Meta Analisis Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa

Metaanalisis model PjBL terhadap kemampuan berpikir kritis matematis siswa

Authors

  • ANISA SYAIRAH universitas pahlawan tuanku tambusai
  • Dini Wahyuningsih Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai
  • Juli Anis Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai
  • Marliza Safitri Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai
  • Nurul Khofifah Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai

DOI:

https://doi.org/10.31004/jodel.v1i2.19

Keywords:

kemampuan berpikir kritis, meta analisis, Model pembelajaran PBL

Abstract

Tujuan dari penelitian yang dilakukan adalah untuk mengkaji kembali terkait pengaruh model Problem Based Learning dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis (Critical Thinking Skill). Model Problem Based Learning merupakan salah satu model pembelajaran yang menyajikan suatu permasalahan untuk dipecahkan atau diselesaikan. Metode penelitian yang digunakan peneliti yaitu meta analisis. Populasi dari penelitian ini adalah 10 artikel dengan sampel jenjang pendidikan Sekolah Dasar sebanyak 1 artikel, Sekolah Menengah Pertama sebanyak 6 artikel, Sekolah Menengah Atas sebanyak 3 artikel yang terdapat pada jurnal pendidikan matematika. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah non tes dengan cara menelusuri artikel yang terdapat dalam jurnal online dengan menggunakan Google Cendekia atau Google Schoolar. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian iini adalah Effect size. Hasil penelitian meta analisis menunjukkan bahwa model pembelajaran Problem Based Learning terhadap kemampuan berfikir kritis siswa memiliki Effect Size dengan kriteria tinggi dan bila dicari rata –rata dari model pembelajaran Problem Based Learning maka nilai rata-rata Effect Size = 1.47 (efek tinggi).

References

Anadiroh, M. (2019). Studi Meta-Analisis Model Pembelajaran Problem Based Learning (Pbl). Institutional Repository UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, 21–22. http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/49580

Arsika, I. M. B., Sudiarawan, K. A., Dharmawan, N. K. S., Samsithawrati, P. A., Widhyaastuti, l. G. A. A. D., & Mahartayasa, M. (2019). Buku Pedoman Problem Based Learning. Jurnal Ilmiah Didaktika, 14(2), 164–173.

Helwig, N. E., Hong, S., & Hsiao-wecksler, E. T. (n.d.). Termografi Infra Merah Termografi. 7–15.

Linda, Z., & Lestari, I. (2019). Berpikir Kritis Dalam Konteks Pembelajaran. In Erzatama Karya Abadi (Issue August).

Nuraeni, S. (2016). Penerapan Model Problem Based Learning dengan Tipe Webbed Untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 21–25. http://www.elsevier.com/locate/scp

Owen, C. (2019). Problem-Based Learning. Learning and Teaching in Higher Education: Perspectives from ia Business School, 139–151. https://doi.org/10.4337/9781788975087.00027

Paloloang, M. F. B., Juandi, D., Tamur, M., Paloloang, B., & Adem, A. M. G. (2020). Meta Analisis: Pengaruh Problem-Based Learning Terhadap Kemampuan Literasi Matematis Siswa Di Indonesia Tujuh Tahun Terakhir. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 9(4), 851. https://doi.org/10.24127/ajpm.v9i4.3049

Rahmandani, D. W., Zulkarnain, l., Matematika, P. P., & Mangkurat, U. L. (n.d.). Meta Analisis Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Peserta Didik. 2759(2). https://doi.org/10.20527/edumat.v10i2.14141

Rauf, I., Arifin, I. N., & Arif, R. M. (2022). Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Pedagogika, i7(1), i163–183. ihttps://doi.org/10.37411/pedagogika.v13i2.1354

Retno Winarti, E., & Waluya, B. (2018). Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Melalui Problem Based Learning Dengan Peer Feedback Activity. Jurnal Elektronik Pembelajaran Matematika, 5(2), 197–207. http://jurnal.uns.ac.id/jpm

Rohmah, N., Widodo, S., & Katminingsih, Y. (2022). Meta Analisis: Model Pembelajaran PBL Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 6(1), 945–963. https://doi.org/10.31004/cendekia.v61.1254

Rossytasari, I. O., & Setyaningtyas, E. W. (2021). Meta Analisis Model Problem Based Learning (PbL) terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(4), 2067–2080. https://edukatif.org/index.php/edukatif/article/view/1135

Saputra, H. (2013). Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem Based Learning). Jurnal Pendidikan Inovatif, 5(1), 1–7. https://doi.org/10.17605/OSF.IO/GD8EA

Sulistianah, L., Taufik, M., & Nurhasanah, A. (2022). Pengaruh Model Problem Based Learning (Pbl) Terhadap Peningkatan Keterampilan Berpikir Kritis Peserta Didik Di Sekolah Dasar. Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 7(2), 373–385. https://doi.org/10.23969/jp.v72.6801

Susan. (2020). Artikel Review Model Pembelajaran Discovery Learning. May, 0–3. https://www.researchgate.net/publication/341216440_Artikel_Review_Model_Pembelajaran_Discovery_Learning

Downloads

Published

2023-12-01

How to Cite

SYAIRAH, A., Wahyuningsih, D., Anis, J., Safitri, M., & Khofifah, N. (2023). Meta Analisis Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa: Metaanalisis model PjBL terhadap kemampuan berpikir kritis matematis siswa. Journal of Development Education and Learning (JODEL), 2(1), 6–12. https://doi.org/10.31004/jodel.v1i2.19