penelitian, dan publikasi hasilnya merupakan tahap terakhir. Sepuluh artikel dikumpulkan dari publikasi yang berkaitan dengan teknik matematika praktis dan ditemukan dalam hasil pencarian. Oleh karena itu, siswa dapat memahami bagaimana konsep terhubung satu sama lain dan bagaimana konsep tersebut diterapkan pada situasi dunia nyata dengan menggunakan metode matematika realistis. Data dari sepuluh artikel tentang teknik matematika praktis dikumpulkan untuk penelitian ini. menunjukkan secara deskriptif bagaimana penerapan strategi matematika yang berguna meningkatkan skor rata-rata dari 59,29 menjadi 83,44. Terdapat perbedaan yang besar pada data pretest dan posttest. Hal ini menunjukkan bahwa pendekatan matematika realistik berpengaruh terhadap hasil belajar siswa sekolah dasar.

References

Arrafi, A., & Masniladevi. (2020). Penerapan Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI) sebagai Upaya Meningkatkan hasil Belajar Matematika di SD. Journal of Basic Education Studies, 3(2), 750–774.

Budianto, B. (2018). Peningkatan Hasil Belajar Siswa melalui Pendekatan Matematika Realistik pada Bilangan Pecahan. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(3), 413–424. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v7i3.151

Durachman, D., & Cahyo, E. D. (2020). Pengaruh Pendekatan Matematika Realistik terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif dan Koneksi Matematis Siswa. Tapis : Jurnal Penelitian Ilmiah, 4(1), 56. https://doi.org/10.32332/tapis.v4i1.1954

Haqina, F., Turmuzi, M., & Saputra, H. H. (2022). Pengaruh Model P embelajaran Realistic Mathematics Education (RME) terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V SDN 6 Cakranegara Tahun 2020/2021. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 7(1), 95–101. https://doi.org/10.29303/jipp.v7i1.453

Herdiansyah, F., & Purwanto, S. E. (2022). Pengaruh Pembelajaran Matematika Realistik (PMR) Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Kelas II pada Materi Operasi Hitung Penjumlahan dan Pengurangan. Jurnal Basicedu, 6(4), 7496–7502. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3525

Kusumaningrum, R. S., & Nuriadin, I. (2022). Pengaruh Pendekatan Matematika Realistik Berbantu Media Konkret terhadap Kemampuan Representasi Matematis Siswa. Jurnal Basicedu, 6(4), 6613–6619. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3322

Margareth, S., Simarmata, E. J., Sipayung, R., & Silaban, P. J. (2021). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa dengan Menggunakan Pendekatan Matematika Realistik di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(5), 3950–3973. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i5.1015

Nuraeni, R., Mulyati, S., Putri, T. E., Rangkuti, Z. R., Pratomo, D., Ak, M., Ab, S., Soly, N., Wijaya, N., Operasi, S., Ukuran, D. A. N., Terhadap, P., Sihaloho, S., Pratomo, D., Nurhandono, F., Amrie, F., Fauzia, E., Sukarmanto, E., Partha, I. G. A., … Abyan, M. A. (2017). PENGARUH PENGGUNAAN PENDEKATAN MATEMATIKA REALISTIK TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA DI SEKOLAH DASAR ARTIKEL. Diponegoro Journal of Accounting, 2(1), 2–6. http://i-lib.ugm.ac.id/jurnal/download.php?dataId=2227%0A???%0Ahttps://ejournal.unisba.ac.id/index.php/kajian_akuntansi/article/view/3307%0Ahttp://publicacoes.cardiol.br/portal/ijcs/portugues/2018/v3103/pdf/3103009.pdf%0Ahttp://www.scielo.org.co/scielo.ph

Nurhandayani, N., Hadi Saputra, H., & Kunci, K. (2021). PENGARUH PENDEKATAN MATEMATIKA REALISTIK TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA KELAS IV SDN GUGUS II MADAPANGGA 2020/2021 THE EFFECT OF REALISTIC MATHEMATICS APPROACH ON MOTIVATION AND MATHEMATICS LEARNING OUTCOMES FOR 4 th GRADE STUDENT OF ELEMENTARY SCHOOL IN GROUP II MADAPANGGA 2020/2021. Agustus 2021, 1(3).

Prihatinia, S., & Zainil, M. (2020). Penerapan Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika di Sekolah Dasar ( Studi Literatur ). Pendidikan Tambusai, 4(2), 1511–1525.

Puspitasari, R. Y., & Airlanda, G. S. (2021). Meta-Analisis Pengaruh Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik (PMR) Terhadap Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(2), 1094–1103. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i2.878

Sinaga, R. (2023). Pengaruh Pendekatan Matematika Realistik Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa. Algebra : Jurnal Pendidikan, Sosial Dan Sains, 3(1), 203–212. https://doi.org/10.58432/algebra.v3i1.834

Utami, F. N., & Indarini, E. (2021). Meta Analisis Pengaruh Pendekatan Matematika Realistik Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Pada Matematika Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(2), 887–894. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i2.852

Wahyudi. (2017). PENGARUH PENDEKATAN MATEMATIKA REALISTIK INDONESIA (pmri) TERHADAP HASIL BELAJAR PENYAJIAN DATA DI KELAS V SEKOLAH DASAR. 149–158.

Widiawati, & Marini, A. (2023). Pengaruh Pendekatan pendidikan Realistik Matematika Untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis di Skeolah Dasar. EduBase : Journal of Basic Education, 2(1), 58–63.

Downloads

Published

2023-11-28

How to Cite

Sari, R. A. ., Madita, P. C., Ahmadi, D. laura A., Munawwar, I. ., & Saputra, M. A. N. (2023). Meta Analisis Pengaruh Pendekatan Matematika Realistik Terhadap Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. Journal of Development Education and Learning (JODEL), 2(1), 20–25. https://doi.org/10.31004/jodel.v1i2.21